Al-'Adl Artinya (Yang Maha Adil) Asmaul Husna

Al Adl Artinya? Allah Swt. mempunyai sifat Al-'Adl artinya Yang Maha Adil. Keadilan Allah Swt. sempurna tanpa cacat, keadilan Allah Swt. berlaku untuk seluruh makhluk-Nya dan tidak pernah pilih kasih.

Kata adil dapat diartikan menetapkan hukum dengan benar. Jadi, seorang yang adil adalah berjalan lurus dan sikapnya selalu menggunakan ukuran yang sama, bukan ukuran ganda. Orang yang adil tidak berpihak kepada salah seorang yang berselisih.


Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

الَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ

Arab Latin: Allażī khalaqaka fa sawwāka fa 'adalak

Artinya: Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang, (Q.S. Al-Infitar, 82: 7)

Isi kandungan dari ayat tersebut adalah wahai manusia yang mengingkari kebangkitan,apa yang membuatmu tertipu terhadap tuhan yang maha pemurah,pemilik kebaikan melimpah,yang berhak ditaati dan disyukuri? Bukankah Dia yang telah menciptakanmu dan membaguskan penciptaanmu lalu dia menyempurnakannya. Dan menyusun tubuhmu untuk menunaikan tugas tugasmu? Dia maha kuasa untuk menciptakan kalian dalam bentuk apa pun yang dia kehendaki.

Tafsir Surat Al-Infitar Ayat 7

Mengapa kamu ingkar kepada Tuhan yang telah menciptakanmu dari tiada dalam ukuran yang tepat, lalu Dia menyempurnakan kejadianmu dengan anggota-anggota tubuh, dan Dia menjadikan susunan tubuh-mu seimbang? (Tafsir oleh Kementrian Agama)

Baca: Al-Wakil Artinya (Yang Maha Mewakili atau Pemelihara) Asmaul Husna

Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا ۚ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِهِ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Arab Latin: Wa tammat kalimatu rabbika ṣidqaw wa 'adlā, lā mubaddila likalimātih, wa huwas-samī'ul-'alīm

Artinya: Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merubah rubah kalimat-kalimat-Nya dan Dialah yang Maha Mendenyar lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-An'am, 6: 115)

Isi kandungan dari ayat tersebut adalah Dan telah sempurnalah kalimat tuhanmu, (yaitu al-qur’an) kalimat yang benar dalam berita-berita dan pernyataan-pernyataannya, dan adil dalam hukum-hukumnya. Tidak ada seorangpun yang mampu mengganti kalimat-kaliamatNya yang sempurna. Dan Allah Dialah yang maha mendengar semua apa yang diucapkan oleh para hambaNya, juga maha mengetahui urusan batin mereka dan urusan lahir mereka.

Tafsir Surat Al-An'am Ayat 115

Pada ayat ini Allah menandaskan kesempurnaan Al-Qur'an dari segi isinya. Dan telah sempurna firman Tuhanmu, yakni Al-Qur'an, dengan benar dari segi pemberitaannya dan adil dari segi hukumnya. Dengan kata lain, ketetapan Allah dalam menolong rasul dan kaum mukmin dan menghinakan orang kafir telah bulat. Tidak ada yang dapat mengubah firman-Nya karena semua yang ada di dalam Al-Qur'an sudah benar-benar kukuh, tidak perlu ada perubahan. Inilah janji Allah untuk menjaga kemurnian Al-Qur'an. Dan Dia Maha Mendengar terhadap segala ucapan-ucapan yang menipu, Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati seperti niat dan keinginan-keinginan. (Tafsir oleh Kementrian Agama)

Referensi:
https://tafsirweb.com/
https://quran.kemenag.go.id/

Share this :

0 Response to "Al-'Adl Artinya (Yang Maha Adil) Asmaul Husna"

Post a Comment