5 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani - Kebugaran jasmani adalah kesanggupa tubuh dalam melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebih dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan lain. Kebugaran jasmani terdiri dari 2 kata, yaitu "Sehat" yang memiliki arti terbebasnya tubuh baik fisik maupun mental dari segala penyakit, dan "bugar" yang memiliki arti kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimak dan masih mempunyai cadangan tenaga tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.

Kebugaran jasmani memiliki bentuk latihan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya adalah melatih kekuatan dengan melakukan squat jump, pust up dan sit up. Melatih daya tahan dengan lari atau latihan naik turun tangga. Selain itu latihan kebugaran jasmani bisa melatih otot, kecepatan, daya lentur, kelincahan, koordinasi, keseimbangan, ketepatan, dan reaksi.

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Lalu apa tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani? tujuan utamanya dari latihan kebugaran jasmani secara keseluruhan adalah untuk mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kegian sehari hari. Berikut tujuan lainnya dari latihan kebugaran jasmani.


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani adalah untuk meningkatkan data tahan tubuh. Daya tahan tubuh sendiri adalah kemampuan tubuh untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, tentunya tubuh akan menjadi sehat dan selalu sehat. Sebaliknya, bila daya tahan tubuh menurun, tentunya kuman akan mudah masuk, sehingga tubuh menjadi gampang sekali terkena penyakit, yang akhirnya berujung sakit.

2. Meningkatkan kelenturan persendian

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani yang kedua adalah untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Persendian yang tegang dan kaku membuat tubuh tidak mampu bergerak dengan bebas saat beraktivitas. Bahkan, sendi yang tidak normal pun akan terasa sakit. Oleh karena itu tubuh butuh banyak bergerak supaya persendian tubuh menjadi lebih lentur, salah satunya adalah dengan latihan kebugaran jasmani.

3. Meningkatkan kekuatan otot

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani yang ketiga adalah untuk meningkatkan kekuatan otot. Latihan kebugaran jasmani juga melatih kerja dan kekuatan otot tubuh melalui gerakan tubuh. Selain itu melatih kekuatan otot juga bisa ditingkatkan denga alat olahraga seperti alat-alat olahraga yang ada di Gym fitness.

4. Meningkatkan kecepatan

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani yang keempat adalah meningkatkan kecepatan. Kecepatan tidak terlepas dari lari dan juga sprint, lari adalah sebuah kegiatan menempuh jarak tertentu yang membuat kita mengeluarga banyak keringan dan membuat tubu lelah. Tapi dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, kelelahan akibat lari bisa diminimalisir dan juga bisa menambah kecepatan lari.

5. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kegian sehari hari

Tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani yang keempat adalah mempertahankan dan
menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya latihan kebugaran jamasni memiliki tujuan utama untuk mempertahankan kesehatan semua organ tubuh baik kesehatan tulang, otot, jantung, sendi, pencernaan serta memperbaiki mood seseorang. Selain latihan kebugaran jasmani bisa menyelaraskan kondisi tubuh yang prima dengan pola pikir yang sehat pula.

Nah, itulah 5 tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani yang bisa didapat jika kita melakukan latihan kebugaran jasmani dengan benar. Demikian artikel mengenai kebugaran jasmani dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "5 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani Lengkap"

Post a Comment