Bunyi Pasal 26 Ayat 1, 2, dan 3 Beserta Penjelasannya

Dalam Undang-Undang Dasar Negara Indonesia telah diatur berbagai syarat-syarat hukum yang berlaku di Indonesia. Setiap pasal mempunyai bunyi yang berbeda-beda serta mempunyai sub-pasal yang disebut dengan ayat. Ayat dalam pasal biasanya dijabarkand dengan angka, seperti ayat 1, ayat 2, ayat 2 dan seterusnya.  Salah satu diantaranya adalah Pasal 26.

Di dalam Pasal 26 dibahas mengenai berbagai syarat dan ketentuan menjadi warga negara Indonesia. Mulai dari penjelasan mengenai yang berhak menjadi warga negara Indonesia, kependudukan negara Indonesia, dan hal-hal mengenai warga negara dan kependudukan yang telah diatur dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia. Berikut bunyi UUD pasal 26 ayat 1, 2 dan 3.

Bunyi Pasal 26 Ayat 1, 2, dan 3

Berikut bunyi pasal 26 ayat 1, 2, dan 3 yang benar

Pasal 26 ayat 1: Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa indonesia asli dan orang orang bangsa lain yang disahkan dengan undang undang sebagai warga negara.

Pasal 26 ayat 2: Penduduk ialah warga negara indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di indonesia.

Pasal 26 ayat 3: Hal hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang undang.

Pembaruan Hukum Terhadap Pasal 26 Ayat 1 UUD Negara RI Tahun 1945

Ketentuan dalam Pasal 26 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjelaskan bahwa orang-orang bangsa lain untuk bisa memperoleh kewarganegaraan Indonesia harus disahkan dengan UU agar bisa resmi menjadi warga negara Indonesia.


Hal ini menjadi suatu hal yang sulit untuk dilaksanakan saat ini, karena tugas anggota legislatif yang berat dengan jumlah anggota yang sangat terbatas. Selain itu, tidak sedikit jumlah orang asing yang ingin memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

Setelah dihilangkannya penggolongan kependudukan, maka asimiliasi berlangsung dalam penduduk hingga saat ini. Sehingga pembagian warga negara berdasarkan "orang-orang bangsa Indonesia asli" dan "orang-orang bangsa lain" sudah tidak tepat lagi saat ini.

Kemudian yang utama dilakukan penggantian UU Nomor 62 Tahun 1958 yang dasar pembentukannya tidak didasarkan pada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan membentuk UU baru yang mengatung tentang kewarganegaraan R.I Sosiologi Perundang-undangan dan pemanfaatannya.

Penjelasan Pasal 26 Ayat 1, 2, dan 3

Pasal 26 Ayat 1: Menjelaskan bahwa yang berhak menjadi warga negara Indonesia secara resmi adalah orang-orang bangsa Indonesia (asli) sendiri dan bangsa orang asing yang telah disahkan sebagai warga negara Indonesia oleh Undang-Undang dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Pasal 26 Ayat 2: Menjelaskan bahwa penduduk Indonesia yang resmi adalah yang berasal dari warga negara Indonesia (asli) sendiri dan orang-orang bangsa asing yang mendiami Indonesia yang terlebih dahulu sudah di sensus atau sudah di data kependudukannya.

Pasal 26 Ayat 3: Menjelaskan bahwa smua hal yang berhubungan dengan kewarganegaraan Indonesia dan kependudukan Indonesia sudah diatur oleh Undang-Undang di Indonesia. Seorang yang sudah resmi menjadi warga negara Indonesia harus mematuhi syarat-syarat (hukum) yang berlaku di Indonesia dan juga hukum umum Interanasional.

Nah, itulah bunyi Undang-Undang Dasar 1945P Pasal 26 ayat 1, 2 dan 3 beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai bunyi Undang-Undang Dasar dan semoga beramanfaat.

Share this :

0 Response to "Bunyi Pasal 26 Ayat 1, 2, dan 3 Beserta Penjelasannya"

Post a Comment