Ahlan Wa Sahlan artinya dan Balasannya

Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia yang mayoritas muslim atau beragama Islam, mendengar kata-kata dalam Bahasa Arab cukup sering kita temui. Kata atau lebih tepatnya kalimat dalam bahasa Arab yang memiliki makna atau arti yang baik sering diucapkan oleh orang Indonesia dalam berkomunikasi dengan teman atau orang muslim lainnya.

Banyak kalimat yang berasal dari bahasa cukup asing di dengar oleh telinga kita, karena pada dasarnya kalimat tersebut memang tidak berasal Indonesia. Walaupun begitu makna yang terkandung dalam kalimat tersebut sangat bagus digunakan dalam percakapan. Nah, salah satu kata atau kalimat dalam bahasa Arab yang sering digunakan oleh orang Indonesia adalah Ahlan Wa Sahlan. Lalu apa arti dari kalimat ahlan wa sahlan dalam bahasa Indonesia.

Arti Ahlan Wa Sahlan

Kalimat ahlan wa sahlan artinya adalah selamat datang. Namun, sebenarnya kalimat ahlan wa sahlan memiliki arti yang lebih luas dan bukan hanya sekedar memiliki arti selamat datang. Dan belum banyak orang yang tahu mengenai hal tersebut. Berikut penjelasan dari masing-masing kata.
Arti Ahlan (dari kata Ahlun) yang memiliki arti "Keluarga"
Arti Sahlan (dari kata Sahlun) yang memiliki arti "Mudah"
Jadi, arti kata ahlan wa sahlan (أهلا وسهلا) adalah Saya menerima Anda sebagai bagian dari keluarga kami dan kami menerima Anda dengan mudah (tanpa mempersulit urusan-urusan Anda).


Jika ada orang lain yang mengucapkan kalimat "ahlan wa sahlan" maka anggaplah atau jadikan orang tersebut sebagai tamu dan anggap seperti kelarga sendiri dan mudahkan untuknya semua urusan-urusannya. Nah, itulah penjabaran lebih dalam dari kalimat "ahlan wa sahlan" yang sering di ucapkan oleh beberapa orang, dan bagi seorang muslim yang baik wajib menjawab ucapan tersebut.

Balasan dari Ahlan Wa Sahlan

Sebagai seorang muslim yang baik, jika ada orang mengucapkan kalimat "ahlan wa sahlan" maka alangkah baiknya juga mengucap balasan. Balasan dari ahlan wa sahlan adalah "Ahlan Bika" (untuk laki-laki), "ahlan biki" (untuk perempuran), dan "Ahlan Bikum" untuk orang yang lebih dari satu atau orang banyak. Kalimat jawaban "Ahlan Biki" sendiri memiliki arti "Sama-sama" atau "kamu juga".

Baca: Barakallahu Fiikum Artinya dan Penjelasannya

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai arti dari ahlan wa sahlan beserta bagaimana cara menjawabnya dalam agama Islam. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu kalimay dalam bahasa arab dan artinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Ahlan Wa Sahlan artinya dan Balasannya"

Post a Comment