16 Komponen-Komponen Motherboard dan Fungsinya

Bagian-Bagian Motherboard - Saat ini komputer sudah menjadi barang atau benda yang wajib dikenal oleh masyarakat. Namun, kita tidak saja cukup mengenai apa itu komputer dan apa gunannya. Tetapi juga harus tahu bagaimana cara merawatnya sehingga komputer tetap dapat digunakan. Seperti alat-alat elektronik dan otomotif, komputer juga memerlukan apa yang namanya services atau  maintenences.

Namun, sebelum itu kita harus mengetahui apa yang namanya komponen atau bagian-bagian Komputer agar kita tidak salah waktu membongkar dan memasang komponen PC. Salah satu bagian komponen PC yang cukup penting adalah Motherboard. Lalu apa itu Motherboard dan apa saja komponen yang terdapat pada Motherboard. Berikut penjelasannya!

Apa Itu Motherboard dan Fungsinya?

Pengertian Motherboard adalah papan untuk memasang komponen-kompinen komputer, seperti Prosessor, RAM, video card, sound card, harddsik, dan lain-lain. Fungsi Motherboard adalah untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer agar terhubung dan dapat difungsikan. Pada Motherboard terdapat beberapa macam komponen penting yang saling terintegrasi. Berikut komponen atau bagian-bagian penting dari Motherboard.


Komponen-Komponen Motherboard

Komponen-komponen Motherboard secara umum tersusun dari bagian berikut:

1. Slot Memory
Slot memory digunakan untuk meletakkan memory (RAM). Pada umumnya Motherboard memiliki dua tipe slot, yaitu SIMM dan  DIMM.

2. Chip BIOS
Chip BIOS adalah chip yang mengandung program BIOS. Pada chip BIOS dipasang stiker yang berfungsi untuk menyalakan merek BIOS, contohnya AMI BIOS atau WARD BIOS.

3. Chipset
Chipset adalah komponen lain pada Motherboard yang berfungsi untuk mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada Motherboard.

4. Socket
Socket adalah tempat untuk memasang atau meletakkan prosessor pada Motherboard.

5. Konektor IDE
Konektor IDE berfungsi untuk menghubungkan Motherboard dengan Harddisk atau CD-ROM. Pada umumnya setiap Motherboard memiliki dua jenis IDE, yaitu PRIMARY IDE dan SECONDERY ID.

6. Konektor Paralel
Konektor paralel adalah konektor yang dapat digunakan bersama oleh perangkat komputer. Contoh: konektor paralel seperti yang digunakan untuk printer dan juga modem.

7. Konektor Floppy Disk Drive (FDD)
Konektor Floppy Disk Drive (FDD), berfungsi menghubungkan motherboard dengan FDD. Konektor ini mirip dengan konektor IDE, hanya saja konektor FDD yang memiliki 34 PIN.

8. Konektor Power
Konektor power adalah bagian yang menghubungkan antara Motherboard dengan power supply komputer. Ada dua jenis Motherboard yang hanya memiliki satu konektor power, yaitu terdiri 12 PIN yang namanya POWER AT. Ada pula jenis Motherboard lain yang memiliki dua konektor power ATX yang terdiri dari 20 PIN.

9. Konektor Serial
Konektor serial adalah konektor pada Motherboard yang terdiri dari 10 PIN. Pada umumnya Motherboard memiliki dua konektor serial, yaitu 1 (com 1) dan serial 2 (com 2). Konektor yang satu digunakan untuk mouse dan konektor yang kedua digunakan untuk keyboard.

10. Keyboard Port
Keyboard port berfungsi untuk menghubungkan Motherboard dengan keyboard. Motherboard ini biasanya memiliki satu di antara dua jenis keyboard port, yaitu serial dan PS/2.

11. Slot Card PCI
Slot card PCI adalah slot pada Motherboard yang digunakan untuk memasang card tambahan, seperti VGA card dan soundcard berjenis PCI.

12. Slot AGP
Slot AGP digunakan untuk card AGP dengan knerja paling cepat.

13 Baterai
Baterai berfungsi menjalankan RCT (Real Time Clock). juga menjaga isi C-MOS.

14. PS/2
PS/2 digunakan untuk mouse dan keyboard berjenis PCI.

15. Post USB
Post USB adalah port yang menawarkan cara yang lebih baik untuk menghubungkan perangkat USB, di mana perangkat yang digunakan port ini mampu berkomunikasi lebih cepat dan me-restart komputer/PC.

16. Jumper
Jumper adalah bagian yang berfungsi mengaktifkan dan menonaktifkan peralatan tertentu.

Nah, itulah 16 komponen atau bagian bagian dari Motherboard beserta sedikit penjelasan dan juga fungsi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai informasi Teknik Komputer dan Jaringan dan Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "16 Komponen-Komponen Motherboard dan Fungsinya"

Post a Comment