Kumpulan Cerita Pendek Tentang Pendidikan

Dalam materi pelajaran di sekolah, pastinya akan diajarkan berbagai materi pelajaran. Salah satunya adalah pelajaran Bahasa Indonesia, yang juga merupakan pelajaran wajib di sekolah. Di dalam materi palajaran bahasa Indonesia akan diajarkan mengenai materi dan bab-bab, salah satu diantaranya adalah mengenai bab cerita pendek (cerpen).

Cerpen adalah cerita atau kisah yang memiliki kisah tidak panjang atau memiliki kata yang kurang dari 10.000 dengan memberikan kesan tunggal dan ceritanya berpusat pada salah satu tokoh. Cerpen memiliki banyak sekali ciri-ciri yang bisa diketahui, mulai dari isi ceritanya sebagai besar berasal dari kehidupan sehari-hari dan biasanya merupakan pengelaman pribadi atau orang lain.

Selain itu cerpen tidak mengangkat atau mengambarkan semua kisah dari pelakukanya, karena cerpen hanya melukiskan masalah tunggal atau inti masalah. Tokoh yang ada di dalam cerpen biasanya mengalami sebuah konflik hingga ke masalah penyelesaian. Cerpen juga menggunakan kata yang sederhana ekonomis, sehingga mudah dikenal oleh para pembaca.


Banyak sekali contoh cerpen, mulai dari cerpen pengalaman hidup, sekolah, pendidikan, rumah, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh cerpen tentang pendidikan yang bisa Anda kutip dan jadikan referensi untuk tugas Anda.

1. Perjuangan Sang Pahlawan

Dipagi yang gelap gulita,aku dan sepeda tersayangku menuju hari yang baru.
seketika aku melihat bapak tua yang rumahnya sudah hampir rubuh,dan dengan sepedah ontelnya,ia ingin berangkat sama seperti ku menuju hari yang baru. ia seorang bapak yang ingin mengajar di SD letaknya dikota,sedangkan kota jauh dari rumahnya. aku pun terus memperhatikan bapak itu.
suatu ketika bapak itu menegurku.

" nak,,,sedang apa kau didepan pagar rumah ku?" kata bapak tua itu.!
" maaf pak,,saya penasaran dengan bapak sedang apa?". akupun menjawab pertanya bapak tua itu.!
"oouuhh... sini nak,masuk bapak sedang membetulkan sepeda tua milik alm.ayah bapak"..!!
"iyah pak,sungguh aku boleh masuk". aku menjawab dengan senyuman.!
"iyah nak,masuk saja''.
"assalamu'alaikum pak?
"wa'alaikum salam nak,kenapa di pagi yang masih gelap seperti ini kamu sudah keluar rumah nak,tidak takut terjadi apa-apa denganmu nak".!
"iya pak,saya ini masih Madrasah pak,saya ingin berangkat sekolah namun saya ingin lihat-lihat desa ini kalo sepagi ini pak hitung-hitung aku olah raga pak,diJakarta udaranya tak sejuk seperti ini..".
"oohh,,,kamu anak kota yang baru pindah kemarin yah nak?".
"iya pak,bapak sudah lama tinggal disini",. anak dan istri bapak kemana?". rasa ingin tau ku tentang bapak ini pun semangkin kuat.
"iya nak,bapak sudah lama tinggal disini,selama bapak lahir disini,anak dan istri bapak sudah meninggalkan bapak nak,sudah 2tahun yang lalu,bapak disini tinggal sendiri."
"maaf pak,aku membuat bapak sedih dengan pertanyaanku".
" tidak nak..!!! tak apa-apa..,kamu katanya ingin berangkat sekolah nanti kamu terlambat saja.?''. bapak tua ini untung saja mengingatkan ku.
"hhe.. iya pak hampir saja lupa,aku pamit ya pak,sepulangnya ku dari sekolah aku kesini lagi ya pak??
"iya nak,bapak tunggu.!"
"assalamu'alaikum pak?
"wa'alaikum salam nak,hati-hati yah di jalan?"
setelah ku berbincang-bincang,aku pun kembali mengoes sepedaku menuju sekolah.

waktunya pulang sekolah,aku capat-capat pulang sekolah dengan sepeda yang kencang untuk menuju rumah bapak tua itu,seketika sampainya aku,bapak itu belum pulang.
aku pun menunggunya.

lima menit aku menunggu bapak tua itu pulang.
"hey nak,sudah lama kamu menunggu?'
" tidak pak,"
"yasudah ayo masuk nak,"
" iya pak,bapak darimana?"
"maaf nak,tadi bapak mengajar murid-murid bapak yang kurang mampu".
"ou,dimana pak?"
"didesa sebelah".
"wah,jauh dong pak,memang tidak lelah pak? kan sangat jauh dari rumah bapak dan hanya menggunakan sepeda tua ini?"
" tidak nak,rasa lelah bapak sudah terganti dengan semangat anak-anak yang tak ada menyerahnya untuk menuntut ilmu."
"sungguh mulainya bapak ini".
"bisa saja kamu nak."

tiba-tiba bapak ini bantuk dan tak ada henti-hentinya.
"pak,bapak kenapa?"

aku pun segera menggambil teh hanggat".
"pak minum dulu,"
"terimakasih nak,bapak membuat kamu repot,"
"tidak pak,bapak sakit apa?".
" hanya kecapean saja nak".
"yasudah bapak istirahat saja,aku pulang nanti pak?,sebelumnya aku boleh pak menjadikan bapak sebagai orang tua ku?,aku disini tinggal bersama nenek dan kakek ku,kedua orang tua ku meninggalkan ku saat aku masih kecil."
"iya nak,kamu juga sudah bapak anggap seprti anak bapak sendri,sudah jangan bersedih bapak akan selalu ada untuk mu nak".
"sungguh pak?,.iyah pak aku pullang,bapak disini istrahat yah pak,jangan lupa makan",asslamu;alaikum pak?"
" wa'alaikum salam nak,"

sudah seminggu aku pun menjadi murid barunya untuk pelajaran tambahan. ke akraban pun seperti seorang anak dan ayah. dan ketika aku sedang bercanda dan bercerita tiba-tiba bapak tua ini berpesan kepadaku " nak,sekarang kau lihat aku menjadi tua,tubuhku sudah tak sanggup lagi untuk berdiri tegap,mataku pun sudah tak bisa melihat dengan jelas,ilmu yang telah ku berikan kepadamu,tetaplah kau kembangkan aku tau ilmu ku tak sehebatmu nak,namun bapak berpesan kepadamu Jangan mengeluh tentang harimu. Setiap harimu mungkin tak baik, namun percayalah ada sesuatu yg baik di setiap harimu.
aku pun binggung kenapa bapak bisa berkata itu?
"pak,bapak kenapa berkata seperti itu?"
"tidak nak,tidak apa-apa?,bapak boleh minta tolong nak?,buka pintu ada yang ingin masuk". bapak pun tersnyum.
"siapa pak?,kan tidak ada yang mengetuk pintu?"
"sudah nak,buka saja"
"tunggu sebentar yah pak".aku pun menuruti apa kata bapak itu.
"sudah pak,.!!! aku pun terkejud,ternyata tamu yang datang adalah malaikat yang ingin menjeput bapak,sungguh aku tak bisa menahan air mata ini,sunggu pahlawan ku.

Aku pun segera menaiki sepeda dan memberi tau kan kepada RT setempat, dan warga pun datang untuk membatu mengurusi pemakaman. aku pun tak sanggup menahan air mata ini. Kata-kata motivasi dan perjuangan hidupnya suatu pengalaman yang sanggat berjuang untuk menciptakan generasi yang maju.

Aku berjanji untuk bapak tua itu,suatu saat aku akan membanggun indonesia ini menjadi maju,dari ilmu yang belia berikan dan tekat nya untuk menjadikan ku sebagai murid yang cerdas meski aku baru mengenal beliau.

2. Pelajaran Yang Sangat Berharga

Roni adalah anak sekolah dasar.Pelajaran yang ia sukai adalah matematika. Dia dan kawan-kawannya sering belajar bersama,kadang-kadang belajar bersama,dengan suka ria.

Pernah disuatu saat Roni mengikuti lomba cerdas cermat. Setiap hari ia belajar tak henti, waktu bermainnya ia persempit. Pada saat berlomba ia disambut antusias oleh teman-temannya. Di tempat perlombaan banyak sekali orang-orang.disana ia melihat teman kecilnya, yaitu Santi. Ternyata Santi juga mengikuti lomba cerdas cermat. Sambil menunggu lomba di mulai mereka mengobrol.

Lomba dimulai, Saat sudah selesai lomba mereka tidak sabar menunggu siap pemenangnya. Pemenang di umumkan dan pemenang Juara satu adalah Roni, yang Juara dua adalah Santi. Kini susah payah Roni sudah terbayar yaitu menjadi pemenang dalam lomba tersebut.

3. Nasehat Ayah Kepada Anak

Burung berkicauan, di antara hempasan gelombang yang tinggi menerpa pantai. Nama ku fachri aku hanyalah anak seorang nelayan, penghasilan ayahku tidak terlalu tinggi, tapi kedua orangtua ku tetap berusaha menyuruh aku sekolah. Sejak SD aku didik untuk belajar, jadi tak heran jika aku sering juara kelas, setelah lulus SD, orangtua ku berhasil menyekolah kan aku di MTs alkautsar demi pemahaman gama islam, supaya kelak aku tau tentang agama.

Semangat belajarku meningkat sejak MTs, itu berkat dukungan orangtua ku, dan semenjak MTs ayah mengajarku berdebat menurut akal sehat, dan pada saat itulah aku tertarik di dunia hukum, yaitu menjadi seorang pengacara. Aku tau cita-cita menjadi seorang pengacara sangatlah berat, tapi itulah mimpi besarku yang ingin aku capai. Setamatnya di MTs aku melanjutkan sekolah menengah atas 13 BATAM (SMA 13 BATAM). Sangat beruntung aku mendapat beasiswa dari pemerintah berkat prestasiku, tidak sia-sia pengorbananku, dan aku sangat bangga bisa meringankan beban kedua orangtua ku. Semenjak di SMA inilah aku kenal dengan nama motivasi, ayahku seringkali memotivasi diriku yang membuat semangat belajarku makin membara, ada satu motivasi yang sampai sekarang paling ku ingat dari ayahku, ayah ku berkata kepada ku, “nak ayah ada satu nasehat untuk mu”
“apa tu yah…”
“pemuda yang baik adalah pemuda yang mampu mengatasi masalahnya sendiri, dan mampu membawa kehidupanya lebih baik, lewat kerja kerasnya sendiri, kamu lihat betapa banyak anak orang kaya yang berpoya-poya dengan harta orangtuanya pemuda semacam ini adalah pemuda yang pemalas, dilihat dari materi memang mereka bagus, tapi kalu dilihat dari usahanya sendiri sebenarnya mereka nol, tidak ada apa-apanya”.Mendengar kata sang ayah hati ku semakin membara penuh semangat, aku bertekat akan mengejar mimpi ku menjadi seorang pengacara, Alhamdulillah aku diterima kuliah di UIB aku masuk di bidang hukum, lewat ketekunanku berorganisasi dan belajar, akhirnya aku bisa mengejar mimipiku, dan aku berkata kepada ayahku, “ayah ini janji ku kepadamu, aku berhasil menjadi pemuda yang ayah katakan, aku berhasil lewat usaha ku sendiri”

4. Ayo Berangkat Sekolah

Mentari telah terbit di ufuk timur. Tapi Faisal masih saja tak beranjak dari tempat tidurnya. Burung-burung berkicauan menambah indahnya suasana pagi itu. Mentari semakin meninggi dan terlihat pagi ini sangat cerah.Faisal adalah murid kelas VII di SMP bina harapan.

Ia tampak malas untuk bangun, padahal hari ini adalah hari selasa yang artinya ia harus berangkat ke sekolah. Ibunya lekas membangunkan Faisal karena jam telah menunjukkan jam 6.15.Tapi ia tampak malas untuk bangun dan tak mau untuk sekolah lagi. Ibunya membangunkan Faisal tetapi ia masih saja berbaring di tempat tidur.

“Faisal tidak mau sekolah lagi bu,” jawab Faisal sambil menggeliat.
Ibunya bingung dengan sikap Faisal, padalah ia adalah anak rajin dan pandai di sekolah. “Kalau Faisal tidak sekolah, besuk mau jadi apa? Apa tidak kasihan dengan ibu?”, tanyaibunya.

“Tapi pendidikan saat ini sudah rusak bu, hanya orang-orang kaya yang mendapat pelayanan baik dari sekolah, sedangkan orang-orang miskin seperti kita sering dianggap bodoh dan nakal. Beasiswa juga hanya diberikan pada anak-anak pandai saja, lantas dimana tugas pendidikan untuk merubah sikap dan perilaku menjadi lebih baik bu? Akibat biaya pendidikan yang mahal sekarang ini, banyak pejabat yang korupsi dan akhirnya akan melahirkan koruptor-koruptor baru. Jadi apa gunanya Faisal sekolah lagi bu?”, bantah Faisal.

“Jadi Faisal prihatin dengan kondisi pendidikan saat ini? Lantas apa yang ingin Faisal lakukan untuk mengubahnya?”, Tanya ibu.
“Ya Faisal ingin mengubah sistem pendidikan dinegara ini bu”.
“Lantas bagaimana cara Faisal mewujudkan cita-cita tersebut?”, Ibu kembali bertanya.
“Ya dengan sekolah yang baik bu,” jawab Faisal.
“Nah itu Faisal tau. Sekarang lekas mandi dan berangkat ke sekolah ya nak”.

Akhirnya Faisal mau berangkat ke sekolah. Ibunya pun merasa lega anaknya mau berangkat kesekolah lagi. Beberapa menit kemudian Faisalsudah siap berangkat ke sekolah dan berpamitan kepada ibunya.

5. Tuhan Jadikan Aku Jenius

Awal kehidupan dari bawah tentunya juga akan mempunyai ilmu yang masih bawah. Keinginan menjadi Bintang belum terfikirkan dalam otakku. Karena masa kecilku aku masih hanya mengetahui hal-hal yang kecil ya seperti main, belajar. Dan dalam belajar saja aku masih dalam tahap meraih pintu ilmu dunia.

Guru yang paling setia mengajariku tak lain adalah ibuku sendiri saat TK meskipun aku sekolah aku jarang masuk otak karena biasalah guru killer. Dirumah akuu diajari ibuku menulis, membaca huruf demi huruf hingga aku bisa mencapai kalimat dan tentu bisa membaca cerita.

Saat aku memasuki SD kelas 1 awal aku beradaptasi di sekolah itu, selama 1 tahun aku tidak mencapai tingkat baik nilaku jelek pokoknya tidak memuaskanlah dilihat, tapi syukurnya aku naik kelas tentu ke kelas 2 ya. Di kelas 2 aku bisa mengerti hal-hal banyak tentu keinginan ya harapan disitulah dan saat itulah harapan muncul dari relung hatiku.

Aku belajar namun aku dari dulu aku tidak pernah belajar ngetril seperti tidak lihat tv aku selalu lihat tv dengan belajar namun aku selalu mudeng dan bisa. Di tingkatan kelas 2, peningkatan tampak saat itu yaitu aku mendapat ranking 4 hal yang tak disangka datang. Yang mulanya kelas 1 membaca saja masih kurang di kelas 2 aku bisa meraih peningkatan drastis.

Pergantian jenjang membuatku semakin dewasa tentunya dalam berfikir. Aku mempunyai harapan menjadi pintar. Dannnnn untuk jadi pintar di SD ku, saat itu sulit karena persaingan antar murid sungguh menantang karena teman-temanku anak yang pintar-pintar. Namun harapanku tak pernah pupus akan apa realita, yang ada aku selalu bisa masuk 5 besar/ 3 besar. Dan dari dulu angka keberuntunganku selalu 4 saat SD aku sering ranking 4 namun ranking 3 aja sekali dalam 6 tahun ( hmmm!!!).

Masa SD usai saatnya aku masuk jejang lebh tinggi SMP. Aku bisa masuk di SMPN 02 Batu. Disitu harapan besarrrrku bangkit. Aku selaaaaaluuu berharapan besar dan itu aku imbangi dengan belajar giat. Di masa SMP aku selau belajar belajar belajar saja aku jarang main keluar karena aku selalu dikamar terus. Setelah aku analisa persainganku di SMP lebih berat karena temanku semua pintar sekali jadi aku kayaknya harus bisa jadi no.1 nih di SMPN 02 Batu. Dari dulu impanku itu dan harapan terbesarku aku ingin ikut lomba hingga tingakat nasional/internasional.

Aku ingin seperti di tv-tv mereka bisa jadi terkenal karena kepintaran mereka dan katanya karena usaha giat belajar dan berdoa. Aku selalu mencobanya sampai-sampai 1 hari aku belajar 9 jam sambil nonton tv. Usahaku dan niatku besar untuk jadi terbaik terpintar menjadi bintang. Aku mempunyai harapan yang sangat besar untuk menjadi jenius.

Namun kenapa aku masih saja tidak jadi no.1 padahal aku orang yang punya semagat tinggi untuk menggapai cita-cita karena aku ingin mempunyai masa depa yang cerah yag baik. Aku tidak ingin menjadi anak yang ikut pergaulan bebas dan akhirnya masa depan cerahku tak bisa kudambakan lagi, aku tidak ingin menjadi seperti itu.

Setiap hari aku selalu berdoa kapan usahaku ini akan Tuhan hargai dan ia bisa memberikan hasil yang apa kuinginkan untukku. Hanya doalah yang bisa kucurahkan untuk Tuhan surat-surat kecil aku tujukan untuk Tuhan karena aku selalu menunggu jawaban darinya aku tidak pernah menyerah sebelum cita-citaku menjadi jenius no.1 di Indonesia bisa tercapai aku yakin ini bukanlah khayalan yang tidak bisa tercapai , karena keinginan itu tergantung dalam diri kita.

Usahaku, niatku, harapaku begitu besar aku tidak menyerah untuk menggapai semua ini aku ingin menjadi terbaik namun rasanya hasilnya akan begitu lama karena aku seperti diuji oleh Tuhan. Namun akankah dia mengabulkan harapanku ???. katanya Tuhan suka oleh hambanya yang pantang menyerah dan aku ingin buktikan aku adalah salah satu dari ucapannya.

Aku tidak akan menyerah menggapai apa yang terbaik untuk hidupku karena aku ingin hidup bahagia dan aku akan buktikan kepada seluruh dunia bahwa aku Agnes adalah seorang gadis yang akan bisa menjadi terbaik di Indonesia. Karena akulah berlian, emas Indonesia.

Namun kenapa orang lain selalu beraggap negatiif. Apalagi murid sekolah , harapan emas mereka selalu mengatakan yang inilah sensasi inilah khayalan tinggi yang fatamorgana deh. Aku selalu heran pada orang seperti itu apa dalam hati mereka , mereka tidak ingin punya masa depan cerah apa mereka tidak ingin jadi terbaik jadi pintar. Kenapa mereka hanyya memfikirkan kesenangan semata yang saat itu. Andai saja dunia dipenuhi manusia yang punya harapan tinggi dan pantang menyerah pasti dunia ini akan menjai bumi indah .

Cipt: Agnes Oktavia Inggar Damayanti

6. Jangan Pernah Menyerah

Hari ini pembagian rapor di sekolahku. Jujur, aku sangat deg-degan menunggu hasilnya. Semester lalu aku mendapat ranking 3. Sangat bagus bagiku. Bukannya bermaksud sombong, tetapi kelasku memang dipenuhi oleh orang-orang yang pintar dan cerdas. Aku takut, jika rankingku menurun..

Ternyata benar. Rankingku menurun. Perasaanku saat ini campur aduk. Sedih karena tidak bisa lebih baik dari sebelumnya, senang karena tidak keluar dari 10 besar, dan menyesal karena terlalu menyia-nyiakan waktuku.

Aku harus berjuang lebih giat..

Hari demi hari berlalu dengan baik. Aku meluangkan waktu setiap harinya untuk belajar. Bukan hanya sekedar untuk meningkatkan ranking, tapi aku tak mau mengecewakan orang-orang di sekitarku.. Mereka terlalu berharga.

Aku masih ingat beberapa ucapan orang-orang di sekitarku saat tahu tentang rankingku.
"Gapapa Na, semangat terus." Itu ucapan temanku.
"Yee aku bisa lebih dari kamu :v. Semangat Rena.. pasti bisa bangkit."

Itu kata sahabatku. Sedikit menyebalkan memang.
"Rena, jangan berhenti berprestasi ya. Aku tau kamu bisa lebih baik dari itu."
Ucapan kakak kelasku. Ah, terbaik.

Aku rasa ini bukan akhir dari segalanya. Segala masalah pasti ada jalan keluar, aku percaya itu.

Nama Kantor Berita Nasional Indonesia

Nama Kantor Berita Nasional Indonesia adalah ANTARA. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara atau biasa disingkat Perum LKBN Antara adalah salah satu kantor berita di Indonesia, yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (ANTARA) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tugasnya melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi secara cepat, akurat, dan penting ke seluruh wilayah di Indonesia dan juga dunia Internasional.

Status Kantor Berita Nasional Antara kini adalah lembaga milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara), yang seluruh modal dari kantor Antara dimiliki oleh Negara, berupa kekayaan negara yang dipisahkan dan tida terbagi ke dalam saham, dan hal tersebut sudha diatur oleh Peraturan Pemerintahan Nomor 40 Tahun 2007.


Kepengurusan Kantor Berita Nasional Antara kini berbentuk Direksi dan juga Dewan Pengawas. Saat ini direktur utama yang memegang Antara adalah Meidyatama Suryodiningrat, dan tiga direktur lainnya seperti Hempi Prajudi, Muhammad Munir dan Nina. Sedangkan dewan pengawas yang diangkat oleh pemerintah adalah Sutrisno (ketua) dengan anggota Deddy Hermawan, dan Santoso.

Sejarah Kantor Berita Nasional Antara

Kantor Berita Antara pertama kali didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 oleh A.M. Sipahoetar, Adam Malik, Mr. Soemanang, dan Pandor Kartawigoena, saat semangat kemerdekaan Indonesia digerakkan oleh para pemuda pejuang. Direkatur Antara pertama adalah Mr. Soemanang, sedangkan Adam Malik sebagai Redaktur serta wakil direktur. Administratur dijabat oleh Pandoe Kartawigoena yang dibantu oleh wartawan bernama A.M. Sipahutar.

Pada tahun 1941, jabatan direktur yang awalnya dipegang oleh Mr. Sumanang kemudian diserahkan kepada Sugondo Djojopuspito, sedangkan jabatan Redaktur masih dipegang oleh Adan Malik sekaligus sebagai wakil direktur. Pada tahun 1942 Kantor Berita Nasional Antara dipindahkan ke Noord Postweg 53 Paser Baroe (sekarang Jl. Pos Utara No. 53 Pasar Baru)

Pada tahun 1962, Kantor Berita Nasional Antara resmi menjadi Kantor Lembaga pemerintahan yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Kantor Berita Nasional Antara hingga kini menjadi kantor berita terbesar di Indonesia, yang sifatnya semi-pemerintah, walaupun sebelumnya merupakan kantor swasta yang didirikan oleh para wartawan nasionalis.

Di tahun 2007, Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden H. Susilo Bambang Yudhoyono mengubah status LKBN Antara menjadi Perusahaan Umum (Perum) dan resmi ditetapkan pada tanggal 18  Juli 2007 PP 40/2007.

Nah, itulah jawaban mengenai nama kantor berita nasional Indonesia TTS yang dapat saya bagikan untuk Anda semua. Demikian artikel mengenai salah satu pertanyaan dalam Teka-Teki Silang (TTS), dan semoga bermanfaat.

Referensi: Wikipedia.org

Puisi Karawang – Bekasi Karya Chairil Anwar (Makna dan Pesan Moral)

Chairil Anwar adalah penyair terkemuka di Indonesia Angkatan '45 dan penyair modern Indonesia, bersama dengan penyair lainnya seperti Asrul Sani dan Rivai Apin. Chairil Anwar lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 26 Juli 1922, dan meninggal di Jakarta pada tanggal 28 April 1949 pada umur ke-26 tahun.

Chairil Anwar meninggal diumur yang relatif muda, tidak terlepas dari gaya hidupnya yang semnrawut. Vitalitas puitis Chairil Anwar tidak diimbangi dengan kondisi fisik yang prima. Bahkan, sebelum menginjak usia 27 tahun dia sudah terkena sejumlah penyakit, salah satunya adalah TBC. Chairil Anwar kemudian dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta.

Salah satu puisi karya Chairil Anwar yang cukup terkenal adalah puisinya yang bernama "Karawang-Bekasi". Puisi tersebut oleh Chairil untuk menggambarkan bagaimana beratnya mempertahankan kemerdekaan yang diproklamirkan oleh Ir. Soekarno dan Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Puisi ini menjadi bukti nyata bagaimana pedihnya rasa kehilangan oleh para anggota keluarga yang ditinggalkan, sekaligus menjadi bukti kesadisan dari perang yang dilakukan oleh Tentara Belanda.

Pada 9 Desember 1947, dalam agresi militer Belanda I yang dilancarkan mulai tanggal 21 Juli 1947, tentara Belanda membantai 431 penduduk desa Rawagede, yang terletak di antara Karawang dan Bekasi, Jawa Barat. Selain itu, ketika tentara Belanda menyerbu Bekasi, ribuan rakyat mengungsi ke arah Karawang, dan antara Karawang dan Bekasi timbul pertempuran, yang juga mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa di kalangan rakyat. Pada 4 Oktober 1948, tentara Belanda melancarkan "sweeping" lagi di Rawagede, dan kali ini 35 orang penduduk dibunuh.

Berikut ini adalah isi dari puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar

Puisi Karawang – Bekasi

(Oleh: Chairil Anwar)

Kami yang kini terbaring antara Karawang – Bekasi
Tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami
Terbayang kami maju dan berdegap hati ?

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak

Kami mati muda.
Yang tinggal tulang diliputi debu
Kenang, kenanglah kami

Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum apa-apa

Kami sudah beri kami punya jiwa
Kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu jiwa

Kami cuma tulang-tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan
Ataukah jiwa kami melayang untuk kemerdekaan, kemenangan dan harapan

Atau tidak untuk apa-apa
Kami tidak tahu, kami tidak bisa lagi berkata
Kaulah sekarang yang berkata

Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak

Kenang-kenanglah kami
Menjaga Bung Karno
Menjaga Bung Hatta
Menjaga Bung Syahrir
Kami sekarang mayat

Berilah kami arti
Berjagalah terus di garsi batas pernyataan dan impian

Kenang-kenanglah kami
Yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Karawang – Bekasi


Makna dari Karawang – Bekasi Karya Chairil Anwar

Para pahlawan yang dimakamkan sepanjang jarak Karawang-Bekasi seakan mengatakan pada kita bahwa mereka sudah tidak dapat berteriak lagi. Tetapi mereka merasa yakin bahwa tidak ada yang lupa terhadap deru semangat saat mereka maju ke medan perang. Mereka telah tidur panjang di pemakaman sepanjang Karawang-Bekasi.

Walaupun mereka mati muda, tetapi semangat mereka tetap membara dan terus membahana di langit malam yang sepi. Mereka selalu berharap agar pada malam- malam sepi dan hening, keberadaan mereka tetap dikenang sebagai sosok-sosok yang tiada henti berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan negara ini. Mereka menyadari bahwa mereka hanya tulang-tulang belulang yang berserakan, dan kita yang menentukan nilai dari tulang-tulang tersebut.

Semangat perjuangan mereka begitu bergelora, walau kemudian mereka terpaksa harus mati muda. Tetapi, semangat kepahlawanan mereka tidak pernah padam. Setiap saat, rasanya mereka bangkit dan ikut maju ke medan perang. Bagi mereka, pekerjaan belumlah selesai. Mereka sudah berusaha sekuat tenaga, tetapi kematian telah menyergap mereka sehingga tidak dapat lagi membuat perhitungan atas gugurnya 4 sampai 5 ribu sahabat mereka.

Kenang, kenanglah kami, adalah sebagian ungkapan yang dituliskan oleh Chairil Anwar sebagai bentuk harapan tulus. Mereka hanya ingin keberadaan mereka tidak dilupakan begitu saja sebab bagi mereka negeri ini adalah jiwanya.

Pengharapan para pahlawan tidak pernah berbatas. Mereka tetap berharap untuk dapat menjaga Bung Karno, menjaga Bung Hatta, menjaga Bung Sjahrir. Mereka tidak rela para pimpinan negeri mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itulah, mereka menitipkan dan berharap agar para pimpinan tetap dijaga.

Dan, meskipun mereka telah terbaring dalam pemakaman sepanjang jarak antara Karawang-Bekasi, tetapi mereka tetap memberikan semangat perjuangan yang tidak ada habisnya. Inilah pengharapan tak berbatas yang sepertinya ingin mereka katakan. Walaupun sebenarnya, mereka telah menjadi tulang belulang yang berserakan antara Karawang-Bekasi.

Pesan Moral dari Puisi Karawang-Bekasi Karya Chairil Anwar

Semangat melanjutkan perjuangan meskipun tidak dalam bentuk perang ataupun harus mati, tetapi lebih kepada memajukan Negara dan tetap mengenang jasa-jasa Pahlawan yang telah tiada. Puisi Chairil Anwar ini merupakan satu cara untuk mengingatkan kita terhadap segala jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan.

Perjuangan para pahlawan belum selesai hingga Chairil Anwar mencoba mengetuk hati kaum muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. Maka dari itu hargailah jasa para pahlawan.

Puisi ini mengandung makna yang dalam, yang menggambarkan insan-insan yang rela mati muda demi perjuangan kemerdekaan yang meminta kesadaran serta simpati insan masa kini untuk tetap mengenang mereka dan melanjutkan perjuangan untuk membela tanah air.

Karya Chairil Anwar dengan judul "Karawang-Bekasi" ini betul-betul hidup dan sangat berkesan bagi siapa saja yang membacanya sehingga menimbulkan semangat untuk melanjutkan sebuah perjuangan yang selalu berkelanjutan. Maka tak salah kalau Chairil Anwar ini dijuluki "Penyair legendaris Indonesia dan Pelopor "Angkatan 45."

(Dikutip dari linkedin.com dan kaskus.co.id)

Kumpulan Puisi Tentang Lingkunganku (Sekolah, Rumah, dan 4 Bait)

Puisi adalah bentuk karya sastra yang diciptaan dari hasil ungkapan perasaan si pembuat puisi atau penyair dengan bahasa yang terikat dengan irama, mantra, rima, penyusunan lirik, dan bait, serta pada setiap kata terdapat makna penuh di dalamnya dari ungkapan isi hati si penyair.

Puisi merupakan seni tulis, dimana bahasa yang digunakan untuk kualitas estetika (keindahan bahasa) untuk tambahan, sehingga berfokus pada bunyi, irama dan juga penggunaan diksi. Puisi pada dasarnya merupakan kalimat indah yang di dalamnya penuh makna yang dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun menggunakan struktur bahasa yang padat.

Menurut jenisnya, puisi dibagi ke dalam dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Masing-masing puisi tersebut, baik lama ataupun baru memiliki ciri dan struktur yang berbeda. Walaupun puisi lama memiliki makna yang sangat dalam, namun peminatnya tidak terlalu banyak.


Karena puisi yang diajarkan di sekolah kebanyakan puisi baru, dan jika disuruh membuat puisi pastinya akan membuat puisi jenis baru. Banyak sekali referensi yang bisa dijadikan puisi, yang biasanya datang dari kenyataan hidup dan dari hati seseorang.  Nah, berikut ini adalah beberapa puisi mengenai lingkungan baik sekolah, rumah, hutan, dan lingkungan sekitar lainnya.

1. Puisi Tentang Lingkunganku

Lingkungan ku...
Saat kau tercemar
Aku lupa membersihkannya
Saat kau kotor
Aku tidak membersihkannya

Lingkungan ku...
Kau menjadi berpolusi karena manusia
Kau menjadi kotor karena kami
Semua ulah itu kesalahan kami

Lingkungan hidupku...
Maafkanlah perbuatan kami
Maafkan pula kelalaian kami
Mulai saat ini
Kami pasti akan menjagamu

2. Puisi Tentang Lingkunganku 4 Bait

Lingkunganku...
Kau selalu di buat kotor oleh manusia...
Kau dirusak oleh manusia...
Tanpa sadar, kau telah tercemar oleh manusia yg tidak memperdulikanmu...

Lingkunganku...
Betapa banyak salahku padamu...
Ku bingung harus berbuat apa...

Lingkunganku...
Bagaimana aku harus meminta maaf padamu...
Ku membuatmu tercemar...
Aku berjanji akan merawat dan melestarikanmu mulai hari ini...

Lingkunganku...
Janjiku untukmu, selalu ada di benakku saat ku melihatmu...
Ku akan membuat sadar manusia pentingnya melestarikanmu...

3. Puisi Tentang Lingkungan Sekolahku

Disaat menjelang mentari pagi
Kulihat pemandangan indah yang menawan
Dibawah langit yang membentang luas
Dan pepohonan hijau menghias lingkungan

Pemandangan yang bersih
Langit yang cerah
Pepohonan yang rindang
Dan udara sejuk yang membuatku ingin melayang

Lingkungan sekolahku
Memancarkan cahaya di pagi hari
Dan kerlap-kerlip bintang di malam hari
Oh Betapa Cantiknya
Lingkungan sekolahku

4. Puisi Tentang Lingkungan Rumahku

Rumah hijau dan asri
Lingkungan sejuk dan bersih
Itu yang diinginkan hati

Namun nyatanya
Sampah di mana - mana
Membuat sakit di mata

Sejuk menjadi gersang
Hijau menjadi hitam arang
Asri hanyalah bayang

Memang karna manusia
Menebang sesuka mereka
Lingkungan dijadikan neraka

5. Puisi Tentang Lingkungan Hutan

Dahulu,
Warna hijau nan indah menyelimutimu
kicauan burung merdu bersahutan
hewan2 berlarian penuh sukacita

bau tanah segar tercium
air jernih mengalir deras di sungai
mengalir mengikuti bentuk sungai
yang melekuk dengan indahnya

Kini,
warna hijau itu terbakar
oleh kobaran api merah
yang dbuat manusia tak bertanggung jawab

lekukan sungai indah itu
kini tak terhiasi oleh tarian air
tanag sungai menjadi kering
dan retak, bagai tanah mati

6. Puisi Tentang Lingkunganku Sehat

Di pagi hari ku terbangun dari tidurku
Ku melihat ke kiri ke kanan
Banyak sampah bertebaran

Mengapa manusia tidak mau menjaga kelestarian kita?
Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga kelestarian lingkungan
Kita harus menjaga kelestarian lingkungan agar bersih

Jika lingkungan sudah bersih
Lingkungan kita pun menjadi sehat
Jika tidak ada lagi sampah bertebaran
Kita pun merasa nyaman...

Itulah kita harus menjaga lingkungan kita...
Agar menjadi lingkungan yang bersih
Dan menjadi lingkungan yang sehat...

7. Puisi Tentang Lingkungan Sekitar

Aku lupa memedulikan lingkunganku
Saat lingkungan ku kotor
Aku lupa membersihkannya

Saat ku tercemar
Aku tidak membersihkannya

Lingkunganku
Kau menjadi berpolusi karena manusia
Kau menjadi kotor karena kami
Semua ulah itu kesalahan kami

Lingkungan hidupku
Maafkanlah perbuatan kami
Maafkan pula kelalaian kami
Mulai saat ini kami pasti akan menjagamu

8. Puisi Tentang Lingkungan Sekolah Adiwiyata

Disepanjang jalan yang kususuri
Bersama deru angin ini
Ingin ku ikrarkan sebuah janji
Bahwaku dan hatiku akan selalu disini

Melihatmu …
Merasakanmu…
Membuat hati ini sejenak rindu
Pada kesejukan…

Pada kedamaian…
Pada keasrian…
Pesona jiwamu…
Wahai sekolah adiwiyataku…

9. Puisi Tentang Cinta Lingkungan

Mari teman, mari kemari
Kita singsingkan lengan baju
Kita bersihkan rumah
Kita bersihkan lingkungan
Kita jaga selalu kebersihan

Jangan biarkan sampah berserakan
Buanglah sampah pada tempatnya
Kita cinta kebersihan
Rumah bersih nyaman
Lingkungan bersih sehat

10. Puisi Tentang Lingkungan Rusak

Kau yang kini tertawa...
Bermandikan harta...
Berkawankan kemewahan
Dari mana kau dapatkan semua ?

Dari hewan yang kau bunuh
Dari pohon yang kau tebang
Dari tanah yang tandus
Dari air yang kian kering
Dari hutan yang kau jadikan kebekaran

Oh lingkungan ku...
Engkau kacau karna ulah manusia
Engkau bersih karna ada nya daya fikiran seseorang

Arti Ana Uhibbuka Fillah atau Ana Uhibbuki Fillah

Ana Uhibbuka Fillah - Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia yang mayoritas muslim, pastinya kita pernah mendengar atau melihat kalimat dalam bahasa Arab yang tidak kita ketahui artinya. Kalimat berbahasa Arab yang sering kita dengar dan temui biasanya memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Normalnya orang yang mengucapkan kalimat tersebut, sudah tahu artinya.

Kita yang mendengar tentunya cukup kebingungan apa yang diucapkan dan apa artinya dalam bahasa Indonesia. Salah satu kata dalam bahasa Arab yang sering digunakan dalam percakapan orang Indonesia adalah Ana Uhibbuka Fillah. Kalimat tersebut adalah kalimat yang berhubungan dengan lawan jenis.

Salah satu perintah dalam Islam adalah menyatakan cinta karena Allah. Namun tentu saja cinta bukan dinyatakan pada lawan jenis yang tidak halal karena adanya godaan besar di balik itu.

Arti Ana Uhibbuka/Uhibbuki Fillah

Anna Uhibbuka Fillah dalam bahasa Arab (اَنَا اُحِبُّكِ فِي ﷲِ) memiliki arti "Saya mencintaimu (laki-laki) karena Allah". Kalimat tersebut pada umumnya digunakan atau diucapkan oleh seorang perempuan kepada seorang laki-laki, seperti kepada suaminya, adik laki-lakinya atau kakak laki-lakinya.

Kalimat tersebut diucapkan sebagai bentuk kecintaan seorang wanita/perempuan kepada seorang laki-laki, umumnya digunakan oleh seorang istri kepada suaminya.

Anna Uhibbuka Fillah dalam bahasa Arab (اَنَا اُحِبُّكِ فِي ﷲِ) memiliki arti "Saya mencintaimu (perempuan) karena Allah". Kalimat tersebut pada umumnya digunakan atau diucapkan oleh seorang laki-laki kepada seorang perempuan, seperti kepada istrinya, adik perempuan atau kakak perempuan.

Kalimat tersebut diucapkan sebagai bentuk kecintaan seorang pria/laki-laki kepada seorang perempuan, umumnya digunakan oleh seorang suami kepada istrinya.


Jawaban untuk kalimat Ana Uhibbuka/Uhibbuki Fillah adalah “Ahabbakalladzi ahbabtani lahu” yang artinya "Semoga Allah mencintaimu yang telah mencintaiku karena-Nya".

Hukum Menucapkan Anna Uhibbuka/Uhibbuki Fillah

Bolehkah seorang wanita mengatakan anni uhibbuka fillah (“Aku mencintaimu karena Allah”) kepada laki-laki ajnabi yang bukan mahram-nya?

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Tidak diperbolehkan seorang wanita mengatakan "Aku mencintaimu karena Allah" kepada laki-laki ajnabi yang bukan mahram-nya, baik itu disampaikan melalui lisan maupun tulisan. Betapapun bagusnya ilmu & agama yang ada pada laki-laki tersebut maka hukumnya tetap terlarang. Karena wanita yang beriman dilarang untuk merendahkan suaranya ketika berbicara kepada laki-laki asing yang bukan mahram-nya.

Maka tidak diperbolehkan seorang laki-laki mengatakan "Aku mencintaimu karena Allah" kepada seorang wanita kecuali jika wanita tersebut adalah istrinya atau mahram-nya yang lain. Dan tidak pernah kita jumpai satupun dari para sahabiyah Nabi yang mengatakan ungkapan tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam padahal Allah telah menjadikan kecintaan kepada beliau sebagai sebuah kewajiban atas orang-orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan.

Ini hanya berlaku untuk sesama jenis, laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan selama aman dari fitnah dan tidak menimbulkan persangkaan yang tidak-tidak di hati keduanya. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh Al-Munawi dalam Faidhul Qadir (247/1), beliau berkata: "Apabila seorang wanita memiliki perasaan cinta kepada wanita lain maka hendaknya dia beritahukan kepadanya". (Sumber: https://muslimah.or.id/4022-hukum-ucapan-aku-mencintaimu-karena-allah-kepada-lawan-jenis-yang-bukan-mahram.html).

10 Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui (Diperbaharui)

Manusia selama dunia banyak memerlukan kebutuhan. Salah satu kebutuhan manusia tersebut adalah bersumber dari alam (Sumber Daya Alam). Bumi sendiri banyak menyediakan sumber daya alam yang melimpah bagi manusia, yang bisa dimanfaatkan dan digunakan sesuai kebutuhan. Sumber daya alam (SDA) terdapat dua jenis, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang bisa atau dapat diperbarui bila digunakan tidak akan ada habisnya walaupun digunakan atau dikonsumsi berkali-kali. Sedangkan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui bisa habis bila digunakan atau dikonsumsi secara terus menerus. Oleh karena itu, manfaatkan sumber daya-sumber daya yang ada di alam secukupnya dan perbarui sumber daya alam yang dapat diperbarui, agar bisa digunakan secara terus-menerus.

Lalu apa saja Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa diperbarui dan tidak bisa habis walaupun digunakan secara terus-menerus. Berikut beberapa contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui oleh manusia.

1. Air

Salah satu sumber daya alam yang bisa diperbarui adalah Air. Air adalah senyawa yang paling penting bagi semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. Air sendiri jumlahnya paling banyak dipermukaan bumi dan menutupi hampir 71% permukaan bumi. Di bumi terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) air yang tersedia di bumi.


Air sendiri cukup banyak jenisnya, yang terbesar adalah air laut (air asin). Selain itu, jenis air lainnya yang ada dibumi adalah air hujan, air sungai, air tawar, air payau dan lain sebagainya. Karena jumlahnya yang sangat melimpah tersebut menjadikan air sebagai SDA yang dapat diperbarui dan diperbarui oleh alam sendiri. Air tidak akan pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus.

2. Tanah

Sumber daya alam yang dapat diperbarui lainnya adalah tanah. Tanah adalah bagian kerak bumi yang terdiri dari komponen mineral dan juga bahan organik. Tanah memiliki peran yang cukup penting bagi semua elemen kehidupan di bumi, karena pada dasarnya tanah menjadi pendukung kehidupan di bumi, terutama tumbuhan. Unsur hara dan juga air yang ada di dalam tanah menjadi faktor tumbuhnya tumbuhan. Selain itu juga tanah sebagai penopang akar dan juga habitat beberapa spesies hewan.

Tanah menjadi sumber daya alam yang bisa diperbarui meskipun digunakan berkali-kali, seperti digunakan sebagai media tanam. Asalkan, manusia juga menjaga kesuburan dari tanah tersebut dengan pengolahan tanah yang tepat. Selain digunakan sebagai media utama dalam bercocok tanam, tanah sering digunakan untuk bahan pemerataan lahan dan juga sebuah bangunan.

3. Angin

Sumber daya alam lain yang tidak bisa habis dan bisa diperbarui adalah angin. Angin adalah aliran udara yang jumlahnya besar yang diakibatkan oleh proses rotasi bumi dan juga karena faktor perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Pada umumnya angin bergerak dari temper bertekanan udara tinggi ke tempat yang bertekanan udara rendah.

Sama halnya dengan air dan juga tanah, angin menjadi sumber daya alam yang tidak ada habisnya dan bisa diperbarui. Kekuatan air yang lumayan besar bisa dimanfaatkan untuk sistem pengairan dan juga pembangkit listrik dengan bantuan turbin atau kincir angin. Dan tentunya hal tersebut bisa menjadi solusi yang ramah lingkungan.

4. Tumbuhan

Salah satu sumber daya alam yang bisa diperbaharui kapan saja adalah tumbuhan. Tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang banyak dimanfaatkan sebagai sumber makanan utama dari beberapa makhluk hidup. Tumbuhan sendiri cukup banyak jenisnya mulai dari tanaman lumut, biji-bijian, terong-terongan, alga, dan masih banyak lagi.

Peran tumbuhan bagi beberapa makhluk hidup cukup penting, karena sebagai sumber makanan, salah satu contohnya adalah manusia. Manusia sering mengonsumsi beberapa jenis tumbuhan yang dapat dimakan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Selain itu, tanaman bisa ditanaman sendiri oleh manusia dan bisa dibudidayakan.

5. Hewan

Sumber daya alam selanjutnya yang dapat diperbarui adalah Hewan. Hewan, binatang, fauna, atau satwa adalah makhluk organisme eukariotik multiseluler yang hidup dengan beberapa jenis dan spesies yang umumnya berbeda-beda. Hewan menjadi salah satu konsumsi utama bagi manusia, seperti hewan ternak sapi, kambing, ayam, dan lain sebagainya.

Hewan tidak cuman dimanfaatkan dagingnya saja, namun susu, bulu, dan kulitnya banyak digunakan sebagai produk yang bernilai jual. Di katakan sebagai sumber daya alam yang bisa diperbarui, karena hewan terutama hewan ternak bisa dibudidayakan atau dikembangbiakan.

6. Sinar Matahari

Sinar matahari menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak bisa habis lainnya. Sinar matahari adalah sinar cahaya yang berasal dari Matahari. Sinar matahari merupakan kebutuhan utama dari beberapa makhluk hidup, seperti tanaman membutuhkan sinar matahari untuk dapat berfotosintesis dan membuat makanan. Dan tanpa adanya sinar matahari, takkan ada makhluk hidup yang dapat hidup di bumi.

Energi cahaya matahari banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk beberapa kebutuhan hidup, seperti digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya. Dengan menggunakan listrik tenaga surya atau tenaga sinar matahari tentunya akan menghemat pengeluaran listrik. Selain itu, sinar matahari banyak digunakan untuk keperluan pengeringan, seperti pengeringan ikan asin, padi, jagung, dan lain sebagainya.

7. Energi Panas Bumi (Geothermal)

Geothermal atau energi panas bumi merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui lainnya. Energi panas bumi adalah energi panas yang terbentuk dan terdapat di dalam kerak bumi. Energi panas bumi memiliki temperatur yang berbeda, dan semakin bertambah jika semakin dalam. Menurut penelitian, suhu yang ada di pusat bumi memiliki energi panas mencapai 5400 °C. Panas bumi merupakan sumber energi yang banyak terkandung dalam air panas, uap air, dan bebatuan bersamaan dengan mineral dan gas.

Energi panas bumi atau Geothermal hingga sekarang masih dikaji sebagai pembangkit listrik. Karena panas bumi menjadi salah satu pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan jumlahnya cukup melimpah di sebagian wilayah di bumi. Selain itu energi panas bumi banyak dimanfaatkan sebagai pemandian air panas di sebagian negara, seperti di Jepang.

8. Pasir

Seperti halnya tanah, pasir juga menjadi sumber daya alam yang bisa diperbarui dan tidak akan pernah habis karena jumlahnya sangat banyak. Pasir adalah contoh bahan materian yang berbentuk butiran kecil. Buriran pasir umumnya berukuran antara antara 0,0625 sampai 2 milimeter. Beberapa tumbuhan bisa hidup dengan baik dengan bantuan pasir, karena struktur pasir mempunyai rongga-rongga yang besar.

Selain dimanfaatkan sebagai media tanam, pasir oleh manusia juga banyak dimanfaatkan sebagai baha campuran pondasi rumah, seperti bahan campuran semen. Karena pada dasarnya pasir menjadi bahan pembangun rumah yang banyak digunakan, karena cukup kuat jika digabungkan dengan semen.

9. Kayu

Salah satu benda yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah Kayu. Kayu adalah bagian batang, cabang, dan ranting yang terdapat pada tumbuhan yang umumnya memiliki struktur keras. Penyebab terbentuknya kayu adalah akbat selulosan dan lignin yang terjadi pada dinding sel di batang pohon. Kayu banyak digunakan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga, seperti meja, kursi, pintu, kertas, dan lain sebagainya.

Kayu menjadi bahan yang bisa diperbarui kapan saja dengan cara menaman pohon untuk diambil kayunya. Umumnya kayu bisa diambil dari batang, cabang atau ranting pohon dengan cara ditebang. Untuk memperbarui ketersediaan bahan kayu, bisa dilakukan dengan penanaman pohon oleh manusia.

10. Mutiara

Sumber daya alam terakhir yang bisa diperbarui adalah Mutiara. Mutoara adalah suatu benda yang keras yang biasanya diproduksi oleh hewan berbadan lunak dari hewan moluska hidup, umumnya berbentuk kerang. Mutiara memiliki kalsium karbonat dalam berbentuk kristal seperti cangkang kerang yan disimpan dalam kapisan konsentris. Mutiara pada umumnya memiliki bentuk buat dan bewarna putih jernih.

Mutiara menjadi salah satu sumber daya dari alam yang bisa diperbarui degan cara pembudidayakan kerang mutiara. Peternakan atau pembudidayaan kerang mutiara banyak dilakukan oleh sebagian orang untuk diambil mutiaranya. Mutiara memiliki nilai jual yang tinggi untuk digunakan sebagai bahan perhiasan.

Itulah beberapa Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbarui dan juga tidak akan habis bila digunakan atau dikonsumsi secara terus menerus. Demikian artikel mengenai sumber daya alam dan semoga bermanfaat.

Provinsi Paling Timur di Indonesia

Provinsi apa asih yang letaknya paling timur di negara Indonesia? Provinsi Papua adalah provinsi yang paling timur di wilayah Indonesia. Selain menjadi provinsi paling timur di Indonesia, Papua juga menyabet gelar sebagai provinsi yang paling luas di Indonesia yang letaknya berada di bagian tengah Pulau Papua, atau bagian paling timur dari wilayah Papua milik Indonesia. Sedangkan sebagian wilayah Pulau Papua lainnya atau belahan timurnya adalah negar Papua Nugini.

Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Barat yang mencakup semua wilayah di wilayah Papua Bagian Barat. Namun sejak tahun 2003, Provinsi Papua (Irian Jaya) dibagi menjadi dua provinsi, yaitu bagian timur yang tetap memakai nama Papua saja, sednagkan di bagian wilayah barat memakai nama Papua Barat. Pulau Papua sendiri merupakan pula terbesar kedua di dunia dan menjadi pulau terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 808.105 km persegi.

Provinsi Papua

Provinsi Papua sendiri memiliki luas wilayah keseluruhan sekitar 421.981 km2, dan letaknya berada di wilayah paling ujung timur Indonesia. Provinsi papua sejak dulu menjadi provinsi yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan bernilai ekonomis tinggi, dan letaknya yang strategis membuat bangsa-bangsa asing untuk datang menguasai Pulau Papua.


Ibu kota provinsi Papua adalah Jayapura, dengan Kabupaten Puncak Jaya sebagai kota paling tinggi di Pulau Papua, sedangkan kota yang memiliki dataran paling rendah di Pulau Papua adalah kota Merauke. Papua merupakan daerah beriklim tropis dan wilayah kepulauan, dengan kelembapan udara relatif tinggi sekitar 80-89%, dan kondisi ini yang membuat penyebaran penduduk tidak merata di sebagian wilayah di Papua.

Provinsi Papua Barat

Papua Barat atau biasanya disingkat Pabar adalah sebuah provinsi yang ada di Indonesia, yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibu kota dari Papua Barat adalah Manokwari. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi baru di Indonesia, yang baru dibentuk pada tahun 2007 dan merupakan pembagian dari Provinsi Papua (Irian Jaya).

Nama provinsi Papua Barat sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Namun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini kemudian diubah menjadi Papua Barat. Provinsi Papua dan juga Papua Barat menjadi salah satu provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Nah, itulah jawaban mengenai provinsi paling timur di Indonesia, yaitu Provinsi Papua beserta penjelasan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai wilayah paling timur di Indonesia dan terima kasih.

7 Negara Terkecil di Asia Tenggara Beserta Luas Wilayah

Negara Terkecil di Asia Tenggara - Asia Tenggara adalah sebuah wilayah di Benua Asia bagian Tenggara yang mencakup beberapa wilayah Indochina dan juga Semenanjung Malaya beserta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara di dalamnya mencakup beberapa negara seperti Indonesia, Kamboja, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Filpina, dan Timor Leste.

Berdasarkan letak astronomisnya, Asia tenggara berada di antara posisi 28°LU – 11°LS dan 93°BT – 141°BT. Sedangkan berdasarkan letak grografisnya, Asia tenggara di sebelah utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra India, dan di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Bengala, dan anak benua India.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan luas terbesar dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara lainnya dengan luas sekitar 1,905 juta km². Luas tersebut berkali-kali lipat dibandingkan dengan luas negara Asia Tenggara lain, semisal Malaysia yang hanya memiliki luas 330.803 km². Lalu negara apa yang memiliki wilayah terkecil di Asia Tenggara, berikut jawabannya beserta urutan negara terkecil di Asia Tenggara.

1. Singapura (721,5 km²)

Singapura adalah negara terkecil di Asia Tenggara dengan luas wilayah hanya sekitar 721,5 km², dengan detail panjang ± 43 km dan lebar ± 14,5 km. Singapura merupakan salah satu negara bekas jajahan Inggris yang bergabung pada federasi Malaysia pada tahun 1963, dan merdeka pada tahun 1965. Luas wilayah singapura pada saat pertama kali merdeka hanya sebesar 581 kilometer persegi, namun pada tahun 2015 berkembang menjadi 719 kilometer persegi.


Singapura merupakan negara dengan letak astronomis 1°11′ LU – 1°28′ LU dan 103°38’BT – 104°5′ BT. Sedangkan letak geografis negara singapura yaitu di sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka, di sebelah selatan berbatasa dengan Indonesia (Kepulauan Riau), di sebelah utara dan timur berbatasa dengan Malaysia yang hanya dipisahkan oleh Selat Johor dan Ujung Malaya.

2. Brunei Darussalam (5.765 km²)

Brunei Darussalah adalah salah satu negara terkecil di Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar  5.765 km². Brunei Darussalam merupakan negara yang memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan negara lain di ASEAN, baik dari segi ekonomi, budaya dan kondisi alam. Karena terasuk ke dalam negara yang memiliki wilayah kecil, Brunei Darussalam memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi hingga 69 jiwa/km².


Wilayah negara Brunei terbatas atas dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat terdiri atas 3 daerah, yaitu daerah Tutong, Belait, dan Brunei, sedangkan bagian timur adalah daerag Temburong. Letak astronomis negara Brunei adalah 4’LU – 5’LU dan 114’BT – 115’BT. Sedangkan letak geografisnya di sebelah utara berbatas dengan laut china selatan, sebelah, barat, timur, dan selatan berbatasan dengan Malaysia Timur.

3. Timor Leste (14.874 km²)

Timor Leste adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 14.874 km². Timor Leste merupakan negara pecahan Indonesia yang dulu bernama Timor Timur (bekas provinsi ke-27 Indonesia) yang resmi lepas pada tahun 1999. Walaupun sudah lepas dari Indonesia, namun Timor Leste tidak masuk ke dalam organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).


Letak astronomis negara Timor Leste berada di antara 8° LS – 10° LS dan 24° Bt -127° 30’ BT. Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, negara Timor di sebelah utara langsung berbatasan dengan Selat Banda, Pulau Wetar, dan Pulau Alor di Indonesia. Di sebelah selatan berbatasa dengan negara Australia, dan selat Timor, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, dan di sebelah timur berbatasa dengan Kepulauan Leti, Indonesia.

4. Kamboja (181.035 km²)

Kamboja adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 181.035 km². Jumlah penduduk di negara Kamboja pada tahun 2014 diperkirakan berjumlah 15.458.332 jiwa dengan kepadatan penduduk 81,8/km². Negara Kamboja merupakan negara penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina pada abada ke-11 dan 14. Kerajaam yang dinyatakan merdeka pada tanggal 17 April 1983 ini memiliki bentuk negara monarki konstitusional yang dipimpin oleh Raja sebagai kepada negaranya.


Letak astronomis negara Kamboja adalah diantara 10°LU- 14° LU dan 104°BT - 108°BT. Sedangkan berdasarkan letak Geografisnya, di sebelah utara berbatasa langsung dengan negara Laos dan juga Thailand, di sebalah selatan berbatasan dengan Teluk Thailand. Di sebelah timur berbatasan langsung dengan negara Vietnam, dan di sebelah barat juga berbatasan dengan negara Thailand.

5. Laos (236.800 km²)

Laos adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 236.800 km². Negara laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai, dan berada di tengah-tengah negara lain. Laos merupakan negara bekas jajahan negara Prancis dan memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 22 Oktober 1953 dalam bentuk kerajaan, namun pada tanggal 3 Desember 1975 Kerajaan Laos berubah menjadi negara Republik Laos.


Letak astronomis negara Laos antara titik 14°LU - 22°LU dan  100°Bt-107°BT. Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, negara Laos di sebelah utara berbatasa dengan negara Vietnan dan Republik Rakyat China (RRC), di sebelah selatan berbatasa dengan negara Kamboja dna Thailand, di sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, dan di sebelah Timur berbatasan dengan Vietnam Selatan.

6. Filipina (300.000 km²)

Filipina adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 300.000 km². Filipina merupakan dengan yang paling maju setelah Perang Dunia ke-2, namun setelah itu cukup tertinggal akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, korupsi, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial. Dan negara Filipina merupakan negara di Benua Asia yang di dalamnya terdapat pengaruh budaya barat yang sangat kuat. Selain itu, negara filipina juga merupakan negara kepulauan, yang terdiri dari 7.641 pulau.


Letak astronomis negara filipina adalah diantara 4°LU – 21°LU dan 116°BT – 128°BT. Sedangkan berdasarkan letak Geografisnya, Filipina di sebelah utara berbatasa dengan pulau Formosa di Taiwan dan juga Laut China Selatan, di sebelah selatan berbatasan dengan wilayah laut dari Kepulauan Indonesia, di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan di sebelat Barat berbatasan dengan Laut China Selatan.

7. Malaysia (330.803 km²)

Malaysia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 330.803 km². Malaysia merupakan negara dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 30.697.000 jiwa pada tahun 2015. Negara ini merupakan negara yang dikepalai oleh seorang Raja atau Sultan yang dipilih secara bergiliran setiap 5 tahun sekali, sedangkan kepala pemerintahan Malaysia dikepalai oleh seorang Perdana Menteri.


Berdasarkan letak astronomisnya, Malaysia dibagi menjadi 2 yaitu wilayah Malaysia Timur (Pulau Kalimantan) yang berada pada garis 1°LU - 7°LU dan 100°41’BT - 119°BT, sedangkan wilayah Malaysia Barat berada di posisi 1°LU - 7°LU dan 100°BT - 104°02’ BT. Berdasarkan letak grografisnya, di sebelah utara Malaysia berbatasan dengan Laut China Selatan, Brunei Darussalam, dan Thailand. Di sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Laut Sulu, dan di sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.

Nah, itulah daftar urutan negara terkecil di Asia Tenggara, yang dipegang oleh negara Singapura dengan luas hanya 721,5 km². Demikian artikel mengenai negara paling kecil di Asia Tenggara dan semoga bermanfaat.

Pola Lantai Tari Saman : Vertikal, Horizontal, Diagonal, Garis Melengkung

Pola Lantai Tari Saman - Indonesia adalah negara dengan beragam kebudayaan, mulai dari suku, adat istiadat, pakaian, hingga tari tradisional. Setiap daerah di Indonesia memiliki tari tradisional, baik yang dilakukan perseorangan, berpasangan, dan secara kelompok. Tari yang disajikan, baik secara solo atau tari tunggal, berpasangan dan berkelompok tersebut pastinya memiliki karakteristik tersendiri.

Tari individu menjadi kekuatan pada penyajian tari tunggal, tari berpasangan memerlukan koordinasi dalam melakukan gerakan antara dua ornag penari, dan tari kelomopok memerlukan kerjasama dan kemampuan yang sama dalam melakukan tarian. Dalam tarian berkelompok, pola lantai yang digunakan pada setiap jenis penyajiannya juga berbeda-beda.

Pola lantai merupakan pola denah yang dilakukan oleh seorang penari dengan perpindahan, pergerakan dan pergeseran posisi dalam sebuah ruang (space) untuk penari. Pola lantai pada dasarnya merupakan teknik blocking (penguasaan panggung) dari seorang penari.

Pola lantai memiliki fungsi untuk membuat sebuah posisi dalam sebuah ruang gerak. Dalam sebuah tarian yang dilakukan secara berkelompok, pola lantai cukup penting perannya, karena posisi bisa mempermudah dalam melakukan gerakan tari.


Salah satu tarian yang menggunakan pola lantai adalah Tari Saman yang berasal dari Aceh. Tari saman dilakukan secara berkelompok dan menggunakan musik internal seperti menggunakan tepukan tangan dan juga teriakan. Tari saman mengandalkan kekompakan para penarinya, dan dulu tari sama digunakan sebagai media dakwa. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis pola lantai dalam tari saman.

Tari Saman Menggunakan Pola Lantai?

Pada dasarnya pola lantai dari Tari Saman adalah pola Hozirontal, yaitu sebuah pola dengan garis lurus mendatar ke samping. Pola ini disebut sebagai pola yang melambangkan hubungan manusia dengan tuhan yang vertikal dan juga hubungan dengan sesama manusia yang horizontal. Selain itu ada beberapa jenis pola lantai lainnya dari Tari Saman, yaitu sebagai berikut.

Pola Lantai Vertikal
Pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garus vertikal, yaitu lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini menampilkan kesan yang sederhana namun kuat. Makna pola lantai vertikal pada tari saman adalah melambangkan antara hubungan manusia dengan tuhannya, karena pada dasarnya tuhan adalah sang pencipta kehidupan, tidak terkecuali manusia.

Pola Lantai Horizontal
Pola lantai horizontal adalah penari berbarus membentuk garis lurus ke samping. Makna pola lantai horizontal pada tari saman adalah melambangkan antara hubungan manusia dengan manusia lainnya, yang pada dasarnya saling membutuhkan satu sama lain.

Pola Lantai Diagonal
Pola lantai horizontal adalah penari berbarus membentuk garis lurus ke samping diagonal adalah penari berbaris membentuk garus menyudut ke kanan atau ke kiri. Pola lantai diagonal ini menampilkan kesan yang dinamis namun kuat.

Pola Lantai Garis Melangkung
Pola lantai garis melengkung adalah penari berbaris membentuk garis melengkung, seperti membentuk garis lingkaran, lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Pola ini banyak digunakan pada tari rakyat dan tari tradisi, yang menampilkan kesna lemah namun lembut.


7 Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan dalam Kehidupan

Mengapa manusia perlu aturan - Setiap negara pasti memiliki aturan tertentu dalam sistem pemerintahannya. Tidak cuman negara yang memberlakukan aturan, setiap agama juga memberlakukan aturan yang tidak boleh dilanggar bagi umatnya. Bahkan, ditengah lingkungan masyarakat umumnya terdapat aturan yang tertulis dan tidak tertulis. Aturan yang tertulis biasanya berupa hukum dan undang-undang, sedangkan aturan yang tidak tertulis berupa norma dan juga etika.

Aturna sendiri merupakan suatu ketentuan yang dibuat untuk membatasi tingkah laku dan mengikat seseorang atau masyarakat. Aturan membuat setiap individu atau seorang boleh melakukan sesuatu hal dan juga tidak boleh melakukan sesuatu. Aturan sendiri cukup banyak sekali, seperti contohnya aturan di rumah, di sekolah, dan aturan di lingkungan masyarakat.

Manusia memerlukan suatu aturan, karena aturan tersebutlah yang menjadi pembeda antara kehidupan yang beradab dan kehidupan yang tidka beradab, boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Aturan disini sebagai bentuk hukum norma, baik itu hukum negara, hukum agama, atau hukum-hukum lainnya. Aturan ditujukan kepada manusia agar tidak bergesekan dan terjadi konflik dengan manusia lainnya, dan manusia harus mengikuti aturan yang sama bila bergama ataupun berada di tempat yang sama.


Nah, aturan sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat atau dimana saja. Berikut ini adalah beberapa lasan mengapa manusia perlu aturan dalam kehidupan, terutama dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengapa Manusia Perlu Aturan?

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia perlu suatu aturan yang digunakan sebagai pedoman untuk mengatur kehidupan setiap individu agar bisa menjalani kehidupan yang teratur dan mencegah terjadinya konflik yang bisa menyebabkan perpecahan dan juga peperangan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa manusia perlu aturan dan kehidupan.
  1. Manusia perlu aturan supata hidup manusia bisa lebih teratur dan mudah untuk diatur.
  2. 2Manusia perlu aturan Agar manusia memiliki hidup yang terarah dan jalan yang terang.
  3. Manusia perlu aturan agar tidak terdapat pertentangan (konflik) dalam interaksi sosial antarsesama manusia dilingkungan masyarakat.
  4. Manusia perlu aturan sebagai tujuan hidup agar mampu menjadi seorang yang beretika dan juga bermoral.
  5. Manusia perlu aturan sebagai standarisasi kehidupan manusia, karena adanya keanekaragaman bangsa, baik secara sosial, budaya, ekonomi dan politik.
  6. Manusia perlu aturan untuk menciptakan keadilan sosial dan hukum bagi setiap individu agar tercipta kehidupan yang damai, tentram, dan bebas dari konflik.
  7. Manusia perlu aturan untuk mengatur setiap elemen kehidupan manusia agar tidak berbuat seenaknya dan supaya manusia lebih memperhatikan, menghargai, dan menghormati orang lain.

Aturan pada dasarnya dibuat agar manusia dapat menjalankan haknya, tanpa mengurangai maupun melangar hak yang dimiliki oleh orang lain. Seorang filsuf inggris bernama Thomas Hobbes pernah mengatakan dalam karyanya yang berjudul "De Cive", bahwa manusia itu adalah serigala bagi manusia lainnya. Maksudnya, bahwa manusia itu akan saling menyakiti satu sama lain.

Karena pada dasarnya manusia itu memiliki keinginan untuk mendapatkan dan memproritaskan haknya dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga akan mendorong untuk melanggar hal yang dimiliki oleh orang lain, dan hal tersebut bisa terjadi bila manusia tidak memiliki aturan.

Tentunya hal ini bisa memicu timbulnya konflik antarsesama manusia. Nah, oleh karena itulah mengapa manusia perlu memiliki aturan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai aturan, etika dna norma manusia dalam bab struktur sosial dan diferensiasi sosial (IPS/Sosiaologi. Sekian dan terima kasih.

30+ Nasehat Bahasa Jawa Tentang Kehidupan dan Artinya

Nasehat Bahasa Jawa Tentang Kehidupan - Setiap manusia pastinya pernah diberi nasehat mengenai sesuatu hal baik atau buruk. Sejak kecil manusia akan diberi nasehat atau diajarkan sesuatu oleh orang tua mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan dan boleh untuk dilakukan. Nasihat sendiri adalah sebuah kata yang mengungkapkan suatu bentuk keinginan kebaikan kepada objek yang diberikan nasihat.

Tidak cuman dari orang tua, nasehat banyak diberikan oleh para guru, kyai, ulama, habib dan umumnya diberikan oleh para pemuka agama. Nasehat dalam Islam adalah suatu cara yang bertujuan untuk mengingatkan seseorang bahwa segala macam bentuk perbuatan pastinya akan ada sanksi dan akibatnya.

Karena hidup itu dipenuhi dengan sandiwara, makanya nasehat sangat penting bagi orang untuk dapat kembali ke jalan yang benar. Tujuan utama dari sebuah nashet adalah sebagi petunjuk kita untuk mengambil keputusan dengan bijak dalam segala hal dan mempertimbangkannya.

Dalam masyarakat jawa sendiri, banyak sekali nasehat yang sering kita jumpai, tentunya dengan bahasa jawa. Nasehat bahasa jawa meliputi banyak hal, terutama dalam kehidupan. Banyak tokoh-tokoh jawa yang memberikan nasihat kepada masyarakat luas. Salah satu diantaranya adalah sunan kalijaga, yang banyak memberikan tausiyah dalam bentuk nasehat bahasa jawa.


Nah, beirkut ini adalah beberapa nasehat bahasa jawa mengenai kehidupan beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

Kumpulan Nasehat Bahasa Jawa Tentang Kehidupan dan Artinya

Memayu hayuning bawana ambrasta dur hangkara = Hidup mengusahakan keselamatan, kebahagiaan, serta memberantas sifat angkara murka atau tamak.

Becik kethitik ala ketara = Yang baik akan terlihat, yang buruk akan ketahuan.

Sak bejo-bejone wong kang lali, isih bejo wong kang eling lan waspodo = Seberuntung-beruntungnya orang yang lupa, masih beruntung orang yang ingat.

Ngluruk tanpa bala, menang tanpa ngsorake, seketi tanpa aji-aji, sugih tanpa bandha = Menyerang tanpa pasukan, menang tanpa merendahkan, sakti tanpa aji-aji, kaya tanpa harta.

Aja gumunan, aja getunan, aja kagetan, aja aleman = jangan mudah heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut, dan jangan manja.

Alon-alon waton kelakon = pelan-pelan asal dilakukan.

Aja keminter mundak keblinger, aja cidra mundak cilaka = Jangan merasa pintar nanti tersesat, jangan curang nanti celaka.

Aja adigang adugung adiguna = Jangan mengandalkan kekuatan, kekuasaan, dan kepandaian yang dimiliki.

Urip iku kudu semeleh = Hidup itu harus berserah.

Sura dira jaya ningrat, lebur dening pangusti = Kemurkaan amarah, kepicikan dapat tunduk dengan hati yang lembut.

Aja milik barang kang melok, aja manggro mundak kundo = Jangan terlena karena kebendaan, dan jangan mendua.

Aja ketungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kameraman = Jangan terobsesi dengan kedudukan, kebendaan atau harta dan kepuasan duniawi.

Mangan ora mangan seng penting kumpul = Makan atau tidak makan yang penting kumpul (bersama)

Ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana = Mulyanya diri dilihat dari lisan, mulyanya raga dilihat dari busana.

Ngudi laku utama knathi sentosa ing budi = Menghayati perilaku mulia dengan budi pekerti luhur

Sopo sing kelangan bakal diparingi, sopo sing nyolong bakal kelangan = Siapa yang kehilangan akan diberi, siapa yang mencuri bakal kehilangan.

Narimo ing padum, makaryo ing nyoto = Berusaha sekuat tenaga, menerima pada ketentuan sang pencipta dengan hati yang ikhlas.

Aja mung eling butuhe urip nganti lali gunane urip = Jangan cuma ingat akan kebutuhan hidup, sampai lupa gunanya kita hidup.

Gusti Allah Mboten Sare = Tuhan (Allah) tidak pernah tidur

Nasihat Bahasa Jawa oleh Kanjeng Kalijaga

Urip iku urup = Hidup itu menyala; hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik.

Memayung hayuning bawono, ambrasto dur hangkoro = Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah, dan tamak.

Suro diro joyo jayaningrat, lebur dining pangastuti = Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar.

Ngluruk tanpo bolo, menang tanpo ngasorake, sekti tanpo aji-aji, sugih tanpo bondho = Berjuang tanpa perlu membawa massa, menang tanpa merendahkan atau mempermalukan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kaya tanpa didasari kebendaan.

Datan serik lamun ketaman, datan susah lamun kelangan = Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri, jangan sedih manakala kehilangan sesuatu.

Ojo gummunan, ojo getunan, ojo kagetan, ojo aleman = Jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut-kejut, jangan mudah kolokan atau manja.

Ojo ketungkul marang kalungguhan, kadonyan lan kemareman = Janganlah terobsesi atau terkukung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi.

Ojo kuminter mundal keblinger, ojo cidra mundak cilaka = Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka.

Ojo milik barang kang melok, aja mangro mundak kendo = Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah, jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat.

Ojo adigang, adigung, adiguna = Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti.

Nah, itulah beberapa nasihat bahasa jawa tentang kehidupan beserta artinya yang dapat saya bagikan untuk Anda semua yang mencari nasehat dalam bahasa jawa. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan terima kasih.