5+ Doa Untuk Suami yang Sedang Bekerja (Mencari Nafkah)

Doa untuk suamiku yang sedang bekerja - Setiap manusia yang beragama, pastinya akan berdoa kepada tuhan untuk meminta kebaikan kepada orang yang disayangi. Seperti orang tua yang mendoakan anaknya, istri yang mendoakan suaminya, begitu pula sebaliknya atau saudara sesama muslim yang saling mendoakan saudaranya.

Karena manusia pada dasarnya lemah. Manusia adalah hamba yang penuh keterbatasan. Ilmunya terbatas, tubuh dan kemampuannya terbatas. Sepandai apapun, banyak hal yang membatasinya dan banyak hal yang bisa mempengaruhinya.

Karena itu, dia perlu senantiasa berdoa agar diberi petunjuk ke jalan yang benar, jauhkanlah dari bahaya yang akan menimpa dan diberi takdir yang baik. Termasuk dalam hal rezeki.

Bukan kita yang menentukan rezeki kita sendiri. Kita hanya melakukan ikhtiar, apakah diberi atau tidak rezeki itu tergantung pada Allah. Karena itu, perlu usaha dilengkapi dengan doa.

Karena manusia membutuhkan Allah terkait dengan kondisi manusia yang terbatas, maka dia butuh bantuan dari zat yang Maha Tidak Terbatas. Manusia adalah makhluk yang lemah dan rentan terhadap kondisi sekitarnya.

Allah Swt. Memperkenankan Do'a

Karena Allah Swt. memperkenankan doa, terdapat dalam surah Al-Baqarah Ayat 186:


Arab Latin: Wa iżā sa`alaka 'ibādī 'annī fa innī qarīb, ujību da'watad-dā'i iżā da'āni falyastajībụ lī walyu`minụ bī la'allahum yarsyudụn

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Tafsir surat Al-Baqarah Ayat 186 oleh Quraish Shihab
Kami benar-benar mengamati segala yang dilakukan dan ditinggalkan manusia. Apabila hamba-Ku bertanya kepadamu, Muhammad, "Apakah Allah itu dekat dengan kami, dan tahu apa yang kami rahasiakan, kami tampakkan dan yang kami tinggalkan?" jawablah, "Sesungguhnya Kami dekat dengan hamba-hamba Kami, lebih dekat dari yang mereka sangka." Buktinya bahwa doa seseorang akan sampai pada Allah dan dikabulkan pada saat ia berdoa. Maka jika Allah telah memperkenankan dan mengabulkan doa mereka, hendaknya mereka itu membalasnya dengan iman dan ketaatan karena hal itu akan menjadi jalan kebenaran dan kebaikan mereka.

Dalam ayat ini juga terlihat janji Allah bagi setiap hamba-Nya yang menengadahkan tangan memohon padaNya. Allah sangat paham, tahu dan mengerti kebutuhan hambaNya. Maka dia akan mengabulkan doa hamba sesuai dengan kebutuhannya saat itu bukan sesuai keinginannya.

Doa Istri Pendukung Suami

Keberhasilan seorang suami tidak lepas dari dukungan dan doa seoang istri. Doa istri berperan untuk melancarkan, dan memudahkan suaminya mendapatkan rezeki dari Allah.

Di tangan suamilah rezeki istri dan anaknya di titipkan Allah. Melalui doa istri untuk suaminya, Insya Allah rezekinya akan diberi sejumlah yang dibutuhkan dengan cara yang mudah dan berkah.

Ketika seorang suami melangkahkan kakinya keluar rumah untuk mencari rezeki bagi keluarga, istri sebagai partner suami tidak boleh hanya tinggal diam.

Kepergian suami untuk menjalankan kewajibannya sebagai kepada keluarga hendaknya diantar sampai pintu pagar. Mohon doa restu dan keridhaan suami pad ahari itu, cium tangannya sebagai pertanda hormat dan terima kasih atas kesediannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Sebagaimana sikap Rasulullah, teladan kita. Saat Rasulullah meninggalkan rumah:

"Aisyah berkata, Rasulullah menciumku kemudian beliau pergi ke masjid untuk melakukan shalat tanpa memperbarui wudhunya. "H.R. Abdurrazaq, Ibnu Majjah, At Thabrani dan Daraqutni).

Rasulullah berdoa, sebelum meninggalkan rumah: Bismillahi tawakkaltu alallahi laa haula wala quwwata illabillah.

Setelah suami berangkat doakan keselamatannya tiba di tempat tujuan/tempa kerja. Doakan dia seperti beberapa contoh doa untuk suami yang sedang bekerja di bawah ini.


Kumpulan Doa Untuk Suami yang Sedang Bekerja

Doa Untuk Suami 1
"Ya Allah, mudahkanlah dan lancarkanlah rezeki suamiku hari ini, jika rezeki itu jauh dekatkanlah, jika dekat, rapatkanlah, jika masih tergantung di langit, turunkanlah, jika tersembunyi dalam perut bumi, keluarkanlah, jika sedikit, banyakkanlah, jika caranya susah untuk sampai kepada kami maka mudahkanlah.

Sesungguhnya hanya Engkaulah yang Maha Memberi Rezeki, Maha Mengetahui dan Maha Sayang pada hamba-hambaNya.

Hamba akui bahwa hamba belumlah menjadi hamba yang sempurna, anak yang berbakti, istri yang baik, ibu yang amanah pada anak-anaknya, masih berlumuran dosa dan kekurangan tapi selalu Engkaulah tempat kembali hamba.

Tempat kembali untuk menuntun ke jalanMu. Maka tuntunlah kami ke jalanmu, tuntunlah kami menuju rezeki halalmu, tuntunlah hati kami menemukan cahaya-Mu. Lindungilah suamiku dimanapun berada. Amiin."

Doa Untuk Suami 2
"Ya Allah, berikanlah suamiku kemudahan rizkinya, jika letaknya masih jauh dekatkanlah. Jika masih ada di langit turunkanlah untuknya. Jika didasar bumi hanya Engkaulah yang mampu mengeluarkannya. Ya Allah, berkahilah riski yang diperoleh suami hamba agar membawa kebaikan bagi kami sekeluarga di dunia dan di akhirat...amin.."

Doa Untuk Suami 3
"Ya Allah, berkahilah perjalanan suamiku dalam tiap langkahnya, kuat dan lapangkah dadanya, berikanlah dia kesabaran yang tak terhingga, dan jauhkanlah dia dari hal-hal yang tidak baik."

Doa Untuk Suami 4
"Ya Allah, suami hambamu memang bukan orang yang hebat. Berikan suami hamba perlindungan serta keselamatan, karena hanya Engkaulah yang mampu berkuasa.

Ya Allah, suami hambamu memang bukan orang yang kuat. Kiranya engkau berikan ia kekuatan, agar dapat bekerja dengan semangat dan lancar.

Ya Allah, suami hambamu memang bukan orang yang pintar. Kiranya engkau berikan ia akal, agar dapat menggunakan pemikiran yang baik untuk perbuatan yang baik, jauhkanlah dari pikiran-pikiran jahat dan menjerumuskan. Berikanlah dia kesabaran agar dapat menahan segala amarah dan emosinya. berikan dia suatu ketabahan bila sedang dirundung rasa duka.

Ya Allah ya Tuhan kami.. berikan ia kemudahan untuk mencari rezeki demi keluarga.
Ya Allah.. ketuklah pintu hatinya agar ia tak pernah lalai dalam menjalankan kewajibannya. Jagalah ia ya Allah agar selamat dalam lindunganMu.

Ya Allah.. Kabulkanlah semua doa-doaku. Amin.

Doa Untuk Suami 5
"Ya Allah, lingdungilah suamiku yang sedang mencari nafkah untuk keluargaku, lindungilah ketika ia bekerja, dan berikanlah rizki yang berlimpah halal lagi berkah. Serta mudahkan segala urusannya.

Ya Allah ta'ala balaslah segala kebaikan-kebaikan padanya atas usaha yang telah ia lakukan untuk keluarganya.

Doa Untuk Suami 6
"Ya Allah... Yang Maha Penyayang. Jadikanlah suami hamba sebagai pemimpin yang karomah bagi hamba dan anak-anaknya. 

Ya Allah... Yang Maha Pengasih. Jagalah suami hamba di dalam mencari rizkiMu dan bawalah ia kembali dengan membawa ridhoMu. Hanya kepadaMu lah kami menyembah dan hanya kepadaMu lah kami memohon pertolongan.

Kabulkanlah ya Allah... Permohonan kami. Amin.."

Nah. itulah beberapa kumpulan do'a untuk suami yang sedang menjalani pekerjaan. Semoga dengan doa diatas bisa memberi keselamatan dan menambah rezeki untuk suami Anda semua. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "5+ Doa Untuk Suami yang Sedang Bekerja (Mencari Nafkah)"

Post a Comment