Fungsi Mitokondria Pada Sel Tumbuhan dan Hewan

Sel merupakan bagian unit terkecil dalam susunan tubuh makhluk hidup. Sel dikatakan sebagai organisme terkecil yang dimiliki makhluk hidup baik bagi hewan maupun tumbuhan. Pada dasarnya sel tersusun atas beberapa macam, mulai dari tersusun atas nukleus, mitokondria, membran sel, dan protoplasma yang masih terdiri dari cairan sel (sitoplasma) dan masih banyak lagi. Organel tersebut masih memiliki fungsi yang spesifik. Nah, kali ini kita akan bahasa mengenai organel sel mitokondria.

Apa itu Mitokondria

Mitokondria adalah sel tunggal yang memiliki fungsi utama sebagai tempat terjadinya respirasi pada makhluk hidup, baik itu pada manusia, hewan dan tumbuhan. Contohnya sebagai tempat proses metabolisme kalsium, protein, dan asam lemak.


Mitokondria berperan penting dalam kematian sel tertentu di dalam tubuh makhluk hidup. Misalnya ketika terjadi proses sel yang tidak normal atau berpenyakit, maka Mitokondria akan menyeleksi organisme sel yang tidak normal tersebut agar tidak berkembang lebih jauh di dalam tubuh makhluk hidup. Mitokondria perannya cukup penting dalam makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuhan.

Fungsi Mitokondria

Mitokondria memiliki fungsi utama sebagai tempat penghasil energi melalui proses respirasi. Mitokondria memiliki bentuk bulat lonjong seperti sosis. Mitokondria sendiri terdiri dari dua macam membran berdasarkan pengamatan menggunakan mikroskop, yaitu membran luar dan membran dalam. Di antara keduanya terdapat sebuah celah sempit yang dinamakan dengan intermembran space. Membran dalam (krista) memiliki bentuk yang berbelit-belit seperti labirin yang berguna untuk memperluas penyerapan oksigen.

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan
Fungsi mitokondria pada sel hewan adalah sebagai beirkut.
  1. Untuk menghasilkan energi. Makanan yang kita konsumsi akan dipecah dalam bentuk molekul yang sederhana seperti karbohidrat, lemak, dan sebagainya. Hal tersebut akan dikirim ke mitokondria di mana mereka akan memproses menjadi lebih lanjut untuk dapat menghasilkan molekul bermuatan yang akan bergabung dengan oksigen serta akan menghasilkan molekul ATP. Seluruh proses tersebut dikenal dengan fosforilasi oksidatif.
  2. Mitokondria memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga konsentrasi ion kalsium yang tepat dan cukup dalam berbagai kompartemen sel. Mitokondria dapat membantu sel-sel untuk mencapai tujuan tersebut dengan melayani sebagai sebuah tangki penyimpanan yang dapat menyimpan ion kalsium.
  3. Mitokondria juga berperan dalam membangun bagian-bagian tertentu dari darah serta hormon seperti testosteron dan estrogen.
  4. Mitokondria yang terdapat dalam sel-sel hati mempunyai enzim yang dapat mendetoksifikasi amonia.
  5. Mitokondria berperan dalam proses kematian sel terprogram, yaitu sel yang tidak diinginkan serta jumlah yang terlalu banyak sehingga akan dipangkas selama perkembangan organisme. Proses tersebut disebut apoptosis. Kematian sel yang abnormal dikarenakan disfungsi mitokondria akan berdampak dalam mempengaruhi fungsi organ.

Fungsi Mitokondria Pada Sel tumbuhan
Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan adalah sebagai tempat merubah oksigen dan zat gula menjadi karbondioksida dan energi melalu proses yang dinamakan respirasi selular. Dikarena fungsinya tersebut Mitokondria dijuluki sebagai gudang penghasil energi pada sel tumbuhan.

Nah, itulah fungsi Mitokondria pada makhluk hidup terutama pada sel tumbuhan dan hewan. Secara keseluruhan fungsinya mungkin sama. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai informasi materi seputar Biologi dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Fungsi Mitokondria Pada Sel Tumbuhan dan Hewan"

Post a Comment