Barakallahu Fiik Artinya dan Balasannya

Dalam aktivitas setiap hari taatkala kita mendengar kata yang asing ditelinga kita yang biasanya kosa katanya tersebut menggunakan bahasa Arab. Karena kita tinggal di Indonesia yang mayoritas beragama Islam tentunya sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab sering kita dengar. Apalagi ketika atau saat kita mendengarkan suatu ceramah agama, pastinya akan mendengar istilah yang cukup asing.

Tidak cuman saat kita berada di tempat yang menyiarkan kegamaan, banyak juga istilah yang diambil dari bahasa Arab yang beredar secara online seperti media sosial, whatsapp, dan aplikasi sosial lainnya. Salah satu diantaranya adalah kata "Barakallah" yang cukup sering kita temua dan dengar. Kata tersebut biasanya masih memiliki kepanjangan, seperti Barakallahu fiik atau Barakallahu fiikum.

Apa arti Barakallah?

Barakallah (بارك الله) merupakan kalimat dalam Bahasa Arab yang terdiri dari dua suku kata, yaitu "baaraka (بارك)" dan "Allah (الله)". Kata "baaraka" yang berarti berkah, sedangkan kata "Allah" tetaplah Allah. Apabila kedua kata tersebut digabungan maka akan membentuk makna "Semoga Allah Memberkahi".

Kata barakallah mungkin kurang familiar di telinga Anda, tapi kata tersebut cukup familiar jika Anda kenal orang yang taat beragaman, seperti kelompok organisasi muda Islam, ormas Islam, atau grup/organisasi keagamaan lainnya. Kata Barakallah biasanya sering diucapkan oleh orang muslim kepada orang lain ketika ada suatu hal seperti saat ulang tahun, saat pernikahan, ketika ada orang yang muallaf, ketika mendengar kabar ada yang melahirkan dan orang yang mendapatkan kesuksesan dan keberhasilan.

Apa Arti Barakallahu Fiik?

Kalimat Barakallah pada dasarnya memiliki kepanjangan yaitu salah satunya adalah "Barakallahu Fiik" yang memiliki arti semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu. Pengucapan kata yang memiliki makna do'a "Baarakallah" biasanya akan diiringi dengan tambahan "fiika (فيك)" yang mempunyai arti kepadamu (untuk laki-laki), "fiiki (فيك)", yang memiliki arti kepadamu (untuk perempuan) dan "fiikum (فيكم)", yang memiliki arti kepada kalian (banyak orang).

Balasan orang yang mengucap Barakallahu Fiik :
Apabila ada seseorang yang telah mengucapkan doa "Barakallahu fiikum atau Barakallahu fiika" kepada kita, maka kita menjawabnya "Wafiika barakallah" (Semoga Allah juga melimpahkan berkah kepadamu) (lihat Ibnu Sunni hal. 138, no. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim, hal. 304. Tahqiq Muhammad Uyun)

Ungkapan Barakallah ini merupakan ucapan yang biasanya diupcapkan oleh para Sahabat Nabi Muhammad Saw, sebagaimana yang ambil dari perkataan Ibunda 'Aisyah ra riwayat Imam An-Nasa’i yang berbunyi:

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa pengucapakan Barakallah harus ditambahkan dengan "laka" bagi laki-laki, "laki" bagi perempuan dan "lakum" bagi banyak orang seperti yang pernah diucapkan oleh Rasulullah Saw. ketika mendoakan pengantin.

Share this :

0 Response to "Barakallahu Fiik Artinya dan Balasannya"

Post a Comment