Nama Kantor Berita Nasional Indonesia

Nama Kantor Berita Nasional Indonesia adalah ANTARA. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara atau biasa disingkat Perum LKBN Antara adalah salah satu kantor berita di Indonesia, yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (ANTARA) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tugasnya melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi secara cepat, akurat, dan penting ke seluruh wilayah di Indonesia dan juga dunia Internasional.

Status Kantor Berita Nasional Antara kini adalah lembaga milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara), yang seluruh modal dari kantor Antara dimiliki oleh Negara, berupa kekayaan negara yang dipisahkan dan tida terbagi ke dalam saham, dan hal tersebut sudha diatur oleh Peraturan Pemerintahan Nomor 40 Tahun 2007.


Kepengurusan Kantor Berita Nasional Antara kini berbentuk Direksi dan juga Dewan Pengawas. Saat ini direktur utama yang memegang Antara adalah Meidyatama Suryodiningrat, dan tiga direktur lainnya seperti Hempi Prajudi, Muhammad Munir dan Nina. Sedangkan dewan pengawas yang diangkat oleh pemerintah adalah Sutrisno (ketua) dengan anggota Deddy Hermawan, dan Santoso.

Sejarah Kantor Berita Nasional Antara

Kantor Berita Antara pertama kali didirikan pada tanggal 13 Desember 1937 oleh A.M. Sipahoetar, Adam Malik, Mr. Soemanang, dan Pandor Kartawigoena, saat semangat kemerdekaan Indonesia digerakkan oleh para pemuda pejuang. Direkatur Antara pertama adalah Mr. Soemanang, sedangkan Adam Malik sebagai Redaktur serta wakil direktur. Administratur dijabat oleh Pandoe Kartawigoena yang dibantu oleh wartawan bernama A.M. Sipahutar.

Pada tahun 1941, jabatan direktur yang awalnya dipegang oleh Mr. Sumanang kemudian diserahkan kepada Sugondo Djojopuspito, sedangkan jabatan Redaktur masih dipegang oleh Adan Malik sekaligus sebagai wakil direktur. Pada tahun 1942 Kantor Berita Nasional Antara dipindahkan ke Noord Postweg 53 Paser Baroe (sekarang Jl. Pos Utara No. 53 Pasar Baru)

Pada tahun 1962, Kantor Berita Nasional Antara resmi menjadi Kantor Lembaga pemerintahan yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Kantor Berita Nasional Antara hingga kini menjadi kantor berita terbesar di Indonesia, yang sifatnya semi-pemerintah, walaupun sebelumnya merupakan kantor swasta yang didirikan oleh para wartawan nasionalis.

Di tahun 2007, Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden H. Susilo Bambang Yudhoyono mengubah status LKBN Antara menjadi Perusahaan Umum (Perum) dan resmi ditetapkan pada tanggal 18  Juli 2007 PP 40/2007.

Nah, itulah jawaban mengenai nama kantor berita nasional Indonesia TTS yang dapat saya bagikan untuk Anda semua. Demikian artikel mengenai salah satu pertanyaan dalam Teka-Teki Silang (TTS), dan semoga bermanfaat.

Referensi: Wikipedia.org

Share this :

0 Response to "Nama Kantor Berita Nasional Indonesia"

Post a Comment