Al-Matin Artinya (Yang Maha Kukuh) Asmaul Husna

Al Matin Artinya? Allah Swt. adalah Zat yang Mahakukuh. Karena kekukuhan-Nya, Allah Swt. tidak terkalahkan dan tidak tergoyahkan. Siapakah yang paling kuat dan kukuh selain Allah Swt.? Tidak ada satu makhluk pun yang dapat manyamai Allah Swt. meskipun seluruh makhluk di bumi ini bekerja sama.

Allah Swt. adalah Maha Sempurna dalam kekuatan dan kekukuhan-Nya. MahaSempurna dalam segala hal serta terhindar dari segala kelemahan dan sifat manusiawi.

Oleh karena itu, sifat Al-Matin adalah kehebatan perbuatan yang sangat kukuh dari kekuatan yang tidak ada taranya. Dengan begitu Allah Swt. yang memiliki rahmat dan azab terbuktu ketika Allah Swt. memberikan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya.

Baca: Al-Mu'min Artinya (Yang Maha Pemberi Rasa Aman) Asmaul Husna

Tidak ada kekuatan yang dapat menghalangi rahmat Allah Swt. untuk tipada kepada sasarannya. Dengan demikian juga, tiada ada kekuatan yang dapat mencegah pembalasan-Nya. Kemurkaan dan azab-Nya akan mengenai sasaran tanpa meleset sedikit pun.


Perhatikan firman Allah Swt. dalam Surat Az-Zariyat, 51: 58, berikut ini

Al-Matin Tercantum dalam Surah Az-Zariyat Ayat 58


إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Latin: Innallaha huwar razzaqu zul quwwatil matin

Artinya: "Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh."

Dalam ayat tersebut memiliki isi kandungan bahwa sesungguhnya hanya Allah semata Yang Maha Pemberi Pemberi rizki (rezeki) makhluk-Nya, Yang menjamin makanan mereka, Pemilik kekuatan yang kokoh, tidak ditundukkan dan dikalahkan, karena Dia lah yang memiliki kuasa dan kekuatan sempurna. (Q.S. Az-Zariyat, 51: 58)

Tafsir Surat Az-Zariyat Ayat 58

Tafsir oleh Kementrian Agama (Kemenag): Sungguh, Allah Mahakuasa dan tidak memerlukan sesuatu dari makhluknya karena Dialah Pemberi rezeki kepada makhluk-Nya, dan Dia juga yang mempunyai kekuatan yang sangat besar lagi sangat kukuh.

Tafsir oleh An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi: Tidak ada satu makhluk hidup pun baik di langit maupun di bumi kecuali atas tanggungan Allah-lah rezekinya.

Dia mempunyai kekuatan dan kekuasaan seluruhnya, dimana dengannya Dia mengadakan makhluk-makhluk yang besar; baik di alam bagian bawah maupun alam bagian atas, dengannya Dia bertindak pada sesuatu yang tampak maupun yang tersembunyi; kehendak-Nya berlaku pada semua makhluk.

Oleh karena itu, apa yang Allah kehendaki pasti terjadi dan apa yang tidak Dia kehendaki tidak akan terjadi, tidak akan dapat meloloskan diri dari azab-Nya ketika berlari menjauhi-Nya dan tidak ada yang keluar dari kekuasaan-Nya.

Baca: Al-Wakil Artinya (Yang Maha Mewakili atau Pemelihara) Asmaul Husna

Termasuk kekuatan-Nya adalah Dia mengirimkan rezeki-Nya kepada seluruh alam. Termasuk kemampuan dan kekuatan-Nya juga adalah Dia membangkitkan orang-orang yang telah mati setelah jasad mereka hancur di mana pun mereka berada, sehingga tidak ada seorang pun yang dapat lolos dari-Nya, maka Mahasuci Allah Yang Mahakuat lagi Mahakokoh.

Tafsir oleh Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia: 58. Sesungguhnya Allah lah yang memberi rezeki kepada hamba-hamba-Nya, semuanya butuh kepada rezeki-Nya. Allah mempunyai kekuatan dan Mahakokoh yang tidak ada sesuatu pun yang mengalahkan-Nya. Semua jin dan manusia tunduk pada kekuatan-Nya.

Referensi:
https://quran.kemenag.go.id/index.php/tafsir/1/51/58
https://tafsirweb.com/9954-surat-az-zariyat-ayat-58.html

Share this :

0 Response to "Al-Matin Artinya (Yang Maha Kukuh) Asmaul Husna"

Post a Comment