5 Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga

Rasulullah Saw. pernah bersabda, yang artinya "Berhati-hatilah kamu dalam berhutang, sesungguhnya hutang itu mendatangkan kerisauan di malam hari dan mendatangkan kehinaan di siang hari." (HR. Al- Baihaqi)

Dalam agam Islam, perbuatan hutang piutang dikenal dengan istilah Al-Qardh, yang berasal dari kata Al-Qath'u yang memiliki arti memotong. Sedangkan menurut istilah, hutang pitang (Al-Qardh) adalah pemberian harta (bisa dalam bentuk uang atau lainnya) sebagai bentuk kasih sayang kepada mereka yang nantinya akan memanfaatkan harta tersebut. Dimana suatu saat dimasa depan, si peminjam akan mengembalikan harta tersebut sesuai dengan pa yang telah ia pinjam.

Walaupun begitu setidaknya perlu diperhatikan bahwa dalam pelaksanaanya harus hati-hati, pasalnya meskipun di satu sisi hutang bisa menyebabkan seseorang masuk surga, namun disisi lain hutang juga bisa membuat seseorang terjerumus ke negara.

Nah, berikut ini adalah beberapa do'a yang bisa Anda baca dalam do'a Anda untuk menambah rezeki dan juga supaya hutang Anda bisa terbayar dengan pertolongangan Allah Swt. yang mungkin tidak Anda duga.

Doa Pertama



Artinya: Wahai Allah pemilik segala kerajaan, Kau memberikan kekuasaan kepada siapa yang Kau kehendaki, dan Kau mencabut kekuasaan dari orang-orang yang Kau kehendaki pula, dan Engkau Maha mengangkat atau memberi kekuatan dan kekuasaan kepada yang Kau kehendaki dan Kau menghinakan orang-orang yang Kau kehendaki, dan didalam genggaman-Mu lah segala kebaikan dan anugrah dan sungguh Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Engkau memunculkan malam dari siang hari dan memunculkan siang pada malam hari, dan Kau memunculkan kehidupan dari kematian dan memunculkan kematian dari kehidupan, dan Kau memberi rizki kepada siapa yang kau kehendaki dengan tanpa batas, Wahai yang Maha Pengasih di dunia dan di akhirat dan Maha Mengasihi semua yang ada di dunia dan akhirat, Kau memberi kepada siapa yang Kau kehendaki dan Engkau menahan dari pemberian pada siapa yang Kau kehendaki, Engkau lah yang menyayangi kami dan paling mengasihikami, maka kasihanilah kami dengan kasih sayang-Mu yang membuat kami tercukupkan dari pada kasih sayang selain-Mu. Wahai Allah, tunaikan dari kami hutang-hutang kami dan jadikanlah kami orang-orang yang mempunyai keluasan dan kekayaan dan jauhkan dari kami kemiskinan.

Doa Kedua


Latin: ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA ‘AN HARAAMIKA, WA AGHNINII BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAAKA

Artinya: "Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingg aku tidak meminta kepada selain-Mu."

Dari Abu Wail berkata: "Ada seorang (budak) laki-laki datang kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu dan berkata, "Wahai amirul mukminin, saya tidak mampu melunasi uang syarat pembebasan saya, maka bantulah saya!"

Mendengar hal itu, Ali bin Abi Thalib berkata, "Maukah engkau apabila aku ajarkan kepadamu seberapa patah kata yang telah diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam kepadaku. Dengan bebeapa patah kata itu, seandainya engkai memiliki hutang sebesar gunung shir niscaya Allah akan membayar hutangmu. Bacalah:


Artinya: "Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak meminta selain kepada selain-Mu." (HR. Tirmidzi no. 3563, Ahmad no. 1319 dan Al-Hakim no. 1973)

Doa Ketiga

Daro Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa salam berdoa:


Latin: ALLAAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZAN, WAL 'AJZI WAL KASALI, WAL JUBNI WAL BUKHLI, WA DHALA'ID DAINI, WA GHALABATIR RIJAALI

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, belitan hutang dan penindasan orang." (HR. Bukhari no. 6369).

Doa Keempat

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam berdoa dalam shalatnya:


Latin: ALLAAHUMMA INNI A'UUDZU BIKA MIN 'ADZAABIL QABRI, WA A'UUDZUBIKA MIN FITNATIL MASIIHID DAJJAALI, WA A'UUDZU BIKA MIN FITNATIL MAHYAA, WA FITNATIL MAMAATI, ALLAAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL MA'TSAMI WAL MAGHRAMI

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Dajjah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan hutang."

Aisyah bertanya, "Wahai Rasulullah, Anda sering sekali berlindung dari hutang."

Maka beliau menjawab, "Jika seseorang telah berhutang, maka jika berbicara niscaya ia (bisa) berkata dusta dan jika berjanji niscaya ia bisa mengingkari." (HR. Bukhari no. 832 dan Muslim no. 589).

Doa Kelima



Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan segala perkara yang telah Engkau halalkan daripada segala perkara yang telah Engkau haramkan. Kayakanlah aku dengan kelebihan Engkau daripada meminta kepada orang lain."


Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan segala perkara yang telah Engkau halalkan daripada segala perkara yang telah Engkau haramkan. Kayakanlah aku dengan kelebihan Engkau daripada meminta kepada orang lain."

Baca juga: Kumpulan Do'a Agar Dimudahkan Rezeki

Semoga Allah Swt. melindungi kita dari jeratan hutang dan semoga Allah memberi kita kemampuan untuk melunasi hutang kita saat kita terjerat oleh hutang. Wallahu a'lam bish-shawab.


Share this :

0 Response to "5 Doa Supaya Bisa Membayar Hutang Dengan Cara Tak Terduga"

Post a Comment