Gambar Pancasila dan Lambangnya Beserta Arti dan Makna

Sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus menyakini sepenuh hati bahwa Ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Di dalam Pancasila banyak nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia yang bisa kita ambil makna dan hikmahnya. Nama Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata yaitu "Panca" yang berarti "Lima", dan "Sila yang berarti "Dasar".

Secara harfiah Pancasila berarti lima dasar, karena jumlah isi dari Pancasila berupa berjumlah 5 yang disimbolkan dengan berbagai benda dan juga makhluk hidup. Pancasila digambarkan dengan sebuah tameng yang berada di dada burung garuda (lambang Indonesia), yang didalamnya terdapat bintang dibagian tengah-tengah, pohon beringin, banteng, rantai, dan padi-kapas.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sendiri sebenarnya di ambil dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bisa dilihat dari gagasan pancasila mengenai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan. Nah, berikut lambang pancasila beserta lambangnya dan makna dari setiap sila.


1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila ke-1 dalam pancasila dilambangkan dengan Bintang yang letaknya di tengah-tengah. Bintang tersebut memiliki makna sebuah cahaya yang mengandung makna nur cahyo. Pada lambang bintang tersebut memiliki 5 sudut yang artinya untuk menerangi dasar dan tujuan negara yang jumlahnya lima. Sedangkan warna hitam pada background bintang melambangkan warna alam dan warna asli dari alam itu sendiri.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Sila ke-2 dalam pancasila dilambangkan Rantai. Mata rantai pada pancasila berbentuk segi empat yang melambangkan laki-laki dan lingkaran yang melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan juga melambangkan antara satu sama lain yang perlu bersatu agar menjadi kuat seperti rantai.

3. Persatuan Indonesia

Sila ke-3 dalam pancasila di lambangkan dengan Pohon Beringin. Pohon beringin sendiri memiliki arti pohon yang besar, dimana banyak orang bisa berteduh di bawah naungan Negara Indonesia. Selain itu, pohon beringin memiliki ciri khas akar yang menggantung kemana-mana dan juga menjalah kemana-mana yang memiliki arti walaupun berasal dari daerah dimana saja namun berasal dari satu pohon yang sama. Seperti keragaman suku bangsa yang banyak tapi bersatu dibawah nama Indonesia.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Sila ke-4 dalam pancasila di lambangkan dengan Kepala Banteng. Banteng sendiri merupakan hewan sosial atau hewan yang suka berkumpul dengan teman bantengnya. Berkumpul seperti halnya musyawarah, dimana orang-orang harus berkumpul untuk dapat mendiskusikan sesuai dan menjadi jalan keluar yang bisa diterima oleh semua pihak.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila ke-5 dalam pancasila di lambangkan dengan Padi dan kapas. Padi dan kapas merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia yang diibaratkan sebagai pangan dan sandang. Seperti yang semua kita tahu bahwa sandang dan pangan merupakan syarat utama untuk mencapai kemakmuran dan merupakan tujuan utama dari sila ke lima ini.

Nah, itulah gambar pancasila beserta lambangnya, arti dan makna yang terkandung dalam setiap lambang sila. Demikian artikel mengenai Pancasila yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Share this :

0 Response to "Gambar Pancasila dan Lambangnya Beserta Arti dan Makna"

Post a Comment