Alat Musik Kolintang Berasal Dari Daerah Mana?

Ragam Indonesia, Mengenal Alat Musik Kolintang Berasal Dari Sulawesi Utara. Berikut pengertian mengenai alat musik Kolintang, sejarah perkembangan, fungsi, jenis dan bentuk, serta cara memainkan alat musik kolintang dengan benar.

Apa itu Alat Musik Kolintang?

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung atau tidak mengenal alat musik yang satu ini. Alat musik Kolintang atau kadang disebut juga alat musik Kolintang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Alat musik ini terdiri dari beberapa gong kecil yang ditata secara mendatar.

Alat musik Kolintang berasal dari Sulawesi Utara ini dimainkan dengan diiringi gong yang bergelantungan dengan ukuran yang lebih besar. Kolintang sendiri merupakan bagian dari kebudayaan gong Asia tenggara yang sudah dimainkan sejak berabad-abad lamanya. Selama berabad-abad budaya Kolintang ini tersebar di kawasan kepulauan Melayu Timur, Filipina, Brunei, Timor-Timor dan Indonesia Timur.


Fungsi dari alat musik ini adalah tergantung pada peradaban yang menggunakannya. Berdasarkan pengaruh agama kristen, budha, hindu, islam dan barat, tradisi Kulintang ini masih bertahan dan terus berkembang hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri, Kolintang juga dikenal dengan istilah alat musik perkusi. Alat musik ini berasal dari kayu yang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Kayu yang digunakan merupakan jenis kayu telur atau Alstonia sp, kayu wenuang dan kayu cempaka.

Nama Kolintang sendiri diambil dari asal bunyi yang dihasilkan. Tong untuk nada rendah, ting nada tinggi dan tang nada biasa. Dalam bahasa daerah “mari kita lakukan ting ting tang” menjadi “mangemo kumolintang” dan kemudian menjadi nama Kolintang.


Sejarah dan Perkembangan Kolintang

Alat musik Kolintang berasal dari Sulawesi Utara ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Biasanya alat musik tradisional ini digunakan untuk upacara adat atau ritual yang berhubungan dengan pemujaan roh-roh leluhur. Akan tetapi sejak masuknya agama Islam dan Kristen ke daerah Minahasa, Sulawesi Utara, Alat musik ini sudah tidak digunakan lagi untuk upacara ritual adat. Akan tetapi alat musik ini digunakan untuk mengiringi lagu, nyanyian atau tarian.

Alat musik Kolintang ini dahulunya hanya menggunakan potongan-potongan kayu yang disusun dan diletakkan secara mendatar diatas kedua kaki pemainnya. Kemudian dikembangkan dengan menggunakan alas yang terbuat dari batang pisang yang berjumlah 2. Selanjutnya pada masa Pangeran Diponegoro ketika berada di Minahasa, alat musik Kolintang ini mulai menggunakan peti resonator.

Pada kala itu, peralatan gamelan Jawa juga dibawa Oleh Pangeran Diponegoro dan rombongannya. Kemudian, setelah masa perang dunia 2, alat musik ini berkembang dari segi nada hingga mengarah ke susunan musik yang universal.

Bentuk dan Jenis Alat Musik Kolintang

Alat musik Kolintang berasal dari Minahasa Sulawesi Utara ini adalah alat musik yang terbuat dari kayu. Kayu ini dipotong dan disusun di atas alas kayu yang disebut sebagai resonator. Kayu yang digunakan biasanya kayu yang ringan seperti kayu telur, kayu waru, kayu cempaka dan lain sebagainya. serat kayunya biasanya tersusun membentuk garis yang sejajar.

Alat musik ini terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut berdasarkan dari suara yang dihasilkannya. Setidaknya terdapat 9 jenis dari alat musik Kolintang ini. Yaitu, loway (bass), karua (tenor 1), karua rua (tenor 2), cella (cello), uner (alto 1), uner rua (alto 2), katelu (ukulele), ina taweng (melodi 3), ina rua (melodi 2) dan ina esa (melodi 1).


Cara Memainkan Musik Kolintang

Setelah Anda mengetahui apa saja jenis alat musik Kolintang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara ini, selanjutnya adalah saatnya Anda belajar bagaimana cara memainkan alat musik ini. Secara teori cara memainkan alat musik ini cukup mudah, yaitu hanya dengan dipukul-pukul saja.

Akan tetapi untuk bisa menghasilkan nada-nada yang indah, Anda harus bisa menyesuaikan accord yang sedang dimainkan. Biasanya cara memukul alat musik Kolintang ini adalah menggunakan stick khusus. Hal ini dilakukan agar menghasilkan suara yang bagus.

Diujung stick biasanya diberi bantalan khusus seperti bantalan kain sehingga seperti alat untuk memukul gamelan. Stick yang digunakan ini biasanya terdiri dari 3 jenis dan masing-masing dinomori.

Stick nomor satu biasanya digunakan pada tangan kiri, sementara stick dengan nomor 2 dan 3 biasanya digunakan pada tangan kanan. Untuk stick nomor 2 dan 3 ini biasanya dipasang di sela-sela jari disesuaikan dengan accord yang sedang dimainkan.

Sama seperti alat musik lain pada umumnya, Kolintang juga memiliki accord yang dipukul secara bersamaan. Akan tetapi untuk jenis bass dan melodi dimainkan dengan tidak menggunakan accord. Namun disesuaikan dengan nada yang dibutuhkan dalam satu kesatuan lagu atau nyanyian.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba belajar alat musik Kolintang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara ini? Cara memainkannya cukup mudah bukan? Jika Anda tekun dan rajin berlatih tentu bisa menguasai alat musik ini dengan mudah. Sekian pengenalan tentang alat musik Kolintang semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Alat Musik Kolintang Berasal Dari Daerah Mana?"

Post a Comment