Apa Yang Dimaksud Dengan Tema? Pengertian Tema

Tema adalah suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal yang akan dibuat, contohnya ketika membuat suatu projek tulisan. Pada sebuah tulisan projek apapun pastinya mempunyai tema, karena tema merupakan ide (gambaran) sebelum membuat suatu projek tulisan. Dan dalam sebuah penulisan apapun, dianjurkan memikirkan tema terlebih dahulu sebelum masuk ke proses penulisan.

Dalam melakukan penulisan apapun, seperti penulisan cerpen, novel, puisi, novel dan berbagai karya tulisan lainnya mengharuskan memiliki sebuah tema. Jika diibaratkan, tema tersebut seperti pondasi rumah pada penulisan. Tema juga menjadi hal yang paling utama dilihat oleh pembaca tulisan. Jika sebuah tema dianggap menarik, tentunya para pembaca tidak akan melewatkan tulisan tersebut.

Dalam karya sastra, tema merupakan gagasan utama (makna) dasar hukum yang menopang sebuah karya sastra. Tema sebagai struktur semantis dan bersifat abstrak yang secara terulang-ulang mucnul lewat motif-motif. dan biasanya dilakukan secara implisit (secara samar-samar).


Penentuan tema sendiri bisa berupa persoalan umum mengenai moral, etika, agama, teknologi, sosial dan budaya, hingga tradiri yang erat kaitannya dengan masalah kehidupan sosial. Selain itu semua, tema juga bisa berupa sudut pandangan pengarang yang berisi ide, dan keinginan si pengarang dalam menyisiasati persoalan kehidupan yang muncul.

Pengertian Tema Menurut Para Ahli

Berikut pengertian tema menurut para ahli di dunia.
  1. Tema merupakan suatu amanat utama yang disampaikan oleh penulis lewat karangan atau pun karya sastranya. (Menurut Keraf)
  2. Pengertian tema adalah ide yang melandasi suatu cerita diperankan, serta sebagai pangkal tolak pengarang dalam aktivitas pemaparan karya fiksi yang dibuatnya. (Menurut Aminuddin)
  3. Tema adalah persoalan yang berhasil menempati tempat utama dalam cerita rekaan dan bukan di dalam pikiran pengarangnya saja. (Menurut Mido)
  4. Tema merupakan makna yang terkandung di dalam sebuah cerita yang ada dalam karya sastra. (Menurut Stanton dan Jenny C)
Nah, itulah penjabaran mengenai pertanyaan "apa yang dimaksud dengan tema?" beserta pengertiannya menurut para ahli. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai pengertian tema secara umum dan menurut para ahli.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tema
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-tema-dan-jenis-jenis-tema/

Share this :

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Tema? Pengertian Tema"

Post a Comment