Kumpulan Kata-Kata Ucapan Idul Selamat Fitri yang Menyentuh Hati

Sebagai Umat Islam tentunya moment Idul Fitri bukanlah sebuah hal yang asing lagi. Bahkan Idul Fitri menjadi salah satu perayaan yang cukup dinanti sepanjang tahun hijriah. Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat islam setelah berhasil mengalahkan hawa nafsu sebulan lamanya saat Bulan Ramadhan.

Perayaan Idul Fitri yang jauh pada tanggal 1 syawal ini diwarnai dengan berbagai tradisi yang menarik yang hanya ada di Indonesia. Bahkan tradisi initidak dilakukan di Arab yang merupakan negara asal agama Islam. Salah satu tradisi khas Indonesia adalah dengan memberikan kata-kata ucapan Idul Fitri yang menyentuh hati kepada sanak saudara dan orang-orang tersayang.

Kata-kata ucapan Idul Fitri yang menyentuh hati ini sengaja dibuat sebagai ungkapan cinta kasih, serta permohonan maaf yang tulus untuk bisa kembali menjadi fitri (suci).tidak ada lagi dendam, tidak ada lagi permusuhan semuanya saling memaafkan satu sama lain. Baik orang tua kepada anak, anak dengan anak, saudara dengan saudara, teman dengan sahabat, tetangga dan lain sebagainya.


Nah, jika Anda ingin membuat kata ucapan Idul Fitri yang berbeda dan anti mainstream, berikut ini adalah kumpulan kata-kata ucapan Idul Fitri yang menyentuh hati. Semoga dapat membantu Anda menemukan inspirasi dalam merangkai kata-kata ucapan Idul Fitri sesuai yang Anda harapkan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

1. Mempertahankan Tali Silaturahmi

Di Indonesia, sering kali moment Idul Fitri dijadikan sebuah momentum untuk mempererat tali silaturahmi. Bahkan tali silaturahmi yang cukup lama terputus karena tidak adanya kesempatan untuk berkunjung bisa tersambung lagi pada saat perayaan Idul Fitri. Semua orang saling mengunjungi satu sama lain untuk menyambung tali silaturahmi tersebut. Berikut ini adalah contoh ucapan untuk memperkuat tali silaturahmi:

“Jika bibir pernah terucap kata yang menusuk hati baik disengaja ataupun tidak, mohon dimaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga silaturahmi ini bisa terjalin hingga selamanya”.

Baca: Kumpulan Kata Mutiara Kesabaran dan Keikhlasan

“Meski beberapa kata yang pernah membuat luka, semoga tidak membuat tali silaturahmi ini putus. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”anonim

2. Doa Kebaikan

Kata-kata ucapan Idul Fitri yang menyentuh hati biasanya juga dibarengi dengan doa kebaikan. Saling mendokan satu sama lain juga merupakan salah satu tradisi khas yang dilakukan pada saat hari raya Idul Fitri. Biasanya dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri, semoga selalu mendapat keberkahan hidup dari Allah, Tuhan semesta Alam  baik hari ini esok, dan seterusnya. Dimudahkan jalan rizkinya, pendidikannya dan jodohnya”

3. Hal Baik yang Penuh Berkah

Sejak satu bulan sebelum datangnya Idul Fitri, satu bulan tersebut merupakan bulan yang penuh berkah. Pahala yang dilakukan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Termasuk juga berbuat baik dalam perayaan Idul Fitri juga akan memperoleh penuh dengan keberkahan.

“Semoga dosaku dan dosamu dimaafkan oleh Allah. Semoga allah selalu mengabulkan doa-doa dan cita-citamu, kebahagiaan di hari hari yang penuh berkah ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin”

4. Ucapan Untuk Sahabat

kata-kata ucapan Idul Fitri yang menyentuh hati selanjutnya bisa diucapkan untuk sahabat atau teman-teman tersayang. Bahkan sahabat sering kali kebaikannya melebihi saudara sendiri. Meskipun tanpa ikatan darah namun hubungan bathin antara sahabat bisa terjalin erat.

Tak jarang membuat sahabat terluka sekalipun dengan kata-kata yang bercanda. Oleh karena itu, mengucapkan ucapan hari Idul Fitri dengan meminta maaf juga bukanlah hal yang disalahkan.

“Sahabatku tersayang, saat ada tutur yang lupa, perbuatan yang khilaf entah kusadari atau tidak yang itu membuatmu terluka, di hari yang mulia ini, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga persahabatan kita selamanya.”

“Dari semua berkah yang aku syukuri, tak peduli apakah itu besar atau kecil, persahabatan kita adalah hal yang paling kusyukuri. Semoga Allah selalu memberimu berkah dengan segala hal yang layak kamu dapatkan. Selamat Idul Fitri!”

5. Mengajak Bahagia

Meskipun moment Idul Fitri merupakan moment kebahagiaan. Namun sering kali masih ditemukan kesedihan dalam nuansa nan fitri. Masih banyak yang merasa kekurangan diantara saudara-saudara yang membutuhkan. Oleh karena itu, dengan bersedekah dan membagi kebahagiaan juga turut mengajak dalam kebahagiaan.

“Tersenyumlah untuk menjemput kebahagiaan. Jangan menunggu bahagia untuk bisa tersenyum. Hiasi hari bahagia ini dengan senyuman selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin”

Baca juga: Kumpulan Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati dan Jiwa

Nah itulah beberapa contoh kata-kata ucapan Idul Fitri yang menyentuh hati. Mungkin jika Anda merangkai kata-kata sendiri dari hati justru akan terlihat lebih jujur dan tulus terlebih kepada orang tua dan keluarga anda tercinta. Semoga menjadi orang-orang yang beruntung dalam nuansa Idul Fitri. Amin.

Share this :

0 Response to "Kumpulan Kata-Kata Ucapan Idul Selamat Fitri yang Menyentuh Hati"

Post a Comment