Niat Sholat Tahiyatul Masjid : Arab, Latin, dan Artinya

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam atas Nabi Muhammad sawt, dan tidak ada lagi nabi setelahnya., yang senantiasa beribadah kepada Tuhan-nya sebagaimana yang diwajibkan dan yang menunjukkan umatnya kepada syariat yang sempurna.

Sesungguhnya orang yang memperhatikan kenyataan saat ini akan mendapatkan bahwa kebanyakan dari mereka yang beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu tata cara beribadah yang paling utama adalah dengan menjalankan sholat fardhu 5 waktu, selain itu bisa melakukan sholat sunnah.

Diantara sholat sunnah yang sering dilakukan oleh orang-orang yang sholat berjamaah di masjid adalah Sholat Tahiyatul Majid. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu sholat Tahiyatul Masjid, bagaimana cara menjalankannya, niat sholat tahiyatul masjid, dan larangan sholat Tahiyatul Masjid, berikut penjelasannya.

Pengertian Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat Tahiyatul Masjid adalah sholat yang dikerjakan oleh orang yang masuk ke dalam masjid dengan jumlah dua rakaat, baik laki-laki maupun perempuan sebelum ia duduk. Hukum sholat Tahuyatul Masjid adalah sunnah secara Ijma (kesepakatan) bagi orang yang masuk masjid. Walaupun sunnah, tapi kita diajurkan melaksanakan sholat Tahajud saat memasuki masjid, sesuai sabda Rasulullah Saw. berikut:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِذَادَخَلَ اَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسَ حَتّٰى يُصَلِّى رَكْعَتَيْنَ

Artinya: Rasulullah Saw bersabda." Apabila seseorang diantara kamu masuk Masjid, janganlah langsung duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid)." (H.R Bukhari dan Muslim)

Tujuan dari sholat tahiyatul masjid sebagai bentuk penghormatan kepada masjid, karena masjid adalah tempat untuk melakukan beribadatan kepada Allah Swt. Selain itu sholat tahiyatul masjid juga sebagai memuliakan masjid yang merupakan rumah Allah Swt. Manfaat dari sholat Tahiyatul Masjid adalah bisa memupuk sifat rendek diri dan beradab di dalam masjid.

Tata cara melaksanakan sholat tahiyatul masjid adalah ketika memasuki masjid, lalu mengambil tempat untuk sholat, niat sholat tahiyatul masjid, mengangkat kedua tangan dan melakukan takbiratul ikhram, selanjutnya tinggal melakukan gerakan dan bacaan sholat seperti sholat fardu pada umumnya. Berikut bacaan sholat tahiyatul masjid lengkap dengan arab latin dan juga artinya.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid

Berikut niat Shalat Tahiyatul Masjid lengkap beserta arab latin dan juga artinya.

اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: USHOLLI SUNNATAN TAHIYYATUL MASJIDI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya: "Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta'ala"


Itulah bacaan niat sholat tahiyatul masjid dalam bahasa Arab, latin dan juga beserta artinya. Sholat tahiyatul dapat dikerjakan setiap saat, ketika memasuki ke dalam masjid, dan dilaksanakan sebelum duduk di masjid.

Siapa Yang Dikecualikan Mengerjakan Sholat Tahiyatul Masjid

Khatib jumu'at (penceramah jum'at) dikecualikan (dari melakukan dua rakaat tahiyatul masjid) jika dia masuk untuk berkhutbah jumu'at. Demikian pulu qoyyum al-Masjid yaitu orang yang mengurus masjid karena sering keluar-masuk masjid sehingga dapat memberatkannya. Juga tidak disunnahkan bagi orang yang masuk masjid ketika imam sedang melaksanakan shalat maktubah (shalat wajib yang lima waktu) atau setelah iqomat shalat dikumandangkan, karena shalat wajib telah menggantikan tahiyatul masjid.3

Sebagian ulama berpendapat istihbab (disukainya) mengulang-ulang tahiyatul masjid setiap kali masuk masjid. Pendapat ini diambil oleh an-Nawawi dan dipilih oleh Syaikh Islam Ibnu Taymiah, yang juga merupakan pendapat kuat Madzhab Hanbali.

Selain itu, As-Syaukani berpendapat bahwa tahiyatul masjid disyari'atkan meskipun acap kali keluar-masuk masjid sebagaimana zahir hadits. Wallahu a'lam.

Nah, itulah bacaan niat sholat tahiyatul masjid yang dapat saya bagikan untuk Anda beserta dengan bacaan Arab, latin, dan juga artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Niat Sholat Tahiyatul Masjid : Arab, Latin, dan Artinya"

Post a Comment