7 Negara Terkecil di Asia Tenggara Beserta Luas Wilayah

Negara Terkecil di Asia Tenggara - Asia Tenggara adalah sebuah wilayah di Benua Asia bagian Tenggara yang mencakup beberapa wilayah Indochina dan juga Semenanjung Malaya beserta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara di dalamnya mencakup beberapa negara seperti Indonesia, Kamboja, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Filpina, dan Timor Leste.

Berdasarkan letak astronomisnya, Asia tenggara berada di antara posisi 28°LU – 11°LS dan 93°BT – 141°BT. Sedangkan berdasarkan letak grografisnya, Asia tenggara di sebelah utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, di sebelah selatan berbatasan dengan Samudra India, dan di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, Teluk Bengala, dan anak benua India.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan luas terbesar dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara lainnya dengan luas sekitar 1,905 juta km². Luas tersebut berkali-kali lipat dibandingkan dengan luas negara Asia Tenggara lain, semisal Malaysia yang hanya memiliki luas 330.803 km². Lalu negara apa yang memiliki wilayah terkecil di Asia Tenggara, berikut jawabannya beserta urutan negara terkecil di Asia Tenggara.

1. Singapura (721,5 km²)

Singapura adalah negara terkecil di Asia Tenggara dengan luas wilayah hanya sekitar 721,5 km², dengan detail panjang ± 43 km dan lebar ± 14,5 km. Singapura merupakan salah satu negara bekas jajahan Inggris yang bergabung pada federasi Malaysia pada tahun 1963, dan merdeka pada tahun 1965. Luas wilayah singapura pada saat pertama kali merdeka hanya sebesar 581 kilometer persegi, namun pada tahun 2015 berkembang menjadi 719 kilometer persegi.


Singapura merupakan negara dengan letak astronomis 1°11′ LU – 1°28′ LU dan 103°38’BT – 104°5′ BT. Sedangkan letak geografis negara singapura yaitu di sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka, di sebelah selatan berbatasa dengan Indonesia (Kepulauan Riau), di sebelah utara dan timur berbatasa dengan Malaysia yang hanya dipisahkan oleh Selat Johor dan Ujung Malaya.

2. Brunei Darussalam (5.765 km²)

Brunei Darussalah adalah salah satu negara terkecil di Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar  5.765 km². Brunei Darussalam merupakan negara yang memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan negara lain di ASEAN, baik dari segi ekonomi, budaya dan kondisi alam. Karena terasuk ke dalam negara yang memiliki wilayah kecil, Brunei Darussalam memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi hingga 69 jiwa/km².


Wilayah negara Brunei terbatas atas dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat terdiri atas 3 daerah, yaitu daerah Tutong, Belait, dan Brunei, sedangkan bagian timur adalah daerag Temburong. Letak astronomis negara Brunei adalah 4’LU – 5’LU dan 114’BT – 115’BT. Sedangkan letak geografisnya di sebelah utara berbatas dengan laut china selatan, sebelah, barat, timur, dan selatan berbatasan dengan Malaysia Timur.

3. Timor Leste (14.874 km²)

Timor Leste adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 14.874 km². Timor Leste merupakan negara pecahan Indonesia yang dulu bernama Timor Timur (bekas provinsi ke-27 Indonesia) yang resmi lepas pada tahun 1999. Walaupun sudah lepas dari Indonesia, namun Timor Leste tidak masuk ke dalam organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).


Letak astronomis negara Timor Leste berada di antara 8° LS – 10° LS dan 24° Bt -127° 30’ BT. Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, negara Timor di sebelah utara langsung berbatasan dengan Selat Banda, Pulau Wetar, dan Pulau Alor di Indonesia. Di sebelah selatan berbatasa dengan negara Australia, dan selat Timor, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, dan di sebelah timur berbatasa dengan Kepulauan Leti, Indonesia.

4. Kamboja (181.035 km²)

Kamboja adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 181.035 km². Jumlah penduduk di negara Kamboja pada tahun 2014 diperkirakan berjumlah 15.458.332 jiwa dengan kepadatan penduduk 81,8/km². Negara Kamboja merupakan negara penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina pada abada ke-11 dan 14. Kerajaam yang dinyatakan merdeka pada tanggal 17 April 1983 ini memiliki bentuk negara monarki konstitusional yang dipimpin oleh Raja sebagai kepada negaranya.


Letak astronomis negara Kamboja adalah diantara 10°LU- 14° LU dan 104°BT - 108°BT. Sedangkan berdasarkan letak Geografisnya, di sebelah utara berbatasa langsung dengan negara Laos dan juga Thailand, di sebalah selatan berbatasan dengan Teluk Thailand. Di sebelah timur berbatasan langsung dengan negara Vietnam, dan di sebelah barat juga berbatasan dengan negara Thailand.

5. Laos (236.800 km²)

Laos adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 236.800 km². Negara laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki pantai, dan berada di tengah-tengah negara lain. Laos merupakan negara bekas jajahan negara Prancis dan memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 22 Oktober 1953 dalam bentuk kerajaan, namun pada tanggal 3 Desember 1975 Kerajaan Laos berubah menjadi negara Republik Laos.


Letak astronomis negara Laos antara titik 14°LU - 22°LU dan  100°Bt-107°BT. Sedangkan berdasarkan letak geografisnya, negara Laos di sebelah utara berbatasa dengan negara Vietnan dan Republik Rakyat China (RRC), di sebelah selatan berbatasa dengan negara Kamboja dna Thailand, di sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, dan di sebelah Timur berbatasan dengan Vietnam Selatan.

6. Filipina (300.000 km²)

Filipina adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 300.000 km². Filipina merupakan dengan yang paling maju setelah Perang Dunia ke-2, namun setelah itu cukup tertinggal akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, korupsi, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial. Dan negara Filipina merupakan negara di Benua Asia yang di dalamnya terdapat pengaruh budaya barat yang sangat kuat. Selain itu, negara filipina juga merupakan negara kepulauan, yang terdiri dari 7.641 pulau.


Letak astronomis negara filipina adalah diantara 4°LU – 21°LU dan 116°BT – 128°BT. Sedangkan berdasarkan letak Geografisnya, Filipina di sebelah utara berbatasa dengan pulau Formosa di Taiwan dan juga Laut China Selatan, di sebelah selatan berbatasan dengan wilayah laut dari Kepulauan Indonesia, di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan di sebelat Barat berbatasan dengan Laut China Selatan.

7. Malaysia (330.803 km²)

Malaysia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 330.803 km². Malaysia merupakan negara dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 30.697.000 jiwa pada tahun 2015. Negara ini merupakan negara yang dikepalai oleh seorang Raja atau Sultan yang dipilih secara bergiliran setiap 5 tahun sekali, sedangkan kepala pemerintahan Malaysia dikepalai oleh seorang Perdana Menteri.


Berdasarkan letak astronomisnya, Malaysia dibagi menjadi 2 yaitu wilayah Malaysia Timur (Pulau Kalimantan) yang berada pada garis 1°LU - 7°LU dan 100°41’BT - 119°BT, sedangkan wilayah Malaysia Barat berada di posisi 1°LU - 7°LU dan 100°BT - 104°02’ BT. Berdasarkan letak grografisnya, di sebelah utara Malaysia berbatasan dengan Laut China Selatan, Brunei Darussalam, dan Thailand. Di sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Laut Sulu, dan di sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.

Nah, itulah daftar urutan negara terkecil di Asia Tenggara, yang dipegang oleh negara Singapura dengan luas hanya 721,5 km². Demikian artikel mengenai negara paling kecil di Asia Tenggara dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "7 Negara Terkecil di Asia Tenggara Beserta Luas Wilayah"

Post a Comment