10 Cara Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan

Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan - Persatuan adalah perserikatan, ikatan atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Persatuan mengandung makna terikatnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan, sedangkan kesatuan berarti keadaan yang merupakan satu keutuhan.

Menjaga persatuan bangsa Indonesia merupakan elemen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang paling penting. Karena tanpa ada persatuan, kita tidak bisa hidup sebagai satu bangsa yang utuh. Menjaga persatuan bangsa Indonesia tidak melulu harus bergantung pada pemerintah, namun semua elemen masyarakat harus menjaga persatuan NKRI.


Dalam menjaga komitmen persatuan, bisa dilakukan dengan banyak cara agar kita tidak terpecah-belah, dan agar bisa menjadi satu bangsa yang utuh. Berikut 10 cara bagaimana menjaga komitmen persatuan bangsa Indonesia.

1. Adanya kesadaran dan sikap warga negara untuk melakukan bela negara

Kesadaran dan sikap warga negara untuk melakukan bela negara bisa dilakukan dengan cara mencintai budaya negara sendiri bersikap nasionalisme dan toleransi antar warga masyarakat. Alasannya, karena sikap tersebut adalah sikap yg mencermikan perilaku dalam bela negara

2. Saling menghormati dan menghargai

Kita harus saling menghargai dan menghormati, meskipun terdapat perbedaan di antara kita semua. Perbedaan tidak seharusnya membuat kita jauh tetapi saling menghargai dan menjadikan perbedaan sebagai ajang pembelajaran.

3. Menghindari sikap dan perilaku yang dapat menimbulkan konflik vertikal maupun konflik horizontal.

Konflik muncul akibat adanya perbedaan. Perbedaan yang dimaksud bisa berupa perbedaan pendapat, perbedaan ada istiadat, perbedaan pandangan hidup (ideologi), dan perbedaan fisik. Hal ini mungkin akan sulit dihindari karena masyarakat bersifat homogen dan setiap individu memiliki kekhasan serta perbedaan.  Oleh karena itu, konflik merupakan hal yang sangat wajar dan tidak dapat dihilangkan dalam masyarakat. Cara mengindariny adalah dengan menghindari garis yang bisa berujung konflik, dan konflik nya jgn saling berdekatan dengan garis tersebut .

4. Menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri

Persatuan negara bisa goyah jika rakyatnya sendiri tidak mencintai dan bangga terhadap budayanya sendiri. Dengan mencintai budaya kita sendiri, kita menumbuhan rasa memiliki atas bangsa dan negara kita dan dapat mempertahankannya dari beragam ancaman yang menyerang persatuan negara.

5. Menumbuhkan sikap toleransi dan tenggang rasa

Menumbuhkan sikap toleransi dan tenggang rasa bisa dilakukan dengan cara memperkuat tali persaudaraan, agar dapat mengerti satu sama lain, meningkatkan kesabaran, menjadi pribadi yang baik mengerti akan keadaan orang lain

6. Menghindari pemberitaan palsu (hoax)

Persatuan tidak dapat terjaga jika kita selalu termakan berita palsu. Berita palsu dapat menimbulkan rasa tidak percaya antaranak bangsa. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah berita palsu.

7. Pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bisa dilakukan dengan cara bertaqwa terhadap Tuhan yang maha esa, menjunjung persatuan dan kesatuan, dan menjaga nama baik negara Indonesia.

8. Menyebarkan pemikiran positif

Di tengah maraknya pemikiran negatif dan bibit perpecahan dewasa ini, kita perlu menyebarkan pemikiran positif. Dengan mengajak orang lain untuk berpikir positif, kita dapat menghindari perpecahan dan menjaga persatuan.

9. Peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup warga negara

Upaya meningkatkankualitas dan  kesejahteraan rakyat bisa dilakukan melalui peran serta aktif masyarkat itu sendiri dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan hidup, meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi, serta memperkukuh martabat manusia dan bangsa.

10. Mencintai produk dalam negeri ketimbang produk luar negeri

Mencintai produk dalam negeri dapat menumbuhkan rasa mencintai dan memiliki negeri ini sehingga kelak jika ada ancaman yang menyerang keutuhan negara kita, kita dapat menangkalnya.

Share this :

0 Response to "10 Cara Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan"

Post a Comment