7 Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan dalam Kehidupan

Mengapa manusia perlu aturan - Setiap negara pasti memiliki aturan tertentu dalam sistem pemerintahannya. Tidak cuman negara yang memberlakukan aturan, setiap agama juga memberlakukan aturan yang tidak boleh dilanggar bagi umatnya. Bahkan, ditengah lingkungan masyarakat umumnya terdapat aturan yang tertulis dan tidak tertulis. Aturan yang tertulis biasanya berupa hukum dan undang-undang, sedangkan aturan yang tidak tertulis berupa norma dan juga etika.

Aturna sendiri merupakan suatu ketentuan yang dibuat untuk membatasi tingkah laku dan mengikat seseorang atau masyarakat. Aturan membuat setiap individu atau seorang boleh melakukan sesuatu hal dan juga tidak boleh melakukan sesuatu. Aturan sendiri cukup banyak sekali, seperti contohnya aturan di rumah, di sekolah, dan aturan di lingkungan masyarakat.

Manusia memerlukan suatu aturan, karena aturan tersebutlah yang menjadi pembeda antara kehidupan yang beradab dan kehidupan yang tidka beradab, boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Aturan disini sebagai bentuk hukum norma, baik itu hukum negara, hukum agama, atau hukum-hukum lainnya. Aturan ditujukan kepada manusia agar tidak bergesekan dan terjadi konflik dengan manusia lainnya, dan manusia harus mengikuti aturan yang sama bila bergama ataupun berada di tempat yang sama.


Nah, aturan sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat atau dimana saja. Berikut ini adalah beberapa lasan mengapa manusia perlu aturan dalam kehidupan, terutama dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengapa Manusia Perlu Aturan?

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia perlu suatu aturan yang digunakan sebagai pedoman untuk mengatur kehidupan setiap individu agar bisa menjalani kehidupan yang teratur dan mencegah terjadinya konflik yang bisa menyebabkan perpecahan dan juga peperangan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa manusia perlu aturan dan kehidupan.
  1. Manusia perlu aturan supata hidup manusia bisa lebih teratur dan mudah untuk diatur.
  2. 2Manusia perlu aturan Agar manusia memiliki hidup yang terarah dan jalan yang terang.
  3. Manusia perlu aturan agar tidak terdapat pertentangan (konflik) dalam interaksi sosial antarsesama manusia dilingkungan masyarakat.
  4. Manusia perlu aturan sebagai tujuan hidup agar mampu menjadi seorang yang beretika dan juga bermoral.
  5. Manusia perlu aturan sebagai standarisasi kehidupan manusia, karena adanya keanekaragaman bangsa, baik secara sosial, budaya, ekonomi dan politik.
  6. Manusia perlu aturan untuk menciptakan keadilan sosial dan hukum bagi setiap individu agar tercipta kehidupan yang damai, tentram, dan bebas dari konflik.
  7. Manusia perlu aturan untuk mengatur setiap elemen kehidupan manusia agar tidak berbuat seenaknya dan supaya manusia lebih memperhatikan, menghargai, dan menghormati orang lain.

Aturan pada dasarnya dibuat agar manusia dapat menjalankan haknya, tanpa mengurangai maupun melangar hak yang dimiliki oleh orang lain. Seorang filsuf inggris bernama Thomas Hobbes pernah mengatakan dalam karyanya yang berjudul "De Cive", bahwa manusia itu adalah serigala bagi manusia lainnya. Maksudnya, bahwa manusia itu akan saling menyakiti satu sama lain.

Karena pada dasarnya manusia itu memiliki keinginan untuk mendapatkan dan memproritaskan haknya dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga akan mendorong untuk melanggar hal yang dimiliki oleh orang lain, dan hal tersebut bisa terjadi bila manusia tidak memiliki aturan.

Tentunya hal ini bisa memicu timbulnya konflik antarsesama manusia. Nah, oleh karena itulah mengapa manusia perlu memiliki aturan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai aturan, etika dna norma manusia dalam bab struktur sosial dan diferensiasi sosial (IPS/Sosiaologi. Sekian dan terima kasih.

Share this :

0 Response to "7 Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan dalam Kehidupan"

Post a Comment