Provinsi Paling Timur di Indonesia

Provinsi apa asih yang letaknya paling timur di negara Indonesia? Provinsi Papua adalah provinsi yang paling timur di wilayah Indonesia. Selain menjadi provinsi paling timur di Indonesia, Papua juga menyabet gelar sebagai provinsi yang paling luas di Indonesia yang letaknya berada di bagian tengah Pulau Papua, atau bagian paling timur dari wilayah Papua milik Indonesia. Sedangkan sebagian wilayah Pulau Papua lainnya atau belahan timurnya adalah negar Papua Nugini.

Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Barat yang mencakup semua wilayah di wilayah Papua Bagian Barat. Namun sejak tahun 2003, Provinsi Papua (Irian Jaya) dibagi menjadi dua provinsi, yaitu bagian timur yang tetap memakai nama Papua saja, sednagkan di bagian wilayah barat memakai nama Papua Barat. Pulau Papua sendiri merupakan pula terbesar kedua di dunia dan menjadi pulau terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 808.105 km persegi.

Provinsi Papua

Provinsi Papua sendiri memiliki luas wilayah keseluruhan sekitar 421.981 km2, dan letaknya berada di wilayah paling ujung timur Indonesia. Provinsi papua sejak dulu menjadi provinsi yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan bernilai ekonomis tinggi, dan letaknya yang strategis membuat bangsa-bangsa asing untuk datang menguasai Pulau Papua.


Ibu kota provinsi Papua adalah Jayapura, dengan Kabupaten Puncak Jaya sebagai kota paling tinggi di Pulau Papua, sedangkan kota yang memiliki dataran paling rendah di Pulau Papua adalah kota Merauke. Papua merupakan daerah beriklim tropis dan wilayah kepulauan, dengan kelembapan udara relatif tinggi sekitar 80-89%, dan kondisi ini yang membuat penyebaran penduduk tidak merata di sebagian wilayah di Papua.

Provinsi Papua Barat

Papua Barat atau biasanya disingkat Pabar adalah sebuah provinsi yang ada di Indonesia, yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibu kota dari Papua Barat adalah Manokwari. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi baru di Indonesia, yang baru dibentuk pada tahun 2007 dan merupakan pembagian dari Provinsi Papua (Irian Jaya).

Nama provinsi Papua Barat sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Namun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini kemudian diubah menjadi Papua Barat. Provinsi Papua dan juga Papua Barat menjadi salah satu provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Nah, itulah jawaban mengenai provinsi paling timur di Indonesia, yaitu Provinsi Papua beserta penjelasan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai wilayah paling timur di Indonesia dan terima kasih.

Share this :

0 Response to "Provinsi Paling Timur di Indonesia"

Post a Comment