Al-Jami' Artinya (Yang Maha Mengumpulkan) Asmaul Husna

Al Jami Artinya Yang Maha Mengumpulkan - Allah Swt. adalah Dzat yang akan mengumpulkan manusia di padang mahsyar untuk diperlihatkan semua perbuatannya di dunia dan diberi keputusan secara benar.

Perhatikan firman Allah sebagai berikut!

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

Arab Latin: Qul yajma'u bainanā rabbunā ṡumma yaftaḥu bainanā bil-ḥaqq, wa huwal-fattāḥul-'alīm

Artinya: Katakanlah: "Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dialah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui". (Q.S. Saba', 34: 26)

Tafsir Surat Saba' Ayat 26

Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, “Pada hari Kiamat, Tuhan kita, Allah, akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar dan adil. Dan Dia Yang Maha Pemberi keputusan secara adil, Maha Mengetahui keputusan yang tepat.” (Tafsir oleh Kementrian Agama)


Di padang mahsyar nanti apa pun yang telah diputuskan oleh Allah Swt. tidak ada satu pun yang bisa mengubahnya. Apabila Allah Swt. telah memutuskan bahwa kita termasuk penghuni surga, tidak ada satu pun yang bisa mengubahnya. Bagitu juga sebaliknya, karena di dalam memutuskan sesuatu, Allah Swt. tidak perlu bermusyawarah dengan makhluk-makhlyk-Nya.

Baca: Al-Matin Artinya (Yang Maha Kukuh) Asmaul Husna

Allah Swt. dalam mengambil satu keputusan pasti melalui pertimbangan-Nya dengan menghadirkan saksi-saksi, bukti-bukti, serta catatan-catatan. Oleh karena itu jika Allah Swt. telah menetapkan keputusan-Nya, ketetapan-Nya itu mutlak, pasti benar dan tidak berubah lagi.

Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيعَادَ

Arab Latin: Rabbanā innaka jāmi'un-nāsi liyaumil lā raiba fīh, innallāha lā yukhliful-mī'ād

Artinya: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya". Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji. (Q.S. Ali Imran, 3: 9)

Tafsir Surat Ali Imran Ayat 9

Mereka tidak hanya mengajukan permohonan yang berkaitan dengan kehidupan di dunia, tetapi juga menegaskan keyakinan tentang keniscayaan hari Akhir. "Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya, yaitu pada hari kiamat." Sungguh, Allah tidak menyalahi janji. (Tafsir oleh Kementrian Agama)

Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

وَقَدْ نَزَّلَ عَلَيْكُمْ فِي الْكِتَابِ أَنْ إِذَا سَمِعْتُمْ آيَاتِ اللَّهِ يُكْفَرُ بِهَا وَيُسْتَهْزَأُ بِهَا فَلَا تَقْعُدُوا مَعَهُمْ حَتَّىٰ يَخُوضُوا فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ ۚ إِنَّكُمْ إِذًا مِثْلُهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ جَامِعُ الْمُنَافِقِينَ وَالْكَافِرِينَ فِي جَهَنَّمَ جَمِيعًا

Arab Latin: Wa qad nazzala 'alaikum fil-kitābi an iżā sami'tum āyātillāhi yukfaru bihā wa yustahza`u bihā fa lā taq'udụ ma'ahum ḥattā yakhụḍụ fī ḥadīṡin gairihī innakum iżam miṡluhum, innallāha jāmi'ul-munāfiqīna wal-kāfirīna fī jahannama jamī'ā

Artinya: Dan sungguh Allah telah menurunkan kekuatan kepada kamu di dalam Al Quran bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk beserta mereka, sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena sesungguhnya (kalau kamu berbuat demikian), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di dalam Jahannam,

Baca juga: Al-Mu'min Artinya (Yang Maha Pemberi Rasa Aman) Asmaul Husna

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 40

Sungguh aneh apa yang telah mereka lakukan itu, padahal sungguh, Allah telah menurunkan ketentuan-ketentuan bagimu, wahai orang-orang yang benar-benar beriman, di dalam Kitab Al-Qur'an bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah, diingkari dan diperolok-olokkan oleh orang-orang kafir dan munafik, maka janganlah kamu duduk di tempat atau lokasi itu bersama mereka, bahkan putuskanlah pembicaraan dengan mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain, yaitu hal-hal yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Karena sesungguhnya kamu, wahai orang-orang yang beriman, apabila tetap duduk bersama mereka, tentulah serupa dengan mereka dalam kekafiran dan kemunafikan. Sungguh, Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di neraka Jahanam, sebagaimana mereka berkumpul dan bergabung dalam tujuan yang sama, (Tafsir oleh Kementrian Agama)

Referensi:

https://tafsirweb.com/
https://quran.kemenag.go.id/

Share this :

0 Response to "Al-Jami' Artinya (Yang Maha Mengumpulkan) Asmaul Husna"

Post a Comment