4 Sifat Mustahil Bagi Rasul dan Nabi Beserta Artinya

Sifat Mustahil Bagi Rasul - Islam merupakan ajaran yang diberikan kepada manusia untuk dijadikan dasar pedoman hidup di dunia yang merupakan nilai-nilai dasar yang diturunkan Allah SWT untuk seluruh manusia. Ajaran ini diturunkan untuk dilaksanakan di tengah-tengah kehidupan masyarakat agar umat Islam memiliki kualitas hidup sebagai manusia, makhluk yang memiliki derajat mulia. Islam merupakan agama yang terbaik dan mendapatkan tempat di sisi Allah.

Dalam Islam, suri teladan yang paling sempurna terdapat pada diri Nabi Muhammad saw, seorang yang mempunyai sifat-sifat yang selalu terjaga dan dijaga oleh Allah. Sifat-sifat yang ada pada diri Nabi Muhammad saw. juga terdapat pada diri Rasul-rasul lain sebagai penyeru umat. Sifat yang dimaksud dikenal dengan sebutan sifat wajib Rasul.

Kepribadian yang sempurna yang dimiliki oleh Nabi Muhammad saw. sebagai Rasul Allah, sebagai kepribadian yang terpuji dan sempurna, terkenal dengan sebutan sifat-sifat wajib bagi Rasul Allah, yang meliputi shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Dalam sejarah tercatat bahwa sosok Nabi Muhammad saw.


Sifat wahib rosul merupakan pencerminan karakter Nabi Muhammad saw. dan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin umat. Selain itu, berikut ada sifat yang mustahil ada pada Nabi dan Rasul.

Kidzib

Sifat ini artinya dusta atau bohong, hal yang sangat tidak mungkin yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul. Mereka terjaga dari sifat tersebut. Kidzib (bohong) adalah menyatakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan atau menyatakan sesuatu berlainan dengan sebenarnya.

Bohong sering disebut juga dusta, Imam nawawi rohimullah ta'ala mengatakan "ketahuilah olehmu, bahwa dusta menurut mahdzab ahllu sunnah ialah memberitahukan tentang sesuatu yang berlawanan dengan yang sebenarnya baik disengaja maupun karna ketidaktahuan. Akan tetapi dusta karna ketidaktahuan tidaklah berdosa, sedangkan dusta karna berdusta adalah dosa".

Hukum berbohong, Imam Nawawi Rahimahulloh mengatakan, "Nash-nash baik dari al-qur'an maupun sunnah telah menjelaskan haramnya berbohong. Berbohong merupakan dosa paling jahat dan aib paling buruk. Kesepakatan ulama telah tercapai dalam pengharaman berbohong berdasarkan nash-nash yang jelas."

Berdusta sangat dilarang dalam Islam, hal tersebut adalah terlarang. Rosul telah melarang kita untuk berbohong, walaupun untuk sekedar bercanda. Namun ada riwayat yang menerangakan bahwa berbohong itu diperbolehkan. Seperti yang telah diriwayatkan dari ummu kultsum dalam Shahih Muslim, ia mengatakan "saya tidak pernah mendengar Nabi SAW mengecualikan suatu dari perkataan manusia selain dalam 3 hal, yaitu perang, perdamaian diantara manusia, perkataan istri kepada suaminya dan perkataan suami kepada istrinya"

Khianat

Sifat ini artinya tidak dapat dipercaya, Nabi dan Rasul adalah laki-laki yang dipilih oleh Allah untuk menyampaikan atau menyebarkan agama Allah SWT kepada umat manusia. Sangat tidak mungkin apabila mereka mempunyai sifat yang khianat.

Khianat adalah lawan dari amanah. Khianat bisa diartikan sebagai suatu perbuatan yang tidak melaksanakan atau menjaga apa yang diamanahkan dan menjadi kewajibannya kepada Alloh   dan Rosul-Nya,, begitu juga orang lain atasnya. Khianat adalah salah satu sifat dari orang munafik sebagaimana dijelaskan Nabi   dalam sabdanya:
"Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga; apabila berbicara berbohong, dan apabila berjanji mengingkari, dan apabila di percaya ia berkhianat." (HR. Muslim)
Tidak ada dalam hati seorang mukmin yang sejati sifat ini. Bahkan, dalam al-Qur’an Alloh  menggambarkan sifat seorang mukmin sejati yang mendapatkan keberuntungan adalah yang menepati amanahnya. Alloh  berfirman:
"Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya." (QS. al-Mu’minun [23]: 8)
Tidak didapati dalam kamus orang beriman bahwa ia berkhianat terhadap amanah yang diberikan kepadanya. Terutama amanah dari Alloh   dan Rosul-Nya   untuk menyembah dan beribadah dengan tauhid dan ittiba'. Itulah amanah yang kebanyakan manusia hari ini berkhianat padanya. Begitu juga segala bentuk amanah yang diberikan manusia padanya selama bukan dalam bermaksiat kepada Alloh   dan RosulNya.

Baca juga: Mengapa kita harus beriman kepada nabi dan rasul

Maka seorang mukmin yang bertaqwa senantiasa menjaga amanah tersebut agar tidak berkhianat. Dan karena saking dipercayanya Rosullulloh   dan tak pernah berkhianat sebelum kenabiannya, beliau   mendapatkan gelar “al-Amin” artinya orang yang sangat dipercaya karena tak pernah berkhianat.

Kitman

Sifat ini artinya menyembunyikan, seperti yang dikatakan diatas bahwa Nabi dan Rasul adalah seseorang yang dipilih Allah SWT untuk menyampaikan pesan-pesan Allah kepada umat manusia, sangat tidak mungkin jika mereka mempunyai sifat tersebut. Mustahil rasul bersifat kitman yaitu menyembunyikan wahyu Allah. Mereka tetap menyampaikannya walaupun menghadapi kezaliman dan kekejaman manusia. Para rasul menyampaikan wahyu yang diterima daripada Allah, di mana menyampaikan itu menjadi sifat yang istimewa kepada mereka.

Baladah

Sifat ini artinya bodoh, jika sudah diterangkan bahwa Nabi dan Rasul adalah laki-laki pilihan Allah SWT, maka sangat tidak mungkin Allah memilih pilihan yang bodoh. Mustahil rasul bersifat baladah yaitu bodoh dan lebih mustahil lagi Allah memilih rasul-Nya dari kalangan orang-orang yang tidak sempurna akal dan kebijaksanaannya kerana rasul akan menyampaikan risalah-risalah kepada umat
Islam.

Referensi:
  • https://brainly.co.id/
  • https://makalahnih.blogspot.com/
  • http://makalaahkidzib01.blogspot.com/

Share this :

0 Response to "4 Sifat Mustahil Bagi Rasul dan Nabi Beserta Artinya"

Post a Comment