5 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan di Lingkungan Sekolah

Contoh Pidato Persuasif - Pidato merupakan suatu ucapan yang disusun dengan baik untuk disampaikan kepada orang banyak atau khalayak ramai. Contoh pidato yang sering kita temui, seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato keagamaan, pidato sembutan dalam suatu cara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato pada umumnya memberikan suatu kesan secara positif bagi orang-orang yang mendengar. Selain itu, kemampuan berpidato yang baik di depan publik bisa membantuk seseorang untuk mencapai jenjang karir yang baik. Pidato sendiri banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah pidato persuasif.

Pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang tujuan utamanya untuk menarik perhatian para pendengar, mempengaruhi pendengar dan sifatnya mengajak atau membujuk para pendengar supaya mereka menjadi yakin serta mau mengambil tindakan sesuai dengan tujuan pidato tersebut.

Dalam teknik penyampaiannya, pidato persuasif berlandaskan pada argumentasi nalar, logis, masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan. Pidato persuasif memiliki tujuan untuk menguatkan tanggapan, pembentukan tanggapan, dan pengubahan tanggapan. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh mengenai pidati persuasif tentang pendidikan di lingkungan sekolah.

#1 Contoh Pidato Persuasif Tentang Pendidikan


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati. Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia.
Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akanmemiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha'i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb

#2 Contoh Pidato Persuasif Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmanidan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari ini. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan-rekan guru dan anak-anak ku tercinta siswa-siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini.

Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan disekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman. Apalagi sekolahini yang menjadi tempat setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu. Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.

Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yangmemiliki jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dannyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah pasti selalu beralasan yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata.

Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari iman, meski kontek ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya "aktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaa%kan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

#3 Contoh Pidato Persuasif Tentang Kedisiplinan


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,$ertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin-Nya lah kita dapat hadir di hari yang cerah ini dan di tempat yang indah ini.

Pendidikan kedisiplinan merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral. Di dalam keluarga, pendidikan kedisiplinan dapat diartikan sebagai metode bimbingan orang tua agar anaknya mematuhi bimbingan tersebut.

Setiap orang tua pasti berusaha untuk mengajarkan disiplin kepada anak-anaknya dengan menanamkan perilaku yang dianggap baik dan menhindari perilaku yang dianggap tidak baik. Hal ini memang akan lebih mudah dilakukan jika anak sebagai seorang indiVidu mematuhi kemauan orang tuanya. Namun demikian, tujuan utama dari disiplin bukanlah hanya sekedar menuruti perintah atau aturan saja. patuh terhadap perintah dan aturan merupakan bentuk disiplin jangka pendek semata.

Sedangkan tujuan pendidikan kedisiplinan adalah agar setiap indiVidu memiliki disiplin jangka  panjang, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas semata, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu.

Kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri terwujud dalam bentuk pengakuan terhadap hak dan keinginan orang lain, dan mau mengambil bagian dalam memikul tanggung jawab sosial secara manusiawi. Hai inilah yang sesungguhnya menjadi hakikat dari kedisiplinan.

Demikianlah pidato singkat tentang kedisiplinan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga saja kita bisa selalu disiplin dalam segala hal sehingga kita bisa menjadi manusia yanglebih baik bagi nusa, bangsa, negara dan agama.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

#4 Contoh Pidato Persuasuf Tentang UKS


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sehat dan selamat pagi untuk para guru-guru dan juga para sahabat-sahabat satu perjuangan. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita berupa kesehatan pada hari ini sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul bersama-sama disini.

Hadiri yang saya hormati,

Dilihat dari tujuannya, UKS sendiri bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat dikalangan peserta didik maupun para guru-guru. Dan salah satu program yang sering kita lakukan adalah dengan penjaringan kesehatan dalam bentuk pemerikasaan kesehatan perorangan (rambut, kulit dan kuku) yang sering kita lupakan dan terkadang kita enggan untuk menuruti nasihat guru-guru kita, selain itu juga ada penjaringan kesehatan panca indera dan kesehatan gigi dan gizi dimana setiap siswa harus bisa mandiri dengan menjaga kesehatannya masing-masing.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak para sahabat-sahabat dan para guru-guruuntuk lebih meningkatkan penjaringan kesehatan disekolah, dengan terlaksananya penjaringan kesehatan yang teratur dan disiplin maka siswa-siswi dan para guru pun ikut merasakan perbedaan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan keinginan bersama, sehingga tidak adalagi siswa-siswi di sekolah ini yang gampang terkena penyakit.

Mungkin cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga pidato saya bermanmaat dan mohon maaf jika ada salah kata. Atas perhatiannya saya ucapkanterima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#5 Contoh Pidato Persuasif Tentang Kebohongan


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai. Marilah dalam kesempatan ini kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta karunianya kepada kita, sehingga dapat berkumpul pada kesempatan ini. Terimakasih pada Bapak Guru yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk menyampaikan pidato ini.

Betapa ingin rasanya hidup di tengah masyarakat yang maju. Bayangkan saja jika orang-orang di sekeliling kita memiliki cara berpikir moderen, artinya berpendidikan, lingkungan sehat, ekonomi memadai dan sebagainya. Gambaran seperti itulah yang menjadi dambaan setiap orang, sekaligus merupakan ciri dari masyarakat yang berkualitas. Apakah kehidupan tersebut dapat terwujud? Tentu saja bisa! Mengapa tidak?

Asalkan bangsa ini tidak menjadi negara bedebah yang di dalamnya berisi kebohongan-kebohongan besar, kita dapat menjadi maju, tapi kenyataannya kebohongan sudah merasuk hidup bangsa kita. Berbohong adalah perilaku tidak baik dan dapat langsung memunculkan rasa khawatir, takut, kepada mereka yang berbohong. Karena takut akan terungkapnya kebohongan tersebut, munculah beberapa lapis kebohongan yang tebal.

Semua orang pasti pernah berbohong untuk melindungi diri dari perbuatan curang yang telah ia lakukan, entah untuk menjaga martabat, maupun gengsi. Apalagi sifat pembohong sudah merusak moral penerus bangsa masa kini. Misalnya saja di awal tahun ini kita diperlihatkan oleh kekacauan penegakan hukum yang timbul akibat rangkaian kebohongan , yang seolah sudah menjadi hobi, kebiasaan ataupun cara hidup. Hal ini sangat menjatuhkan penegak hukum bangsa ini.

Bukan hanya di masalah hukum, dunia pendidikan pun diguncang oleh kebohongan. Misalnya saja kebohongan yang sudah dianggap biasa yaitu mencontek. Semua siswa pasti sudah kenal dengan mencontek bukan?

Perbuatan berbohong pasti ada sebabnya, antara lain karena takut dihukum atas kesalahannya, ingin merasa paling benar atas hal yang salah, menjaga imej baik di hadapan orang dan sebagainya. Yang ngeri adalah akibatnya manusia mematikan rasa kepedulian, hati nurani, tanggung jawab, dan martabat diri, apalagi kemampuan berbohong itu akan terus ada bahkan bertambah.

Solusinya adalah berani untuk hal yang benar, jangan pernah menganggap diri sendiri yang terbaik, berhentilah mengeluh dan kerjakan sesuatu sepenuh hati, hindarkan diri dari hal-hal, tidak berguna dan memancing kebohongan.

Bersyukurlah kita yang berhenti pada suatu kebohongan, tidak menindak lanjuti dengan pernyataan palsu lainnya. Bersyukurlah kita yang tidak seperti banyak tokoh yang ramai dimuat media akibat kebohongannya. Mereka yang berbohong sungguh telah membunuh martabatnya karena takut jujur daripada bohong.

Jauhkanlah sifat kebohongan. Biarlah keajaiban kebenaran menuntun kita semua untuk membawa diri, keluarga, lembaga, masyarakat, dan bangsa menjadi lebih baik di tahun ini.

Bapak Kepala Sekolah , Bapak dan Ibu guru, serta kawan-kawanku, demikianlah pidato singkat saya. Karena pepatah mengatakan tiada gading yang tak retak oleh karena itu saya mohon maaf bila ada kesalahan dan kata-kata yang kurang berkenan di hati.

Terimakasih atas perhatiannya, mudah-mudahan pidato ini bisa menjadi satu motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan kreasi dan karya kita tanpa harus membodohi diri sendiri dengan kata lain "berbohong".

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Nah, itulah contoh pidato persuasif singkat mengenai pendidikan di lingkungan sekolah dengan tema kebersihan, kesehatan, kedisplinan, dan kebohongan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh pidato persuasif dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "5 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan di Lingkungan Sekolah"

Post a Comment