Kumpulan Ucapan Orang Meninggal Dunia dalam Islam

Ucapan untuk orang meninggal dunia dalam Islam - Sebagai manusia, jika mendengar ada orang yang meninggal dunia, alangkah baiknya mengucapkan belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Tidak cuman satu agama, semua agama mengajarkan untuk berbelasungkawa dan melakukan takziah dan mendoakan yang terbaik bagi almarhum supaya diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ucapan belasungkawa atau ucapan untuk orang yang meninggal merupakan suatu bentuk simpati dan turut berduka cita atas meninggalnya anggota keluarga dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Karena pada dasarnya kematian merupakan fase terakhir dari semua makhluk hidup, terutama manusia dalam menjalani hidup selama di dunia.

Ucapan belasungkawa biasanya dicupakan langsung jika bertemu dengan keluarga yang ditinggalkan, tapi jika tidak bisa datang langsung datang untuk bertakziah bisa mengucapkan belasungkawa lewat telepon atau juga bisa kata-kata berbentuk pesan. Ucapan belasungkawa juga banyak dilakukan dalam bentuk pesan dan juga berbentuk karangan bunga papan duka cita.

Sebagai seorang muslim, agama Islam telah mengajarkan untuk mengucap "Innalillahi wainna ilaihiraji’un" jika mendengar kabar ada sanak keluarga, tetangga, atau saudara sesama muslim yang meninggal dunia. Kalimat Innalillahi Wainnailaihi Roji'un sendiri mempunyai arti dan makna yang dalam, yaitu sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali.


Nah, jika Anda mendapat kabar bahwa ada keluarga, teman, tetangga, saudara, atau siapa saja yang meninggal dunia dan tidak bisa datang untuk bertakziah, bisa mengirimkan pesan berbentuk ucapan belasungkawa kepada keluarga almarhun atau keluarga yang ditinggalkan. Berikut ini adalah beberapa contoh ucapan untuk orang yang meninggal dunia dalam Islam.

Kupulan Ucapan Orang Meninggal Dunia Dalam Islam

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Turut berbela sungkawa atas tiadanya saudara kami yang sangat kami cintai dan rindukan. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan juga kesabaran, janganlah bersedih hingga berkelanjutan. Karena percayalah bahwa Allah akan senantiasa mempertemukan kita kembali dengannya.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Selamat jalan sahabat baikku, semoga Allah Swt. menerima semua amal kebaikanmu dan menempatkanmu disurganya, amiin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Untuk segala sesuatu yang bernyawa, telah Allah berikan batas waktu kepadanya. Bersabarlah atas musibah yang menimpamu ini, karena apa yang Allah tetapkan pasti menjadi ketetapan terbaikNya. Allah juga pasti akan memberi hikmah atas semua kejadian yang melanda.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Tak terasa air mataku menetes bersama kepergianmu, (sungguh) aku sangat kehilanganmu. Kamu adalah sahabat terbaikku, selamat jalan sahabat semoga amal kebaikanmu menjadi penerang kuburmu, Amiiin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Tak kusangka waktu kepergianmu datang begitu cepat, selamat jalan wahai saudaraku tercinta. Aku selalu berdoa semoga Allah SWT selalu menerima seluruh amal kebaikanmu, dan semoga Allah SWT memilihkan tempat yang paling indah dan menyenangkan. Yaitu surgaMu, Amin Ya Rabbal Alamin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Ku hamparkan sejadah di hari ini hanya untuk mendoakanmu sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima disisi-Nya dan menempatkanmu kedalam surga-Nya, amiin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya, atas meninggalnya sahabat dan saudara kami. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia diterima oleh Allah SWT. Serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Selamat jalan sahabat, doa ini kupersembahkan untukmu: "Ya allah ampunilah dosa2 ku dan dosa-Nya. Ya Allah sayangi aku dan sayangilah dia ya allah, terangi dan luaskan kubur-Nya wahai yang maha belas-kasihan, amiin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Kami atas nama Bapak dan Ibu dari SMA/SMK/MAN/SMP/MTs (sebutkan namanya), turut berbelasungkawa atas meninggalnya saudara/murid kami. Semoga semua amal dan perbuatan baiknya di dunia ini, bisa menjadi sebuah keberkahan bagi kita semua. Serta bisa menjadi sebuah wasilah untuk menikmati indahnya surga di atas sana.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kepada Allah kita akan dikembalikan. Semoga Allah SWT mengampuni dosa almarhum dan menerima segala amal ibadahnya semasa hidup. Semoga kepergiannya tidak menyisakan hutang atau keburukan, dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga mendapat ketabahan dan dapat mengambil tauladan dari perbuatan Almarhum yg baik semasa hidupnya, dan menyimpan segala perbuatan Almarhum yg buruk semasa hidupnya. Amin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Kami atas nama keluarga besar, mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas cobaan yang menimpa keluarga (sebutkan namanya). Kami berharap Allah SWT akan selalu memberikan samudra kesabaran dan ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan. Semoga sahabat kita tetap bersemayam di dalam hati keluarga yang ditinggalkan.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Semoga almarhum diterima disisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya/amal sholehnya dan diampuni segala dosanya amien yaa Robbal 'Aalamien. Kami sekeluarga turut berduka Cita sedalam-dalamnya.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Semoga Allah mengampuni segala dosa dan menerima amal ibadah rekan kita (sebutkan namanya) dan memberi kesabaran dan ketabahan pada keluarga yg ditinggalkan

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Selamat jalan sahabatku, akan selalu saya ingat kebaikan, ketawa dan candamu selama kita bergaul. Kami sekeluarga mendoakan sepenuh hati semoga Almarhum mendapat tempat yang terbaik disisi Allah swt dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga mendapat ketabahan dalam menerima keadaan ditinggalkan orang tercinta, sebagai suami maupun bapak. Amin.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
 Atas nama kami sekeluarga, mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Almarhum (sebutkan namanya) diampuni dan dihapuskan dosa-dosa dan kesalahan selama hidupnya serta mendapatkan tempat yang terbaik disisi ALLAH SWT. Bagi istri dan ketiga putra-putrinya serta keluarga lainnya yang ditinggalkan kami doakan semoga kuat dan tabah atas cobaan ini. Selamat jalan teman dan sahabatku.

Innalillahi wainna ilaihiraji’un
Kami turut berduka cita dan berbelasungkawa, semoga ini menjadikan kita semakin kuat dalam beribadah dan beramal kebaikan.

Referensi:
https://thegorbalsla.com/ucapan-belasungkawa/
https://www.wajibbaca.com/2018/05/ucapan-belasungkawa-islam.html

Share this :

0 Response to "Kumpulan Ucapan Orang Meninggal Dunia dalam Islam"

Post a Comment