Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh (Niat Shalat Qobliyah Subuh)

Ibadah dalam sholat dalam agama Islam terdapat 2 jenis yaitu, ibadah sholat fardhu (wajib), dan sholat sunnah. Sholat fardhu jumlahnya ada 5 dan wajib untuk dikerjakan, diantaranya sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya. Sedangkan sholat sunnah banyak sekali, yang bila dikerjakan akan mendapat pahala namun bila tidak dikerjakan tidak apa-apa.

Salah satu sholat sunnah yang memiliki manfaat didalamnya adalah sholat sunnah qabliyah atau sholat sunnah sebelum sholat shubuh. Shalat sunnah qobliyah atau sholah sunnah fajar adalah sholat dua raka'at yang dikerjakan sebelum pelaksanaan shalat subuh dan merupakan salah satu sholat rawatib. Sholat rowatib adalah shalat sunnah yang dirutinkan sebelum dan sesudah shalat wajib (fardhu). Shalat sunnah qobliyah memiliki manfaat dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya sampai-sampai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya.

Sebuah amalan ringan, namun rasat akan pahala, yang tidak selayaknya disepelekan seorang hamba. Amalam tersebut adalah dua rakaat shalat sunnah sebelum seubuh atau disebut juga dengan shalat sunnah fajar atau shalat sunat qabliyah subuh. Berikut ini adalah niat sholat qabliyah subuh beserta tata cara sholat dan juga doa setelah sholat qobliyah.

Niat Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Berikut niat sholat sunnah qobliyah subuh yang dilakukan sebelum sholat subuh.

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua rakaa’t karena Allah Ta'ala


Kemudian malakukan:
  1. Takbir (Allahu Akbar) seraya membaca niat dalam hati (niat sholat qobliyah) diatas.
  2. Kemudian membaca surat al-fatihah, dilanjutkan dengan surat Al-kafirun. Setelah itu dilanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnah seperti biasa (ruku' i'tidal, sujud, dsb.).
  3. Pada raka'at kedua kembali membaca surat al-fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-ikhlas. Setelah itu, dilanjutkan melaksanakan sholat sunnah seperti biasa (ruku', i'tidal, sujud, dsb.)
  4. Dan terakhir tahiyat dan salam.

Setelah melakukan sholat qobliyah subuh, kita disunnahkan untuk membaca doa sholat sunnah subuh seperti yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw.

Doa Setelah Sholat Qobliyah Subuh

Setelah kita selasai melaksanakan salat sunah qabliyah subuh, kita disunahkan untuk membaca doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad Saw. berikut;

اَللهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Latin: Allahumma rabba jibrila wa israfila wa mika-ila wa muhammadinin nabiyyi a’uzubika minannar

Artinya: “Ya Allah, Tuhan malaikat Jibril, Israfil, Mikail dan Muhammad yang menjadi nabi. Saya berlindung kepadaMu dari api neraka.”

Doa ini dibaca dalam posisi duduk selepas selasai salat sunah qabliyah subuh sebanyak tiga kali. Doa ini dibaca Nabi Muhammad saw. selepas beliau salat sunah subuh, sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Sinni berikut;

عَنْ اَبِي اْلمَلِيْحِ عَنْ اَبِيْهِ رضي الله عنه اَنَّهُ صَلىَّ رَكْعَتَيِ اْلفَجْرِ وَاَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى قَرِيْبًا مِنْهُ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ ثُمَّ سَمِعَهُ يقُوْلُ وَهُوَ جَالِسٌ: اَللهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ وَمِيْكائِيْلَ وَمُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ ثلاث مرات

Artinya: “Dari Abil Malih dari bapaknya, sesungguhnya dia pernah salat sunah fajar dua rakaat dan di dekatnya Rasulullah salat sunah fajar juga dua rakaat yang ringan. Kemudian dia mendengar Nabi Saw. membaca doa dalam keadaan duduk; ‘Allahumma rabba jibrila wa israfila wa mika-ila wa muhammadinin nabiyyi a’uzubika minannar,’ sebanyak tiga kali.”

Referensi:
https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/doa-setelah-salat-sunah-qabliyah-subuh/
https://rumaysho.com/3301-keutamaan-shalat-sunnah-sebelum-shubuh.html

Share this :

0 Response to "Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh (Niat Shalat Qobliyah Subuh)"

Post a Comment