Khasiat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Dzikir atau zikir merupakah salah satu aktivitas ibadah dalam agama Islam, dimana dilakukan oleh umat Muslim sebagai salah satu cara untuk mengingat Allah Swt. Dzikir dilakukan dengan menyebut dan memuji nama Allah dan dzikir merupakan salah satu hal wajib (kewajiban) yang tercantum dalam Al-Qur'an.

Salah satu bacaan dzikir yang sering di upakan dan memiliki makna yang sangat luas biasa di dalamnya adalah "Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir". Kalimat tersebut memiliki banyak penafsiran yang sangat banyak sekali dari beberapa ahli, namun memiliki inti atau makna yang sama.

Seperti yang dilansir oleh Islamcendekia.com, kalimat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" merupakan salah satu bacaan dzikir yang sangat dianjurkan dan memiliki makna yang sangat bagus. Walaupun terkesan pendek, namun  kalimat ini memiliki makna akan kedekatan dan rasa tawakal kepada Allah Swt. sebagai Sang Pencipta dan Maha Kuasa.


Sebagian orang mungkin mengatahui kalimat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir", namun tidak mengetahui sama sekali arti di dalamnya. Dengan mengetahui sebuah arti dari sebuah kalimat dzikir, akan membuat seorang tahu akan makna, hikmah, keutamanaan, kelebihan dan khasiat dari kalimat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" ini sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah sekaligus meminta perlindungan kepada-Nya.

Arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Kalimat (حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير) atau "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" memiliki beberapa arti, namun inti atau maknaya sama, diantaranya adalah sebagai berikut. 
“Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”
Selain itu ada juga yang mengartikan kalimat tersebut secara singkat dan pendek, seperti berikut.
“Cukuplah Allah sebaik-baiknya penolong dan pelindung kami.”
Dalam beberapa buku, ada yang menerjemahkan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, seperti berikut
“Cukuplah Allah sebagai wakil, sebaik-baiknya penolong, serta sebaik-baiknya pelindung kami.”
Seperti halnya, kalimat dzikir lainnya, kalimat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" juga mempunyai makna atau khasiat di dalamnya bagi orang yang mengamalkan bacaan dzikir tersebut. Berikut diantaranya!

Khasiat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Pertama, dengan membaca kalimat dzikir tersebut akan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt., karena ayat ini merupakan bentuk ketaqwaan kita kepada Allah dan sebagai bentuk rasa tawakal kita kepada Allah dengan cara sepenuhnya menyarahkan diri kepada Allah.

Dengan kalimat ini, kita menyerahkan segenap raga dan jiwa kepada Allah, baik itu menyerahkan segala urusan, masalah dan beban kita kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya wakil. Ikhlas dan bertawakal sepenuhnya kepada Allah merupakan salah satu makna dari hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Kedua, dengan membaca kalimat ini akan memberikan solusi dan mengatasi segala masalah atau problematika yang sedang kita hadapi, karena kita menyerahkan sepenuhnya urusan kepada Allah Swt. Ketika kita dihimpit oleh problematika kehidupan di dunia yang menyesakkan, dirudung duka, serta berbagai masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup, maka hendaknya mengucapkan "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir."

Karena pada dasarnya Allah lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung kita dari berbagai ancaman dan masalah. Kalimat "hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir" merupakan wujud doa kita kepada Allah secara independen, serta memohon pertolongan kepada Allah dan merupakan bentuk tawakal kita kepada Allah Swt.

Ketiga, membaca kalimat dzikir ini sebagai bentuk kita secara implisit (tersirat) mentakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya Dzat yang patut kita mintai pertolongan, menyerahkan segala urusan dunia, dan memohon perlindungan kepada-Nya. Kita dilarang untuk meminta pertolongan, menyerahkan masalah, dan memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Dia lah sebaik-baiknya Dzat yang patut kita mintai pertolongan dan kita sembah.

Nah, itulah arti dari kalimat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, beserta khasiat atau manfaat mengamalkan kalinat dzikir tersebut. Demikian artikel yang dapat saya buat dan bagika untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Khasiat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir"

Post a Comment