Hasbunallah Wanikmal Wakil Tulisan Arab dan Artinya

Hasbunallah Wanikmal Wakil - Berdasarkan sejarah agama Islam, kalimat dzikir "hasbunallah wanikmal wakil" merupakan salah satu kalimat dzikir yang sudah ada sejak zaman para nabi, dan diamalkan oleh para nabi dan juga orang-orang sholeh pada zaman itu. Baik mereka ketika mereka mendapat cobaan yang besar maupun fitnah yang cukup berat sekalipun.

Selain memiliki makna yang sangat bagus di dalamnya, bacaan dzikir juga mempunyai kekuatan yang sangat besar melebihi apa pun di dunia ini. Bacaan dzikir merupakan untaian ayat Al-Qur'an yang memiliki makna yang sangat bagus di dalamnya. Dengan mempelajari makna bacaan dzikir akan membuat kita tahu arti, hikmah, makna, keutaman dan kelebihan dari setiap bacaan dzikir. Sehingga kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. serta juga meminta penlindungan hanya kepada-Nya.

Salah satu bacaan dzikir yang di dalamnya terkandung makna yang sangat luar biasa adalah hasbunallah wanikmal wakil. Lalu apa arti dari kalimat tersebut dan apa keutamaannya? berikut penjelasan lengkapnya.

Hasbunallah Wanikmal Wakil Arab dan Artinya

Tulisan Arab latin dari hasbunallah wanikmal wakil yang benar adalah hasbunallah wa ni’mal wakil atau dalam bahasa Arab (حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ) mempunyai arti "cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung".

Kalimat tersebut merupakan kalimat yang biasanya digunakan dalam dzikir dengan versi lengkap "hasbunallah wa ni’mal wakil ni’mal maula wa ni’mal nashir" yang memiliki arti "cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, dan sebaik-baik penolong kami."

Kalimat tersebut termasuk ke dalam kalimat dzikir sederhana, namun didalamnya terkandung makna yang sangat luar biasa. Kalimat dzikir tersebut menandakan bahwa seorang hamba hanya pasrah kepada Allah Swt, dan menjadikan-Nya tempat bersandar.


Kalimat tersebut terdapat dalam firman Allah Swt. sebagai berikut.

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Latin: Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama'ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni'mal-wakīl

Artinya: (Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung". (QS. Ali ‘Imron: 173)

Tafsir Surat Ali 'Imron Ayat 173

Orang-orang yang mendapat pahala besar adalah orang-orang yang menaati Allah dan Rasul. Mereka memenuhi perintah Allah untuk berjuang yang ketika ada sekelompok orang-orang munafik yang loyal kepada kaum musyrikin mengatakan kepadanya dengan nada mengejek dan meniupkan rasa ketakutan terhadap orang-orang mukmin, "Orang-orang Quraisy telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu dengan jumlah pasukan yang lebih besar dan persiapan lebih matang, karena itu takutlah kepada mereka." Ternyata ucapan mereka itu tidak membuat orang-orang mukmin gentar dan takut, justru menambah kuat iman mereka dan mereka menjawab dengan teguh dan mantap, "Cukuplah Allah menjadi penolong bagi kami dalam melawan setiap musuh dan Dia sebaik-baik pelindung yang selalu melindungi dari setiap penyerang, dan membela dari setiap penyerbu, karena kami adalah tentara Allah." (Tafsir oleh Kementrian Agama Indonesia)

Hadist Tentang Hasbunallah Wa Ni’mal Wakiil

Kata sahabat Ibnu ‘Abbas, ia berkata bahwa “hasbunallah wa ni’mal wakiil” adalah perkataan Nabi ‘Ibrahim ‘alaihis salaam ketika beliau ingin dilempar di api. Sedangkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kalimat tersebut dalam ayat,

إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (HR. Bukhari no. 4563)

Baca: Manfaat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Ibnul Jauzi dalam Zaadul Masiir berkata bahwa maksud “hasbunallah” adalah Allah-lah yang mencukupi segala urusan mereka. Sedangkan “al wakiil“, kata Al Faro’ memiliki arti orang yang mencukupi. Begitu pula kata Ibnul Qosim. Sedangkan Ibnu Qutaibah berkata bahwa makna “al wakiil” adalah yang bertanggung jawab (yang menjamin). Al Khottobi berkata bahwa “al wakiil” adalah yang bertanggung jawab memberi rizki dan berbagai maslahat bagi hamba.

Referensi: 
https://tafsirweb.com/1305-surat-ali-imran-ayat-173.html
https://muslim.or.id/7790-hasbunallah-wa-nimal-wakiil.html

Share this :

0 Response to "Hasbunallah Wanikmal Wakil Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment