Doa Setelah Sholat Istikharah Paling Mustajab

Sholat istikharah adalah salat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah Swt. oleh meraka yang berada dalam beberapa pilihan, dan merasa ragu untuk memilih atau memutuskan sesuatu. Seperti contohnya bingung ingin menentukan kuliah dimana, siapa yang lebih cocok untuk dijadikan jodoh hidup, memilih pekerjaan yang mana dan lain sebagainya.

Setelah melakukan sholat istikharah dan melakukan doa, maka dengan izin Allah Swt. pelaku akan diberi kemantapan hati dalam menentukan pilihan. Sholat istikharah pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja, namun waktu yang paling tepat dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir.

Nabi Muhammad saw. juga menjelaskan bahwa jika umatnya memiliki keinginan atau memilih keputusan yang terbaik, maka disunnahkan untuk melakukan sholat istikharah ini. Berikut tata cara sholat istikharah beserta doa sholat istikharah yang paling mustajab.

Tata Cara Sholat Istikharah

Tata cara sholat istikharah lebih kurang sama dengan melaksanakan sholat subuh. Hanya saja niatnya saja yang berlainan, yaitu berniat sholat istikharah dilaksanakan sebelum tidur ataupun setelah bangun tidur. Sangat baik dilakukan sesudah lewat tengah malam disaat sunyi, supaya hati lebih khusyuk dalam mengemukakan permohonan kepada Allah Swt. Sholat ini sangat peribadi sifatnya, sebab harus dikerjakan sendiri. Sholat istikharah juga tidak dilakukan dengan memakai adzan atau iqamah.

Adapun cara pelaksanaan sholat istikharah hampir sama dengan sholat sunnat lain, pada umumnya, yaitu dimulai dengan niat sholat istikharah:

Ushalli Sunnatal Istikharaati Rak'ataini Lillahi Ta'aala

Artinya: "Sahaja aku sembahyang sunnat istikharah 2 rakaat karena Allah Ta'ala".

Kemudian melakukan:
  1. Takbir (Allahu Akbar) seraya membaca niat dalam hati sholat istikharah diatas: "Saya sholat istikharah 2 rakaat karena Allah Ta'ala".
  2. Kemudian membaca surat al-fatihah dilanjutkan dengan surat Al-kafirun. Setelah itu lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnah biasa (ruku', i'tidal, sujud, dsb.)
  3. Pada raka'at kedua kembali membaca surat al-fatihah dilanjutkan membaca surat Al-ikhlas, lanjutnya seperti melaksanakan sholat sunnah biasa (ruku', i'tidal, sujud, dsb).
  4. Salam. 

Setelah melaksanakan sholat istikharah 2 rakaat, bisa langsung dilanjutkan dengan berdo'a untuk memohon pilihan yang terbaik menurut Allah. Berikut ini adalah salah satu doanya.

Do'a Setelah Sholat Istikharah

Sesudah sholat dan setelah salam, dilanjutkan membaca do'a shalat istikharah  kemudian memohon petunjuk dan juga mengutarakan masalah yang kita hadapi. Doa tersebut adalah sebagai berikut.


Latin: Latin: ALLOOHUMMA INNI ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDROTIKA WA AS ALIKA MIN FADHLIKAL 'ADZHIIMI. FAINNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU WALAA A'LAMU WA ANTA 'AL-LAAMULGHUYUUBU. ALLOHUMMA INKUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRO KHOIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII FAQDURHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI WA INKUNT TA'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDURLIL KHOIRO HAITSU KAANA TSUMMA RODH-DHIINII BIHI

Artinya: "Wahai Allah, bahwasannya aku mehon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui urusan ini adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkan untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalan pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu."

Baca juga: Doa setelah sholat Tahajud (Arab, Latin, dan artinya)

Nah, itulah tata cara sholat istikharah beserta doa sholat istikharah dengan bahasa Arab, latin dan juga artinya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai shalat istikharah dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Share this :

0 Response to "Doa Setelah Sholat Istikharah Paling Mustajab"

Post a Comment