7 Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Benua Amerika adalah salah satu benua di dunia (bumi) yang letaknya merujuk di wilayah daratan antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Benua Amerika sendiri merupakan benua terbesar ke-2 di dunia setelah Banua Asia diperingkat pertama. Luas wilayah dari Benua Amerika secara keseluruhan sekitar ± 42.292.000 Km² dan dibagi ke dalam tiga sub-benua yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Secara astronomis, letak Benua Amerika terletak di antara 72° LU - 59° LS dan 36° BB - 163° BB. Sedangkan secara geografis, letak Benua Amerika di sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering, di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, di sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan. Nama Amerika sendiri diambil dari nama orang pertama yang pernah menjelajahi benua ini yaitu "Amerigo Vespucci." yang berasal dari Eropa.


Benua Amerika sendiri identik dengan sungai-sungai panjang di dalamnya, salah satunya adalah Sungai Amazon yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Benua Amerika dan terpanjang ke-2 di Dunia setelah Sungai Nil di peringkat pertama. Berikut ini daftar sungai terpanjang di Benua Amerika.

1. Sungai Amazon (6.515 km)

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang ke-2 di dunia dan nomor satu di Benua Amerika yang terletak di Amerika Selatan. Sungai amazon mengalir ke hilir Samudera Atlantik dan mengalir beberapa negara di benua Amerika. Sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan menghasilkan tidak lebih dari 6.400 km. Panjang dari sungai amazone adalah : 6.400 – 6.992 Km atau 3.976 – 4.345 Mil. Area Drainase : 7.050.000 Km2. Sungai amazone mempunyai Volume Rata-rata: 209.000 m3/detik. Sungai Amazone bermuara di Laut Atlantik.

Sungai Amazon memiliki cekungan drainase terbesar di dunia, sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2,720,000 mil persegi), menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total dunia. Amazon memiliki lebar antara 1,6 dan 10 kilometer (1,0 dan 6,2 mil) pada tahap rendah tetapi memperluas selama musim hujan sampai 48 kilometer (30 mil) atau lebih. Sungai memasuki Samudra Atlantik di sebuah muara yang luas dengan lebar sekitar 240 kilometer (150 mil). Mulut utama sungai adalah 80 kilometer (50 mil). Karena dimensi yang luas, kadang-kadang disebut Laut Sungai.

2. Sungai Paraná (4.880 km)

Sungai Parana adalah sungai terpanjang ke-2 di Benua Amerika dengan panjang keseluruhan 4.880 km. Sungai Parana mengalir melalui beberapa negara di benu Amerika seperti Brazil, Paraguay, dan juga Argentina. Sungai ini terbentuk pada muara sungai Paranaiba dan Grande yang letaknya di Brazil selatan. Dari muara, sungai Parana mengalir sepanjang 619 km ke arah barat daya sebelum memasuki negara Paraguay. Selanjutnya, sungai Parana mengalir ke selatan dan membentuk batas antara dua negara yaitu Paraguay dan Brasil hingga muara dengan sungai Iguazu.

Setelah bergabung dengan Iguazu, Parana lalu menjadi batas antara dua negara lainnya yaitu Paraguay dan Argentina. Sungai Parana kemudian terus mengalir ke selatan sebelum berputar ke barat yang akhirnya bertemu dengan sungai Paraguay. Dari pertemuan dengan sungai Paraguay, Parana lalu mengalir ke selatan melalui Argentina. Sungai Parana terus pengalir hingga bergabung dengan sungai Uruguay.

3. Sungai Mississippi (3.778 km)

Sungai Mississippi merupakan sungai terpanjang ke-3 di Benua Amerika. Sungai tersebut memiliki panjang sekitar 3,734 km dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada teluk Meksiko. Nama Mississippi berasal dari bahasa penduduk asli benua Amerika yang memiliki arti "bapak air".

Mata air Mississippi terletak di negara bagian Minnesota, dekat dengan perbatasan Kanada. Mississippi sendiri mengalir dari selatan melintasi tengah negara Amerika Serikat yang kemudian mengalir melewati beberapa negara bagian seperti Wisconsin, Lowa, Missouri, Tennessee dan juga Mississippi. Sedangkan muara sungai Mississippi terletak di negara bagian Louisiana, seletan kota New Orleans dan juga di Teluk Meksiko.

4. Sungai Missouri (3.767 km)

Sungai Missouri adalah sungai terpanjang ke-4 di Benua Amerika dengan panjang keseluruhan sekitar 3.767 km, dan merupakan anak sungai dari Mississippi. Sungai Missouri mengalir melalui daratan besar yang merupakan salah satu bagian tanah terkering di wilayah Amerika Utara. Sungai Missouri memiliki hulu di Pegunungan Rocky, di negara bagian wilayah Montana.

Sungai Missouri sendiri mengalir ke arah timur melintasi negara bagian Montana, dan ke selatan perbatasan dengan Kanada. Kemudian Memasuki negara bagian North Dakota dan kemudian berbelok ke selatan, selanjutnya mengalir melalui Iowa, Nebraska, Missouri, dan Kansas. Dekat Kansas City, Missouri, sungai Missouri belok ke timur ke negara bagian Missouri lalu mengalir ke arah timur melintasi negara bagian Missouri dan akhirnya bergabung dengan Sungai Mississippi tepat di utara kota St. Louis, Missouri.

5. Sungai Madeira River (3.380 km)

Sungai Madeira adalah sungai terpanjang ke-5 di Benua Amerika dan menjadi jalur air utama di bagian Benua Amerika Selatan yaitu memiliki panajang sekitar 3,380 km. Sungai Madeira sendiri merupakan anak sungai dari sungai terbesar pertama di Benua Amerika yaitu Sungai Amazon, terhitung sekitar 15% dari air di cekungan.

Endapan dari Sungai Maeira setiap tahun memiliki rata-rata di cekungan sebesar 75 hingga 300 sentimeter (2,46-9,84 kaki), seluruh bagian cekungan Madeira menerima 170,5 sentimeter (5,59 kaki). Sedangkan pada saat Curah hujan yang ekstrem paling besar antara 49 hingga 700 sentimeter (1,61–22,97 kaki).

6. Sungai Yukon (3.190 km)

Sungai Yukon adalah sungai terpanjang ke-6 di Benua Amerika dan menjadi sungai utama di barat laut Amerika Utara dengan panjang keseluruhan sekitar 3.190 km. Sumber sungai Yakon terletak di British Columbia, Kanada. Oleh karena itu kenapa sungai ini diberi nama dengan sungai Yakon.

Sungai Yukon memiliki hilir sungai yang terletak di negara bagian AS Alaska dan bermuara di Laut Bering di Delta Yukon-Kuskokwim. Aliran rata-rata dari Sungai Yukon ini adalah sekitar 6.430 m³/s. Total daerah aliran sungainya Yukan adalah 832.700 km² (321.500 mi²), dan 323.800 km² (126.300 mi²) yang terletak di Kanada. Sebagai perbandingan, luas totalnya lebih dari 25% lebih besar dari Texas atau Alberta.

7. Sungai Juruá River (3.190 km)

Sungai Jurua adalah sungai terpanjang ke-7 di Benua Amerika Serikat dengan panjang sekitar 3.190 km yang letaknya di selatan Sungai Amazon dan dibarat Sungai Purus. Sunai Jurua sendiri memiliki karakteristik seperti sungai Purus seperti pada bagian kelengkungannya dan berada di hutan yang sama dengan Sungai Amazon.

Sungai Jurua sebagian besar melalui hutan ecoregion Purus várzea. Sungai Jurua juga merupakan anak sungai dari sungai terpanjang di Benua Asia yaitu Sungai Amazon dan berada di Cagar Ekstraktif Médio Juruá dengan luas 251.577 hektar (621.660 hektar) yang dibuat pada tahun 1997

Nah, itulah 7 sungai terpanjang di Benua Amerika yang dapat saya bagikan untuk Anda, semoga informasi tersebut bisa membantu kehausan Anda terhadap informasi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Benua_Amerika

Share this :

0 Response to "7 Sungai Terpanjang di Benua Amerika"

Post a Comment