Tari Merak Berasal dari Daerah Mana Sih? Berikut Jawabannya

Siapa sih yang tidak kenal dengan tarian merak! masyarakat Indonesia khusunya yang berada di Jawa Barat pastinya mengetahui mengenai tarian ini. Tari merak merupakan salah satu jenis tari kreasi kontemporer. Tari kreasi kontemporer sendiri adalah tarian yang diciptakan dengan berbagai  gerakan kreasi sendiri yang bersfat bebas. Tari kreasi ini tidak mengandung unsur darian tradisional rakyat maupaun tarian tradisional klasik pada umumnya.

Fungsi dari tari merak sendiri adalah hanya untuk sarana hiburan semata. Tari merak sendiri banyak dipertunjukkan di berbagai acara, dan tahukan Anda bahwa tari merak tidak hanya terkenal di Indonesia saja melainkan cukup terkenal di luar negeri. Selain itu, tari merak juga sering diguanakan sebagai acara untuk penyambutan tamu. Oleh karena itulah sudah banyak yang mengajarkan tari merak di tingkat pendidikan Paud, TK, SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat, hingga mahasiswa sebagai sarana seni tari. Tarian ini umumnya diajarkan pada pelajar yang berdomisili di Jawa Barat.

Tari Merak Berasal dari Daerah atau Provinsi mana?

Tari Merak berasal dari daerah pasundan provinsi Jawa Barat dan diciptakan oleh seniman Sunda Raden Tjetje Somantri. Tari merak merupakan sebuah tarian yang geraka tariannya mengambarkan ekspresi kehidupan dari Burung Merak. Selain gerakannya yang menggambarkan kehidupan burung merak, kostum yang digunakan dalam tarian pun juga mirip seperti burung merang yang bisa terlihat dari kemiripan bulunya.

Menurut sejarah, Tari atau tarian merak sebenarnya sudah ada di bumi Pasunda ketika pada tahun 1950-an, seorang karografer bernama Raden Tjetjep Somantri yan menciptakan gerakan Tari Merak tersebut. Seperti namanya, Tari Merak merupakan tarian yang mengimplentasi dari kehidupan burung Merak.

Utamanya mengimplentasi gerak tingkah burung merak jantan ketika ingin memikat burung betina. Gerakan burung merak jantan tersebut memamerkan keindahan bulu ekornya yang mengembang ketika ingin menarik perhatian dari merak betina, dan gerakan atau ekspresi burung merak jantan tersebut terlihat jelas dalam Tarian Merak.

Seiring dengan perkembangan zaman, Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat telah banyak mengalami perubahan, terutama dari gerakan asli yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri. Tokoh bernama Dra. Irawati Durban Ajon yang telah berjasa menambahkan beberapa koreografi baru ke dalam tari merak versi Asli yang menjadi lebih baik. Sejarah perkembangan Tari Merak sendiri tidak hanya disitu saja, pada tahun 1985 gerakan Tari Merak kembali direvisi.

Kostum Tari Merak

Kostum yang digunakan dalam tari merak juga identik dangan burung Merak, seperti motif kain seperti bulu burung merak. Kain dan baju yang digunakan dalam tarian juga mengambarkan bentuk dan warna bulu burung merak seperti bewarna hijau bercampur dengan warna biru dan juga hutam. Selain itu, kostum tari merak dilengkapi dengan sepasang sayap yang melukiskan sayap dan ekor dari burung berak yang sedang dikembangkan seperti layaknya burung merak jantan yang sedang menarik perhatian burung merak betina.


Tari Merak juga menggunakan selendang yang dililitkan pada pinggang, dan ada juga hiasan makhota dikepala pada setiap penari seperti kepala burung merak. Sedangkan untuk tata rias seperti pada umumnya, namun yang paling menonjol adalah riasan di bawah mata yang diberi eyeshadow atau goresan eyeliner.

Pementasan Tari Merak

Dalam pementasannya, tari merak dilakukan secara berbarengan, biasanya dialkukan dengan tiga orang penari atau lebih. Setiap penari difungsikan sebagai wanita dan laki-laki yang diiringi dengan lagu gending yang biasanya menggunakan lagu Macam Ucul.

Penari yang melakukan gerakan tari akan diringi dengan alat musik waditra bonang yang dipukul dibagian kayunya dengan keras sehingga terdengar cukup kencang. Hal tersebut juga merupakan bagian gerakan dari sepasang merak yang sedang bermesraan. Gerakan dalam tari merak sendiri terlihat anggun dan mempesona menggambarkan gerakan burung merak yang penuh ceria dan keanggunan.

Dari beberapa tarian yang diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, mungkin tari merak ini lah yang cukup terkenal, tidak cuman di Indonesia melainkan di luar negeri. Nah, itulah informasi mengenai tarian merak dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Tari Merak Berasal dari Daerah Mana Sih? Berikut Jawabannya"

Post a Comment