Tujuan Negoisasi Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, istilah negosiasi bukanlah hal yang baru. Negosiasi digunakan untuk menjembatani dua kepentingan yang berbeda, misalnya antara penjual dan pembeli atau antara produsen dan konsumen. Oleh karena itu, agar terjadi suatu kesepakatan diantara kedua belah pihak, diperlukan negosiasi.

Sementara itu, orang yang sering melakukan negosiasi disebut sebagai seorang negosiator. Dalam setiap proses negosiasi, selalu ada dua belah pihak yang berlawanan atau berbeda sudut pandangnya. Agar dapat menemukan titik temu atau kesepakatan, kedua belah pihak perlu bernegosiasi.

Menurut Hartman, pengertian negosiasi dapat berbeda-beda tergantung dari sudut pandang siapa yang terlibat dalam suatu negosiasi. Dalam hal ini, ada dua pihak yang berkepentingan dalam bernegosiasi yaitu pembeli dan penjual.

Lebih jelasnya bahwa negosiasi merupakan suatu proses komunikasi antara dua pihak, yang masing-masing mempunyai tujuan dan sudut pandang mereka sendiri, yang berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak mengenai masalah yang sama.


Salah satu tujuan orang bernegosiasi adalah menemukan suatu keputusan atau kesepakatan kedua belah pihak secara adil  dan dapat memenuhi harapan atau keinginan kedua belah pihak tersebut.

Tujuan Negoisasi

Berikut tujuan utama dari negosiasi:
  1. Berunding bersama untuk mencapai kesepakatan antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dengan pihak lainnya (kelompok atau organisasi) untuk melakukan proses tawar-menawar yang akan disetujui kedua pihak.
  2. Untuk mengatasi dan menyesuaikan perbedaan.
  3. Untuk memperoleh hasil sesuatu dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksanakan).
  4. Untuk menyelesaikan sengketa dan perselisihan pendapat.
  5. Untuk Mencapau kesepakatan akhir yang dapat diterima kedua belah pihak dalam melakukan perundinngan atau transaksi.

Nah, itulah 5 tujuan utama dari negoisasi yang biasa dilakukan oleh perusahaan, organisasi atau kelompok. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai informasi materi pelajaran dan semoga bermanfaat.


Share this :

0 Response to "Tujuan Negoisasi Dalam Dunia Bisnis"

Post a Comment