Kusbini, Sosok Dibalik Pencipta Lagu Bagimu Negeri

Pencipta lagu bagimu negeri - Sebagai rakyat Indonesia, tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan lagu Bagimu Negeri? Lagu yang sering dikumandangkan pada saat upacara di sekolah ini menjadi salah satu lagu nasional yang istimewa. Pasalnya dengan lagu ini mampu membangkitkan semangat di dalam jiwa untuk lebih cinta pada tanah air Indonesia.

Namun sayangnya, banyak dari masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui siapakah sosok pencipta lagu Bagimu Negeri yang menjadi salah satu lagu nasional. Padahal sosok ini memberikan makna penting bagi negara Indonesia. Jika Anda salah satu yang tidak mengenal sosok tersebut, simak penjelasan berikut ini untuk mengenal lebih dalam sosok pencipta lagu Bagimu Negeri.

Lirik Lagu Bagimu Negeri

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengapdi
Bagimu negeri jiwa raga Kami

Lagu padamu negeri ini diciptakan oleh Kusbini. Meskipun lagu ini sangat simpel yang terdiri dari 4 larik saja, namun lagu ini penuh dengan makna. Betapa hebatnya lagu ini yang mampu membangkitkan semangat di dalam dada untuk bisa memenangkan Indonesia. Lalu siapa sih sosok Kusbini sebagai pencipta lagu Bagimu Negeri? Yuk mari kenal lebih dekat!

Mengenal Kusbini, Pencipta Lagu Bagimu Negeri

Kusbini merupakan pencipta lagu Bagimu Negeri. Kusbini lahir pada tahun 1910 pada tanggal 1 januari di Mojokerto Jawa Timur. Beliau meninggal di Yogyakarta pada tanggal 28 februari 1991.


Di sepanjang hidupnya, Kusbini dikenal sebagai tokoh Keroncong Indonesia. Terlebih di era 1930 hingga 1955. Beberapa musisi yang legendaris kala itu adalah Annie Landaouw, S,Abdoellah, Gesang dan lain sebagainya.

Pada masa Hindia Belanda, Kusbini menuliskan kembali lagu Telomoyo, Nina Bobo, Moresko dan lain sebagainya. Lalu pada tahun 1945 hingga 1952, Ia menciptakan lagu perjuangan bersama Ismail Marzuki dan C.Simanjuntak, L.Manik dan lain-lain.

Kusbini juga merupakan tokoh pendiri sekolah Musik indonesia yang kini lebih dikenal dengan ISI atau Institut Seni Indonesia. Selain itu ia juga mendirikan sebuah sekolah musik yang hingga kini masih diteruskan oleh anak-anak nya, yaitu Sekolah Olah seni Indonesia.

Salah satu lagu perjuangan yang diciptakannya dan membesarkan namanya adalah Lagu Bagimu Negeri yang diciptakannya pada tahun 1942. Kemudian pada tahun 1960 lagu Bagimu Negeri tersebut ditetapkan sebagai salah satu lagu nasional.

Awal penciptaan lagu tersebut adalah bermula pada saat Bung Karno bertemu dengan Kusbini dan membuatnya sebuah lagu perjuangan. Kala itu Kusbini langsung menyetujuinya. Kemudian terciptalah lagu Bagimu Negeri Tersebut. Lagu tersebut melambangkan perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Lagu tersebut sengaja dibuat sebagai simbol perlawanan terhadap pemerintah Jepang yang saat itu tengah berkuasa. Jepang pun sangat tidak menyukai hal-hal yang berbau perjuangan untuk kemerdekaan. Selain itu, dengan lagu ini juga membakar semangat rakyat untuk terus melakukan perjuangan memperebutkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sebelum dikumandangkan secara resmi, Lagu Bagimu Negeri ini mengalami beberapa revisi yang kemudian pertama kali dinyanyikan oleh Ibu Sud dan hoso Kanri Kyoku. Namun pada tahun 1978, J.Semedi menuntut dan menuduh bahwa Kusbini telah membajak karyanya. J.semedi menyatakan bahwa Lagu Padamu negeri merupakan karyanya. Pada saat itu merupakan situasi yang rumit dan berakhir di pengadilan dengan memenangkan Kusbini.

Di akhir hayatnya, Kusbini menuliskan beberapa buku sebagai peninggalannya semasa hidup. Buku-buku karya kusbini antara lain adalah sebagai berikut:
  • Diktat gitar
  • Sejarah seni musik keroncong indonesia
  • Kumpulan lagu-lagu keroncong Indonesia
  • Diktat Vocal
  • Pelajaran Bass
  • Diktat viool
  • Teori Musik

Selain itu, selain melahirkan beberapa buku, Kusbini juga mendapatkan sejumlah penghargaan yang cukup membanggakan. Beberapa penghargaan yang diterima oleh Kusbini antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Pada tahun 1972, Kusbini mendapatkan penghargaan sebagai pembina musik keroncong Indonesia 
  2. Pada Tahun 1976, Kusbini mendapat Medali Arati Bayangkara dalam Korwill II.

Sebagai salah satu pahlawan yang telah menciptakan Lagu Nasional, Kusbini memang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat. Kusbini dimakamkan di Yogyakarta pada tanggal 28 Februari 1991.

Namun setelah Kusbini meninggal, Pemerintah Daerah Yogyakarta mengabadikan namanya menjadi nama sebuah jalan di Yogyakarta yaitu Jalan Kusbini. Baru-baru ini televisi Yogyakarta juga membuatkan film pendek mengenai riwayat hidup dari Kusbini, sosok pencipta lagu Bagimu Negeri.

Selain itu, nama Kusbini juga diabadikan menjadi nama sebuah bandara yang terletak di Pandeglang. Yaitu, Bandar udara Internasional Raden Kusbini. ada juga namanya diabadikan dalam sebuah patung yang terletak di kawasan Bandar Udara Internasional Raden Kusbini.

Nah itulah kisah sekilas tentang perjalanan hidup seorang Kusbini, seorang pencipta lagu Bagimu Negeri. Biar bagaimanapun menghargai jasa pahlawan merupakan hal yang baik dan akan memberikan kita pelajaran dalam masa depan yang lebih cerah. Salam semangat musik Indonesia.

Share this :

0 Response to "Kusbini, Sosok Dibalik Pencipta Lagu Bagimu Negeri "

Post a Comment