Jazakallahu Khairan Artinya dan Balasannya Dalam Bahasa Arab

Pernahkan Anda mendengar kata Jazakallahu Khairan? Mungkin sebagian orang di Indonesia pernah mendengarnya. Karena tersebut merupakan kata yang diambil dari bahasa Arab, karena memang kata tersebut umumnya digunakan oleh orang Aran dalam berkomunikasi.

Umumnya orang Arab menggunakan kata atau kalimat tersebut sebagai ucapan terima kasih kepada orang lain yang telah melakukan suatu hal yang baik, contohnya seperti telah membantu dalam hal pekerjaan atau setelah memberikan sesuatu yang bermanfaat, contohnya barang atau makanan.

Nah, lalu apa sih arti dari kalimat Jazakallahu Khairan yang sering diucapkan oleh orang Indonesia, terutama umat muslim? Simak penjelasannya berikut ini.

Arti Jazakallahu Khairan

Jazakallahu Khairan atau bahasa Arab جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا adalah salah satu bentuk ucapan terima kasih dalam bahasa Arab yang memiliki arti "Semoga Allah membalas kebaikanmu". Kalimat Jazakallahu Khairan merupakan kalimat terima kasih yang ditujukan untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan dhamir-Na diganti menjadi Jazakillahu Khairan, dan jika ditujukan untuk orang banyak adalah Jazakumullahu khairan.

جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا

Latin: Jazakallahu Khairan
Artinya: Semoga Allah membalas kebaikanmu (Ditujukan untuk laki-laki)

جَزَاكِ اللَّهُ خَيْرًا

Latin: Jazakillahu khairan
Artinya: Semoga Allah membalas kebaikanmu (Ditujukan untuk perempuan)

جَزَاكُمُ اللَّهُ خَيْرًا

Latin: Jazakumullahu khairan
Artinya: Semoga Allah membalas kebaikan kalian (Ditujukan untuk sekumpulan orang/orang banyak)


Jika dia memberikan sebuah kebaikan, manfaat kepadamu, maka ketika engkau ucapkan jazakallahu khairan engkau telah bersungguh-sungguh dalam memuji. Hal ini karena jika Allah membalas seseorang dengan kebaikan, itu merupakan kebahagiaan baginya di dunia dan akhirat.

Jazakallahu Khairan Yang Diajarkan Rasulullah Saw

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

من صنع إليه معروف فقال لفاعله: جزاك اللَّه خيراً، فقد أبلغ في الثناء

“Barangsiapa yang diberikan sesuatu kebaikan, maka hendaknya dia ucapkan ‘Jazakallahu khairan (semoga Allah membalas kebaikanmu)’ kepada orang yang memberi kebaikan. Sungguh hal yang demikan telah bersungguh-sungguh dalam berterimakasih.”

Hadits ini dikeluarkan oleh At Tirmidzi dalam Al Bir was Shilah (2035) dan Ath Thabrani dalam Ash Shaghir (148/2)

Apabila seseorang memberikan sebuah kebaikan kepadamu dengan harta, bantuan, atau ilmu atau yang selain itu, maka Nabi shallallahu alaihi wasallam maka Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk membalas kebaikan tersebut.

Beliau juga bersabda:

“Barangsiapa yang memberikan kebaikan kepadamu maka balaslah (kebaikan tersebut)”

Maka balasan ini sesuai dengan kondisinya. Ada orang yang balasan kebaikannya dengan engkau berikan sesuatu yang sama dengan apa yang dia berikan sebelumnya, atau bahkan lebih banyak. Ada pula yang orang yang balasannya engkau mendoakan kebaikan baginya, dan dia tidak ingin engkau balas dengan harta.

Orang yang sudah tua, memiliki banyak harta, dermawan, memiliki status sosial di masyarakat, jika dia menghadiahkan sesuatu kepadamu, lalu engkau balas memberi hadiah yang sama dengan hadiah pemberiannya, maka dia akan melihat ini sebagai sikap perendahan bagi dirinya.

Akan tetapi bila terjadi yang seperti ini, berdoalah kepada Allah untuknya. Apabila kalian tidak menemukan sesuatu yang pantas untuk membalas kebaikannya, maka doakan dia sampai kalian lihat kalian telah membalasnya. 

Bolehkah kita hanya mengucapkan jazakallah atau jazakillah saja?

"Jazakallah" itu artinya "semoga Allah SWT membalas anda", saat Anda mengatakan jazakallah saja, apa yang dibalas Allah untuk anda? Artinya ada yang kurang. Justru kata "khairan" itu yang jadi pelengkapnya. Jadi artinya, "Semoga Allah SWT membalas anda dengan kebaikan."

Lalu bolehkah kita menggunakan kata "katsiran" seperti jazakallah khairan katsiran?

"Katsiran" itu artinya banyak. Tidak ada hadits yang mengharuskan untuk menambahkan katsiran. Tidak usah berlebihan, karena Nabi Muhammad hanya menggunakan Jazakallah khairan saja, seperti hadits di atas.

Balasan Jazakallahu Khairan

Jika yang mengucapkan "jazakallah khairan" adalah laki-laki, kita bisa membalasnya dengan "Wa iyyaka" yang artinya "dan (kebaikan) untukmu juga". Jika yang mengucapkan "Jazakillah khairan" adalah perempuan, bisa direspon dengan "wa iyyaki". Dan jawaban "wa iyyakum" diucapkan untuk beberapa orang yang mengucapkan "Jazakumullahu khairan".

Sumber:
Dari Syarah Riyadhus Shalihin karya Syaikh Ibnu Utsaimin halaman 1564-1565, terbitan Darus Salam Kairo). ~ https://ulamasunnah.wordpress.com/

Share this :

0 Response to "Jazakallahu Khairan Artinya dan Balasannya Dalam Bahasa Arab"

Post a Comment