Doa Untuk Orang Yang Menikah Dalam Agama Islam Singkat

Doa untuk orang menikah - Dalam hubungan keluarga, banyak ditemui sebuah keluarga yang retak dengan berbagai permasalahan di dalamnya. Keluarga merupakan ikatan yang sangat kuat dibawah satu atap. Bertemunya laki-laki dan wanita yang diakhiri dengan satu atap adalah kehendak dari Allah Swt., dan bukan tanpa sebab, karena sudah ada pertimbangan menurut ukuran-Nya. Serta komposisinya tidak dapat digantikan oleh orang lain.

Pengertian Pernikahan

Pernikahan adalah suatu upacara pengikatan janji nikah antara dua insan yang dirayakan dan dilaksanakan secara meriah dengam maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma, baik itu norma agama, norma hukum, dan juga norma sosial. Pernikahan sendiri memiliki upacara atau perayaan yang berbeda-beda di setiap daerah, yang didasari menurut tradisi, agama, suku bangsa, budaya dan juga kelas sosial.

Pernikahan yang menjadi awal sebuah keluarga umumnya selalu direalisasikan dalam perhelatan yang cukup meriah dan besar. Akan tetapi, banyak yang melakukan hal tersebut namun akhirnya berujung perceraian atau konflik di dalam keluarga yang membuat berantakan dan terakhir masuk ke tahap perpisahan (cerai).


Sangat disayangkan memang jika sebuah keluarga yang merupakan cikal bakal peradaban bisa hancur. Dan baik buruknya masyarakat bisa dinilai dari profil-profil keluarga didalamnya. Walaupun sebenarnya banyak menyimpulkan bahwa menjaga keharmonisan keluarga itu mudah, namun cukup banyak keluarga yang berakhir dengan tidak adanya keharmonisan dalam rumah tangga.

Hubungan dalam keluarga tidak terlepas dengan pernikahan. Sebuah pernikahan menjadi moment dimana dia insan yang berbeda keluarga menjadi satu keluarga. Pernikahan menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi kedua mempelai yang menikah, sekaligus keluarganya masing-masing.

Di dalam sebuah acara pernikahan, pastinya akan hadir banyak orang, mulai dari keluarga mempelai, teman, rekan kerja, dan kerabat yang jarang berjumpa pun akan hadir. Pernikahan juga menjadi jalan untuk menyambung silaturahmi, dan menjadi momentum untuk mengucapkan doa dan ucapan kepada kedua mempelai agar dapat menjalani kehidupan rumah tangga yang baru dengan baik tanpa adanya masalah.

Doa Untuk Orang Menikah Dalam Agama Islam

Dalam Islam, ketika ada seseorang menikah, maka hendaknya membacakan doa untuk pasangan pengantin baru, guna menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah. Berikut doanya:

بَارَكَ اللّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرِ

Latin: Barakallahu laka wa baraka ‘alaika, wajama’a bainakuma fi khair

Artinya: “Semoga berkah Allah dilimpahkan kepadamu, semoga berkah Allah dilimpahkan atasmu, serta menghimpun engkau berdua dalam keadaan yang baik (kebahagiaan)”

Rasulullah saw bersabda: Apabila menyatakan selamat kepada seseorang yang baru menikah beliau mengucapkan "Barakallahu laka wa baraka ‘alaika, wajama’a bainakuma fi khair" yang memiliki arti “Semoga berkah Allah dilimpahkan kepadamu, semoga berkah Allah dilimpahkan atasmu, serta menghimpun engkau berdua dalam keadaan yang baik (kebahagiaan)”.

Begitulah Rasulullah mengajarkan dan memberikan teladan kepada umatnya. Doa tersebut sesungguhnya memiliki arti tersembunyi yang sangat dahsyat sekali dan menjadi kunci keberhasilan dan berumah tangga. Nah, itulah informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Doa Untuk Orang Yang Menikah Dalam Agama Islam Singkat"

Post a Comment