Hamasah Artinya? Kata Penyemangat Keep Hamasah

Pernahkah Anda mendengar kata yang asing ditelinga, dengan bahasa yang bukan dari bahasa Indonesia. Pastinya pernah? Pasalnya Indonesia merupakan negara dengan berbagai bahasa di dalamnya. Umumnya kata atau kalimat yang asing ditelinga kita berasal dari bahasa Arab, karena Indonesia adalah negara dengan umat Islam (muslim) terbesar di dunia.

Cukup banyak kata atau kalimat dalam bahasa Arab yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Umumnya kalimat yang diambil dari bahasa Arab tersebut adalah kalimat yang di dalamnya terkandung makna yang sangat baik. Salah satu diantaranya adalah kalimat inna ma'al usri yusra yang memiliki arti "sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan".

Kalimat dalam bahasa Arab yang terdapat makna yang sangat bagus di dalamnya, biasanya berupa kalimat motivasi atau kalimat penyemangat. Salah satu diantaranya adalah kata hamasah, lalu apa arti dari kata hamasah? berikut informasi lengkapnya.

Arti dari Kata Hamasah?

Hamasah merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab (حَمَاسَة) yang memiliki arti semangat. Selain semangat kata "hamasah" juga memiliki arti lain, yaitu gelora, ketekunan, gairah, keinginan, minat kuat, ambisi dan hasrat. Tapi umumnya kata hamasah memiliki arti semangat. Beberapa orang biasanya mengatakan "Keep Hamasah" yang memiliki arti tetap semangat.

Seperti halnya kata dalam bahasa Arab lainnya, kata hamasah juga memiliki makna. Makna dari kata ini adalah memberi harapan berupa motivasi agar tetap semangat dalam menjalani hidup, mengapai cita-cita serta menghadapi berbagai rintangan yang ada dalam kehidupan. Oleh karena itu banyak orang, terutama muslim yang mengatakan "keep hamasah" sebagai bentuk kata motivasi untuk orang lain.


Dengan kata lain kata hamasah adalah kata semangat dalam bahasa Arab. Semangat pada dasarnya berhubungan dengan perasaan dna juga tindakan. Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin bergerak untuk melakukan suatu tindakan, baik itu satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat atau hamasah memiliki fungsi utama sebagai penggerak batin untuk bertindak.

Berdasarkan penjabaran diatas, maka yang dimaksud dengan hamasah adalah kata untuk tetap semangat, dengan tujuan untuk mendorong batin seseorang supaya bertindak dan juga memberikan motivasi semangat kepada orang lain. Karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan semangat dan tanpa semangat hidup tidak ada artinya.

Karena semangat merupakan pemicu dari harapan untuk terus bertahan hidup, dan tetap hidup. Semangat menjadi modal yang paling utama dalam mencapai suatu tujuan dan cita-cita. Semangat memberikan kekuatan dan sembuh dari keterpurukan. Dengan semangat kita bisa menjalani hidup dengan langkah yang positif, dan juga akan membawa dampak bagi keberhasilan untuk kedepannya.

Mempertahankan Semangat

Semangat itu pada dasarnya bersifat angin-anginan, terkadang ada dan muncul dari dalam diri kita dan juga kadang pergi berulang kali. Semangat bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali dari orang lain yang memberikan semangat kepada kita, contohnya keep hamasah. Namun pengaruh semangat yang paling besar berasal dari dalam diri kita sendiri.

Diperlukan tekad yang kuat untuk mempertahankan semangat. Jika sekarang kita merasa tidak memiliki semangat sama sekali, kita harus mengingat-ingat satu kondisi dan situasi dimana semangat itu sedang pergi, dengan kata lain ketika kita sedang tidak bersemangat. Maksudnya adalah agar anda bisa merasakan apa saja perbedaannya, kemudian mempertahankan eksistensinya dan juga menambah kekuatan dari semangat itu sendiri.

Baca: Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih Tulisan Arab dan Artinya

Mempertahankan semangat bisa dilakukan dengan memiliki tekad terlebih dahulu. Tekad yang hkuat untuk mempertahankan semangat itu sendiri, lalu mengarahkannya agar bisa memberikan hasil yang produktif dan juga membuat kita senang. Mengapa demikian? Sebab, apabila semangat itu tidak menghasilkan sesuatu yang menyenangkan pada diri kita sendiri, nantinya semangat tersebut hanya bersifat biasa-biasa saja dan tidak mendapatkan tekad yang kuat untuk meraih tujuan dan keberhasilan. Jadi, keep hamasah.

Share this :

0 Response to "Hamasah Artinya? Kata Penyemangat Keep Hamasah"

Post a Comment