Mimikri adalah ? Apa itu Mimikri, Pengertian Mimikri dan Contohnya

Mimikri adalah suatu proses evolusi yang terjadi pada spesies hewan untuk menjadi sama dengan spesies lainnya. Biasanya mimikri dilakukan oleh suatu spesies tertentu agar bisa mirip dengan spesies lainnya untuk menghindari bahaya, terutama menghindari predator spesies tersebut. Mimikri sebagian besar dilakukan oleh spesies hewan yang mempunyai kemiripan dengan hewan lainnya yang tidak berkerabat. Berikut contoh spesies hewan/serangga yang bisa melakukan mimikri.

Contoh hewan yang bisa melakukan mimikri adalah sebagai berikut.

Lalat Bunga
Lalat bunga yang banyak dari spesiesnya menyerupai tawon/lebah. Dimana biasanya lalat ini menempel ke bunga untuk bertindak layaknya seperti tawon bila bertemu dengan sang predator lalat tersebut. Seperti namanya, lalat bunga sering terlihat melayang-layang di bunga, sebagian besar lalat bunga dewasa dari banyak spesies memakan nektar dan serbuk sari, sedangkan larva memakan beragam makanan.



Lalat Buah
Seperti halnya lalat bunga, lalat buah juga sering melakukan mimikri menyerupai lebah yang sering menempel di buah. Karena lalat buah memiliki kemiripan bentuk seperti lebah madu pada umumnya.

Laba-Laba Peloncat
Laba-laba peloncat merupakan jenis laba-laba yang umumnya kecil, dan memiliki ukuran sebesar semut. Oleh karena itu, laba-laba peloncat sering bentuk fisik dan perilaku seperti semut.

Gurita
Gurita spesies tertentu biasanya sering menyerupai dan meniru bentuk fisik serta perilaku seperti ikan pipih atau bintang laut.

Jadi bisa disimpulkan bahwa mimikri adalah tingkah laku sebagian spesies dalam meniru bentuk fisik dan perilaku dari spesies lainnya, dengan tujuan untuk berkamuflase seperti spesies lain. Mimikri memiliki makna seperti kamuflase namun sedikit berbeda, berikut penjelasannya.

Mimikri Berbeda dengan Kamuflase

Dulu mimikri memiliki pengertian proses adaptasi suatu hewan dengan cara mengubah warna tubuhnya dengan sama dengan warna lingkungannya. Namun setelah teori evolusi, maka mimikri memiliki pengertian cara suatu spesies untuk menjadi sama seperti spesies lain.

Kamuflase atau berkamuflase memiliki arti tidak bisa merubah warna kulitnya seperti tempatnya berada, karena hanya menyesuaikan warna saja. Contohnya adalah ular hijau, ular hijau tidak bisa merubah warna kulitnya tetapi bisa menyesuaikan warnanya dengan daun yang bewarna hijau.

Sedangkan Mimikri adalah kemampuan hewan yang mampu merubah warnanya seperti tempat yang sedang ia singgahi atau juga bisa menyerupai spesies lain. Contohnya bunglon yang bisa merubah warnanya seperti warna tempat yang sedang ia singgahi. Nah, contoh lainnya sudah dijelaskan di atas. Sekian dan smeoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Mimikri adalah ? Apa itu Mimikri, Pengertian Mimikri dan Contohnya"

Post a Comment