Manfaat Hidup Rukun (Sekolah, Keluarga dan Masyarakat)

Kerukunan adalah keadaan dimana manusia saling tolong menolong, saling menghormati, memiliki toleransi, tidak bermusuhan, menjaga ketertiban dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Agar kerukunan dapat terlaksana maka sebaiknya setiap elemen masyarakat mampu menjaga perilaku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, di keluarga, dan di sekolah.


Karena manusia termasuk ke dalam kategori makhluk sosial, maka tidak lepas dengan apa yang namanya berhubungan dengan orang lain. Jadi manusia tidak dapat hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain. Oleh karena itulah, agar tidak terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya dicegah dengan cara hidup rukun.

Dengan melakukan kerukunan dalam bermasyarakat, berkeluarga, ataupun disekolah bisa menciptakan berbagai hal yang bersifat positif tanpa adanya masalah ataupun permusuhan. Berikut manfaat dari hidup rukun baik di sekolah, keluarga, dan bermasyarakat.

Manfaat Hidup Rukun di Sekolah

Sekolah adalah lembaga untuk para Siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berikut manfaat jika menerapkan kerukunan di Sekolah:
  1. Memiliki banyak teman kelas
  2. Mudah mendapatkan bantuan
  3. Dipercaya banyak teman
  4. Disukai Ibu/Bapak Guru
  5. Menjadi penengah jika ada perselisihan antar teman

Manfaat Hidup Rukun di Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Berikut manfaat jika menerapkan kerukunan di keluarga:
  1. Dihargai anggota keluarga
  2. Mudah memecahkan masalah yang terjadi di keluarga
  3. Terjalinnya kebiasaan baik, sehingga keluaga menjadi harmonis
  4. Mendapatkan dukungan dan masukkan terhadap sesuatu hal yang akan dilakukan
  5. Menunbuhkan suasana yang nyaman, tenang, serta aman dalam keluarga

Manfaat Hidup Rukun di Keluarga

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup, di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Berikut manfaat jika menerapkan hidup rukun di masyarakat:
  1. Lingkungan menjadi aman dan tenteram
  2. Tali persatuan dan kesatuan terpupuk dengan baik
  3. Dihargai dan dihormati seluruh warga
  4. Terbinanya solidaritas antar warga dan gotong royong
  5. Tidak akan terjadi perpecahan dalam perbedaan agama

Nah, itulah manfaat dari hidup rukun baik dikeluarga, sekolah, maupun masyarakat. Demikian artikel singkat yang dapat saya bagikan mengenai manfaat hidup rukun, dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Manfaat Hidup Rukun (Sekolah, Keluarga dan Masyarakat)"

Post a Comment