Arti Ana Uhibbuka Fillah atau Ana Uhibbuki Fillah

Ana Uhibbuka Fillah - Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia yang mayoritas muslim, pastinya kita pernah mendengar atau melihat kalimat dalam bahasa Arab yang tidak kita ketahui artinya. Kalimat berbahasa Arab yang sering kita dengar dan temui biasanya memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Normalnya orang yang mengucapkan kalimat tersebut, sudah tahu artinya.

Kita yang mendengar tentunya cukup kebingungan apa yang diucapkan dan apa artinya dalam bahasa Indonesia. Salah satu kata dalam bahasa Arab yang sering digunakan dalam percakapan orang Indonesia adalah Ana Uhibbuka Fillah. Kalimat tersebut adalah kalimat yang berhubungan dengan lawan jenis.

Salah satu perintah dalam Islam adalah menyatakan cinta karena Allah. Namun tentu saja cinta bukan dinyatakan pada lawan jenis yang tidak halal karena adanya godaan besar di balik itu.

Arti Ana Uhibbuka/Uhibbuki Fillah

Anna Uhibbuka Fillah dalam bahasa Arab (اَنَا اُحِبُّكِ فِي ﷲِ) memiliki arti "Saya mencintaimu (laki-laki) karena Allah". Kalimat tersebut pada umumnya digunakan atau diucapkan oleh seorang perempuan kepada seorang laki-laki, seperti kepada suaminya, adik laki-lakinya atau kakak laki-lakinya.

Kalimat tersebut diucapkan sebagai bentuk kecintaan seorang wanita/perempuan kepada seorang laki-laki, umumnya digunakan oleh seorang istri kepada suaminya.

Anna Uhibbuka Fillah dalam bahasa Arab (اَنَا اُحِبُّكِ فِي ﷲِ) memiliki arti "Saya mencintaimu (perempuan) karena Allah". Kalimat tersebut pada umumnya digunakan atau diucapkan oleh seorang laki-laki kepada seorang perempuan, seperti kepada istrinya, adik perempuan atau kakak perempuan.

Kalimat tersebut diucapkan sebagai bentuk kecintaan seorang pria/laki-laki kepada seorang perempuan, umumnya digunakan oleh seorang suami kepada istrinya.


Jawaban untuk kalimat Ana Uhibbuka/Uhibbuki Fillah adalah “Ahabbakalladzi ahbabtani lahu” yang artinya "Semoga Allah mencintaimu yang telah mencintaiku karena-Nya".

Hukum Menucapkan Anna Uhibbuka/Uhibbuki Fillah

Bolehkah seorang wanita mengatakan anni uhibbuka fillah (“Aku mencintaimu karena Allah”) kepada laki-laki ajnabi yang bukan mahram-nya?

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Tidak diperbolehkan seorang wanita mengatakan "Aku mencintaimu karena Allah" kepada laki-laki ajnabi yang bukan mahram-nya, baik itu disampaikan melalui lisan maupun tulisan. Betapapun bagusnya ilmu & agama yang ada pada laki-laki tersebut maka hukumnya tetap terlarang. Karena wanita yang beriman dilarang untuk merendahkan suaranya ketika berbicara kepada laki-laki asing yang bukan mahram-nya.

Maka tidak diperbolehkan seorang laki-laki mengatakan "Aku mencintaimu karena Allah" kepada seorang wanita kecuali jika wanita tersebut adalah istrinya atau mahram-nya yang lain. Dan tidak pernah kita jumpai satupun dari para sahabiyah Nabi yang mengatakan ungkapan tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam padahal Allah telah menjadikan kecintaan kepada beliau sebagai sebuah kewajiban atas orang-orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan.

Ini hanya berlaku untuk sesama jenis, laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan selama aman dari fitnah dan tidak menimbulkan persangkaan yang tidak-tidak di hati keduanya. Hal ini sebagaimana diisyaratkan oleh Al-Munawi dalam Faidhul Qadir (247/1), beliau berkata: "Apabila seorang wanita memiliki perasaan cinta kepada wanita lain maka hendaknya dia beritahukan kepadanya". (Sumber: https://muslimah.or.id/4022-hukum-ucapan-aku-mencintaimu-karena-allah-kepada-lawan-jenis-yang-bukan-mahram.html).

Share this :

0 Response to "Arti Ana Uhibbuka Fillah atau Ana Uhibbuki Fillah"

Post a Comment