5 Contoh Laporan Pendahuluan Tentang Hipertensi

Dalam dunia kesehatan, masalah mengenai hipertensi atau darah tinggi cukup sering dialami oleh masyarakat, tidak terkecuali di Indonesia. Masalah hipertensi atau darah tinggi, walaupun cukup sering dialami oleh beberapa orang, namun nyatanya hipertensi cukup membahayakan bahkan bisa menjadi penyebab kematian seseorang. Lalu apa itu hipertensi?

Apa itu Hipertensi?

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan dalam darah memilik pengertian kakuata aliran daeraj dari jantung yang mendorong dinding pembuluh daerah (arteri). Kekuatan dalam darah bisa berubah-ubah setiap waktu, yang dipengaruhi oleh aktivitas yang berhubungan dengan kinerja jantung, seperti ketika sedang berolahraga atau dalam keadaan normal saat sedang beristirahat, dan juga dipengaruhi juga oleh daya tahan pembuluh darahnya.


Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah pada tubuh lebih dari tinggi 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHF merujuk pada bacaan sistolik, saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, saat jantun dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-bilikny dengan darah.

Semua orang bisa mengalami apa yang namanya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa angka orang yang mengalami hipertensi terus meningkat setiap tahun. Dan diprediksi orang-orang dewasa di seluruh dunia yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa melonjak hingga 29 persen di tahun 2025.

Di Indonesia sendiri berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dimiliki oleh Kemenkes RI, pada tahun 2013 pengidap hipertensi menunjukkan angka 25,8 persen dari total seluruh penduduk Indonesia. Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Sirkesnas (Survei Indikator Kesehatan Nasional) pengidap hipertensi menunjukkan angka 32,4 persen. Berdasarkan hal tersebut, peningkatan pengidap hipertensi selalu meningkat setiap tahunnya.

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang harus diwapadai karena dalam memicu penyakit komlikasi dan juga yang paling parah bisa mengancam nyawa layaknya penyakit jantung. Oleh karena itu, penyakit hipertensi juga disebut dengan "pembuluh darah diam-diam".

(Source: https://hellosehat.com)

Contoh Laporan Pendahuluan Tentang Hipertensi

Karena cukup banyaknya orang yang mengidap penyakit hipertensi, di sekolah atau universitas berbasis pendidikan kesehatan sering diajarkan mengenai pemahaman penyakit hipertensi. Tidak heran jika banyak juga yang menggunakan tema atau judul hipertensi sebagai laporan. Berikut ini adalah beberapa contoh laporan pendahuluan mengenai hipertensi yang bisa Anda jadikan referensi:


Nah, itulah beberapa contoh pendahuluan tentang penyakit hipertensi yang bisa Anda jadikan referensi untuk tugas laporan Anda. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh laporan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "5 Contoh Laporan Pendahuluan Tentang Hipertensi"

Post a Comment