3 Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar - Pembelajaran adalah perpaduan antar dua aktivitas, yaitu belajar dan mengajar. Sedangkan pembelajaran menurut etimologisnya cenderung lebih dominan mengarah ke siswa, sementara itu mengahjar secara intruksional dilakukan oleh seorang guru. Jadi, menurut definisi diatas pembelajaran adalah ringkasan dari dua kata yaitu belajar dan mengajar. Dengan demikian, pembelajaran adalah penyederhanaan dari kata belajar dan mengajar, proses belajar mengajar, dan juga kegiatan belajar mengajar.

Kata atau istilah pembelajaran tergolong sebagai kata yang penggunaanya baru populer sejak lahirnya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Menurut Undang-undang yang berlaku di Indonesia, pembelajaran diartikan sebagai proses interaksi sosial antar peserta didik dengan pendidik atau guru dan sumber belajar dari lingkungan sekolah.

Menurut pengertian ini, pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan oleh pendidik atau guru agar terjadi pemerolehan ilmu pengetahuan, penguasaan, kemahiran, dan pembentukan sikap serta keyakinan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah suatu proses untuk membantu siswa untuk dapat belajar dengan baik dan maksimal.


Pembelajaran juga sudah didefinisikan oleh beberapa ahli dari seluruh dunia. Seperti menurut Winkle (1991), pembelajaran dalah pembelajaran adalah seperangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar siswa, dengan memperhitungkan kejadian-kejadian ekstrim yang berperanan terhadap rangkaian kejadian-kejadian intern yang berlangsung dialami siswa.

Sedangkan menurut Gagne (1985), pembelajaran adalah pengaturan peristiwa secara seksama dengan maksud agar terjadi belajar dan membuatnya berhasil guna. Dalam pengertian lainnya, Winkle (1991) mendefinisikan pembelajaran sebagai pengaturan dan penciptaan kondisi-kondisi ekstern sedemikian rupa, sehingga menunjang proses belajar siswa dan tidak menghambatnya.

Pembelajaran di Sekolah Dasar

Pendidikan merupakan suatu upaya yang terorganisir, terencana dan berlangsung secara terus menerus untuk membina siswa menjadi manusia yang paripurna, dewasa, dan berbudaya. Untuk dapat mencapai pembinaan ini dibutuhkan asas-asan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan seluruh aspek dari potensi siswa, diantara adalah aspek kognitif, afektif, dan juga berimplikasi pada aspek psikomotorik siswa.


Pembelajaran siswa, belajar merupakan sebuah interaksi antara potensi yang ada pada diri siswa, seperti fisik, nonfisik, emosi, dan intelektual, dan juga interaksi dari luar seperti interaksi dengan guru, dengan siswa lain, serta lingkungan. Dalam mempersiapkan pembelajaran, guru harus memahami karakteristik dari materi pelajaran yang akan dibawakan, karakter dari setiap siswa, dan memahami metode pembalajaran apa yang efektif. Sehingga proses pembelajaran bisa lebih variatif. inovatif, dan konstruktif sehingga akan meningkatkan aktivitas dan kreativitas murid.

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar

Pentingnya pelaksanaan pembelajaran di Sekolah dasar membuat para guru membuat sebuah perencanaan yang nantinya digunakan sebagai metode pembelajaran yang baru. Nah, berikut ini adalah contoh rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.


Note: Jika Anda ingin membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar bisa melihat panduannya disini

Nah, itulah penjelasan mengenai pembelajaran di sekolah dasar beserta contoh rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "3 Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar"

Post a Comment