10 Hak Anak di Rumah Yang Berhak Untuk Didapatkan

Hak anak di rumah - Anak adalah seorang yang dilahirkan dari perkawinan anatar seorang perempuan dengan seorang laki-laki dengan tidak menyangkut bahwa seseorang yang dilahirkan oleh wanita meskipun tidak pernah melakukan pernikahan tetap dikatakan anak

Anak juga merupakan cikal bakal lahirnya suatu generasi baru yang merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber daya manusia bagi pembangunan Nasional.Anak adalah asset bangsa. Masa depan bangsa dan Negara dimasa yang akan datang berada ditangan anak sekarang. Semakin baik keperibadian anak sekarang maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Begitu pula sebaliknya, Apabila keperibadian anak tersebut buruk maka akan bobrok pula kehidupan bangsa yang akan datang.


Selain memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orang tua, anak juga memiliki apa yang namanya Hak Asasi Manusia ketika ia lahir ke dunia. Dan hak ini berhak di dapatkan oleh seorang anak kepada kedua orang tuanya ataupun anggota keluarga lain. Lalu apa saja hak anak ketika di rumah, berikut 10 hak anak dalam keluarga yang berhak untuk didapatkan.

1. Hak mendapat kasih sayang dari semua anggota kelurga

Kasih sayang atau dikenal juga sebagai secara harfiah adalah semacam status kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal. Istilah ini dalam bahasa Inggris sering digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua orang yang lebih dari sekadar rasa simpati atau persahabatan. Oleh karena itulah anak mempunyai hak dari lahir untuk mendapatkan kasih saya dari kedua orang tuanya, saudara, dan semua anggota keluarga.

2. Hak untuk mendapat perlindungan.

Perlindungan hukum adalah memberikan pengayoman kepada hak asasi manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan tersebut diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum atau dengan kata lain perlindungan hukum. Perlindungan tidak hanya diperoleh dari aparat hukum saja, di dalam keluarga khususnya anak berhak mendapat pelindungan dari orang tua, terutama dari bapak/ayah.

3. Hak untuk diberi kebebebasan atas aktivitas

Kebebasan secara umum dimasukan dalam konsep dari filosofi politik dan mengenali kondisi di mana individu memiliki kemampuan untuk bertindak sesuai dengan keinginannya. Dalam keluarga, anak juga memiliki kebebasan dalam beraktivitas sesuai dengan keinginannya.

4. Hak untuk sekolah

Sekolah adalah lembaga untuk para siswa pengajaran siswa/murid di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa mengalami kemajuan melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itulah, anak berhak untuk meminta kepada orang tuanya untuk dapat bersekolah dan menerima pembelajaran.

5. Hak untuk dibimbing dalam kebaikan

Sifat manusia yang dianggap baik menurut sistem norma dan pandangan umum yang berlaku adalah kebaikan. Jadi, orang tua wajib membimbing anaknya untuk menerima pengajaran yang baik, dan anak berhak bahkan wajib untuk mendapatkan pengajaran tersebut.

6. Hak untuk menentukan hidup ketika sudah dewasa

Setiap manusia memiliki apa yang namanya Hak Asasi Manusia ketika ia pertama kali lahir di dunia. Walaupun saat masih kecil harus dibimbing ke jalan yang benar, namun setelah dewasa setiap anak berhak menentukan tujuan hidup saat dewasa. Karena jika sudah dewasa, manusia pada umumnya sudah membedakan mana yang benar dan yang salah.

7. Hak mendapat pembelaan

Pembelaan adalah suatu usaha untuk mengurangi bahkan meniadakan suatu hukuman. Jadi jika anak memiliki sebuah masalah, dan dianggap benar atau tidak salah, Anak tersebut berhak mendapatkan pembelaan dari orang tua.

8. Hak untuk mendapat penghidupan yang layak

Dalam berkeluarga, anak berhak mendapat banyak perhatian dari orang tua terutama dalam hal kelayakan hidup. Walaupun memiliki standar hidup agak jauh dari standart, biasanya orang tua lebih mementingkan mengenai kebahagiaan anaknya. Dan sebenarnya anak berhak untuk mendapatkan hal tersebut.

9. Hak untuk bermain dan bereksplorasi dunianya

Sebagai orang tua sebaliknya tidak mengurung anaknya dan membiarkan anak tersebut untuk bermain dan mengeksplorasi dunianya sendiri. Karena hal tersebut bisa menjadi bagian terpenting dari tumbuh kembang anak, dan anak berhak mendapatkan hak tersebut.

10. Hak untuk mendapat makan dan minum

Hal terpenting yang paling dibutuhkan oleh manusia adalah makan dan menum. Oleh karena itulah jika anak meminta makan dan minum, itu adalah haknya sebagai manusia terutama anak.

Nah. itulah 10 hak anak dirumah, terutama dalam lingkungan keluarga. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai hak-hak anak di rumah, dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "10 Hak Anak di Rumah Yang Berhak Untuk Didapatkan"

Post a Comment