Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih Tulisan Arab dan Artinya

Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih - Pada dasarnya, istigfar merupakan suatu bentuk permohonan ampun kepada All Ta'al, sebagai bukti dan wujud taubatan nasuha (Taubat), yang didasarkan oleh pengakuan yang jujur akan dosa yang telah dilakukan, penyesalan yang mendalam, serta tekad yang bersungguh-sungguh untuk tidak akan mengulanginya. Inilah inti dari bacaan atau kalimat istigfar.

Istigraf adalah salah satu amalan yang cukup mullia, dimana memiliki kedudukan yang agung dan posisi yang paling utama dan gama Allah Swt. Istigfar merupakan fondasi untuk memperoleh kebaikan dan keberkahan, menghilangkan hukuman dan juga mendapatkan kenikmatan.

Istigfar merupakan bentuk dari pengakuan kita sebagai manusia yang penuh salah, dosa, lupa, dan sebagai pembimbing kita agar tidak berlaku sombong dan angkuh di dunia ini. Selain itu istigfar juga menjadi sesuatu yang ampuh dalam menyucikan dosa dan menghapus catatan kesalahan, mengangkat dan meninggikan kedudukan di sisi Allah Swt. Nabi SAW bersabda,“Sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istigfar yang banyak.” (HR Ibnu Majah)

Selain itu, ada sebuah riwayat yang membuat kita lebih merasa bangga akan pribadi Rasulullah SAW. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, "Aku tidak pernah melihat seseorang yang mengucapkan Astaghfirullah wa atubu ilaih" Lalu apa arti dari Astaghfirullah wa atubu ilaih, berikut informasinta.

Astaghfirullah wa atubu ilaih Tulisan Arab dan Artinya

Kalimat "Astaghfirullah wa atubu ilaih" atau dalam bahasa Arab (أَسْتَغْفِرُ الله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ) adalah salah satu bacaan istigfar terbaik yang memiliki arti "Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertobat kepadanya".


Kalimat tersebut merupakan salah satu bacaan dzikir pilihan yang biasanya dibaca rutin oleh sebagian umat Islam, terutama di pagi hari. Kalimat istigfar tersebut sangat baik dibaca sebanyak 100x setiap berdzikir "Astagfirullah wa atubu ilaih (100x)".

Rasulullah Sallalahu alaihi wa Sallam biasa mengucapkan : أستغفرالله ~ Astaghfirullah.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً

Artinya: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu” (QS. Nuh: 10-12).

Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Nah, itulah kalimat Astaghfirullah wa atubu ilaih dalam bahasa Arab atau Tulisan Arab beserta artinya lengkap dengan penjelasan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu kalimat istigfar terbaik dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Share this :

0 Response to "Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment