Lafadz Lahaula Walakuata Illabillah Tulisan Arab dan Artinya

Di Indonesia cukup banyak kata atau kalimat yang berasal dari Arab dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama digunakan dalam percakapan dalam organisasi yang berbasis agama Islam. Beberapa contoh diantara adalah digunakan sebagai kalimat pedoman untuk memotivasi hidup seperti Innallaha ma'ashobirin yang memiliki arti "Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar".

Selain itu ada juga sebagian yang lebih senang mengucapkan ahlan wa sahlan ketimbang harus mengucapkan kalimat selamat datang. Tidak cuman itu, ada banyak sekali kalimat yang diambil dari ayat suci Al-Qur'an, salah satu diantaranya adalah Lahaula Walakuata Illabillah walaupun penulisannya kurang benar.

Sebagian besar orang pasti mengetik "Lahaula Walakuata Illabillah" padahal kata latin yang diambil dari bahasa Arab tersebut kurang benar. Pengetikan latin yang benar pada kalimat tersebut adalah Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah. Lalu apa arti dari kalimat tersebut dan bagaimana tulisan Arab, dan semoga bermanfaat.

Arti Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah

Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah atau dalam tulisan Arab لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ memiliki arti "Tidak ada usaha, kekuatan dan upaya selain dengan kehendak Allah" menurut tafsir sebagian ulama.

Selain itu ada juga ulama yang menafsirkan kalimat tersebut, "Tidak ada kuasa bagi hamba untuk menolak kejelekan dan tidak ada kekuatan untuk meraih kebaikan selain dengan kuasa Allah."


Kalimat laa hawla wa laa quwwata illa billah adalah sebuah kalimat yang didalamnya berisi makna penyerahan diri atas segala urusan kepada Allah Ta'ala. Hamba tidaklah bisa berbuat apa-apa dan tidak bisa menolak sesuatu, juga tidak bisa memiliki sesuatu selain kehendak Allah.

Kalimat tersebut juga masih memiliki kepanjangan, yaitu Kalimat "La haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim" yang juga disebut sebagai lafadz hauqalah.

لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

Latin: laa hawla wa laa quwwata illa billahil aliyyil azhimm

Artinya: "Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang Maha Luhur dan Maha Agung."

Kalimat yang terkandung dalam kalimat hauqalah adalah semua kekuatan yang kita miliki, kekuatan untuk melakukan perintah dan kekuatan untuk menjauhi larangan Allah berasal dari Allah Swt.


Nabi Ibrahim menyebut kalimat hauqalah ini dengan sebutan ghirasil jannah yang artinya taman surga, karena begitu indahnya, oleh karena itu hendaklah kita terbiasa untuk mengucapkannya.

Referensi:
https://brainly.co.id/tugas/15348122
https://rumaysho.com/14840-arti-laa-hawla-wa-laa-quwwata-illa-billah.html

Share this :

0 Response to "Lafadz Lahaula Walakuata Illabillah Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment