Al-Mu'min Artinya (Yang Maha Pemberi Rasa Aman) Asmaul Husna

Secara bahasa, Al-Mu'min (المؤمن) berasal dari kata amina berarti pembenaran, ketenagan hati, dan aman. Kehidupan di dunia ini penuh dengan berbagai permasalahan, tantangan, dan cobaan. Kita sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah Swt. tidak perlu khawatir untuk menghadapi segala cobaan di dunia ini karena Allah Swt. mempunyai Al-Mu'min.

Dengan percaya bahwa Allah Maha Pemberi Rasa Aman, niscaya hati kita akan terhindar dari rasa gelisah, takut, dan juga cemas.

Allah Swt. adalah Zat Yang Maha Pemberi Rasa Aman. Ketika kita menyeru dan berdoa kepada Allah Swt. dengan nama-Nya Al-Mu'min, berarti kita memohon diberikan keamanan, dihindarkan dari fitnah, bencana, dan siksa. Karena Dialah Yang Maha Memberi Keamanan, Dia Yang Maha Pengaman.


Dalam nama Al-Mu'min terdapat kekuatan yang dahsyat dan luar biasa. Di situ ada pertolongan dan perlindungan, ada jaminan (insurance), serta ada bala bantuan. Perhatikan firman Allah Swt. berikut ini!

Q.S. Al-Hasyr Ayat 23


هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Latin: Huwallahullazi la ilaha illa huw, al-malikul-quddusus-salamul-mu'minul-muhaiminul-azizul-jabbarul-mutakabbir, sub-hanallahi 'amma yusyrikun

Artinya: "Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan." (Q.S. Al-Hasyr, 59:23) 

Tafsir Surat Al-Hasyr Ayat 23

Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia, tidak ada Tuhan yang berhak diibadati selain Dia. Maharaja, Yang kekuasaan-Nya tak terbatas; Yang Mahasuci dari segala bentuk kekurangan; Yang Mahasejahtera, Yang menjadi sumber kedamaian yang didambakan manusia; Yang Menjaga Keamanan, Yang Pengayoman-Nya lengkap, sempurna, dan menyeluruh. Pemelihara Keselamatan manusia, terutama di akhirat; Yang Mahaperkasa mencabut kekuasaan para penguasa dunia; Yang Mahakuasa menghentikan paksa ambisi para pecandu kekuasaan. Yang Memiliki Segala Keagungan. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan, karena Allah berbeda dengan seluruh makhluk ciptaan-Nya. (Tafsir oleh Kementrian Agama)

Q.S. Al-An'am Ayat 82


الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

Latin: Allazina amanu wa lam yalbisu imanahum bizulmin ula ika lahumul-amnu wa hum muhtadun

Artinya: "Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Q.S. Al-An'am, 6:82)

Tafsir Surat Al-An'am Ayat 82

Karena sama sekali tidak ada jawaban dari kaum Nabi Ibrahim yang durhaka tersebut, akhirnya Nabi Ibrahim sendiri menegaskan sebuah prinsip penting bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah Yang Maha Esa dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman, yakni syirik (Lihat: Surah Luqma n/31: 13), mereka itulah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Mereka adalah orang-orang yang mendapat rasa aman dari Allah yang mereka sembah, dan mereka mendapat petunjuk secara sempurna. (Tafsir oleh Kementrian Agama)


Referensi:
https://tafsirweb.com/2206-surat-al-anam-ayat-82.html
https://tafsirweb.com/10821-surat-al-hasyr-ayat-23.html

Share this :

0 Response to "Al-Mu'min Artinya (Yang Maha Pemberi Rasa Aman) Asmaul Husna"

Post a Comment