Barakallahu Fiikum Artinya dan Penjelasannya

Bagi seorang muslim, pasti tidak lepas dengan apa yang namanya istilah dalam bahasa Arab yang di dalamnya tersimpan makna yang bagus dan juga do'a. Kata atau kalimat dalam bahasa Arab sering kita temui di berbagai media seperti di media sosial seperti facebook, instagram, tumblr, serta juga dari media pesan online seperti whatsApp, mesengger, dan lain sebagainya.

Tdaik cuman kita temui di media online, kalimat berbagasa Arab juga sering digunakan oleh beberapa orang dalam suatu komunitas, seperti organisasi muda Islam, ormas Islam, dan organisasi yang menerapkan syariat islam di dalamnya. Salah satu kalimat yang sering di ucapkan oleh beberapa orang adalah Barakallahu Fiikum. Buat Anda yang tidak mengetahui apa arti dari kalimat yang diambil dari bahasa Arab tersebut, beirkut penjelasannya.


Barakallahu Fiikum Artinya apa?

Kalimat Barakallah atau dalam Bahasa Arab (بارك الله) adalah sebuah kalimat dalam Bahasa Arab yang terdiri dari dua suku kata, yaitu "baaraka (بارك)" dan "Allahu (الله)". Kata "baaraka" sendiri memiliki arti berkah, sedangkan kata "Allahu" tetaplah Allah. Apabila kedua kata tersebut digabungan maka akan membentuk makna "Semoga Allah Memberkahi". Biasanya kata Barakallahu ditambagi dengan kata "Fiikum (فيكم)", Fiikum disini memiliki arti arti kepada kalian (banyak orang).

Jadi, Barakallahu Fiikum artinya Semoga Allah Memberkahi Kepada Kalian. Selain itu kata Fiikum dalam Barakallahu bisa diganti dengan  "fiika (فيك)" yang mempunyai arti kepadamu (untuk laki-laki), dan "fiiki (فيك)", yang memiliki arti kepadamu (untuk perempuan).

Ucapan ini didasarkan atsar dari Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam. Kemudian Beliau mengatakan, “Bagi dualah domba tersebut”. Suatu kebiasaan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan?” Pelayanannya menjawab, “Barakallah Fikum artinya semoga Allah memberkahi kalian”. ‘Aisyah mengatakan, “Wa Fihim Barakallah artinya semoga Allah memberkahi kalian, kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah seekor domba).” (HR. An Nasa’i dalam ‘Amalul Yaumi wal Lailah no. 303)

Ketika ada orang yang mengucapkan “barakallahu fiik” (emoga Allah memberkahimu), maka menjawabnya dengan “wa fiika barakallah” (semoga Allah juga memberkahimu). (Ibnu Sunni, hal. 138, no. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim, hal. 304. Tahqiq Muhammad Uyun. Lihat juga dalam Hisnul Muslim).

Share this :

0 Response to "Barakallahu Fiikum Artinya dan Penjelasannya"

Post a Comment