Man Jadda Wa Jadda Tulisan Arab dan Artinya

Man jadda wa jadda merupakan sebuah ungkapan pepatah Arab yang banyak dijadikan motivasi dalam menjadi impian, cita-cita, dan tujuan. Kalimat pepatah tersebut memiliki kekuatan yang sangat menakjubkan di dalamnya hingga banyak orang-orang muslim mempercayai dan memegang kalimat tersebut sebagai prinsip dan pedoman hidup.

Pepatah tersebut sudah menjamur di berbagai elemen masyarakat muslim, terutama dalam lembaga pendidikan agama Islam seperti di pondok-pondok pesantren, dan sekolah pendidikan berbasis agama Islam. Banyak santri di pondok yang diajarkan mengenai kalimat ini dalam meraih keberhasilan, cita-cita dan kesuksesan. Kesuksesan dalam kalimat ini adalah kesuksesan dalam hal duniawi saja.

Kalimat man jadda wa jadda memiliki makna yang sangat luar biasa di dalamnya. Kalimat tersebut banyak digunakan sebagai motivasi hidup dalam meraih tujuan, cita-cita dan kesuksesan. Lalu apa arti dari kalimat man jadda wa jadda? berikut artinya!

Man Jadda Wa Jadda Arab dan Artinya

Kalimat "man jadda wa jadda" atau dalam bahasa Arab ( مَنْ جَدَّ وَ جَدَ ) memiliki arti "barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil". Kalimat dalam bahasa Arab tersebut merupakan kalimat terbaik dan memiliki makna yang sangat bagus di dalamnya, karena siapa saja yang berusaha sungguh-sungguh maka ia akan mendapat hasil (berhasil).


Kalimat tersebut memang terdengar biasa saja, namun memiliki makna yang kuat dan mampu memberikan semangat bagi hidup, terutama dalam berusaha. Karena "barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil", begitulah makna yang terkandung dalam kalimat ungkapan Arab ini "Man jadda wa jadda".

Walaupun bukan termasuk hadits, namun kalimat tersebut sangat sesuai dan selaras dengan sunnatullah. Kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, selama kaum tersebut tidak berusaha merubah dirinya sendiri.

Baca juga: Lafadz Lahaula Walakuata Illabillah Tulisan Arab dan Artinya

Inti dari ucapan ini terdapat pada "Jadda" yang memiliki arti bersungguh-sungguh. Jadi, Anda tidak akan berhasil atau mendapatkan hasil, jika tidak berusaha dengan sungguh-sungguh. Sejauh mana Anda mengaplikasikan kalimat ini, bisa dilihat pada kesungguhan Anda dalam berusaha.

Manfaat Man Jadda wa Jadda

Man Jadda wa Jadda bisa dijadikan sebagai motivasi dalam berusaha dan meraih keberhasilan. Namun tahukah Anda, bahwa kalimat tersebut memiliki beberapa manfaat yang secara langsung tidak bisa dirasakan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Dengan bersungguh-sungguh, maka seseorang akan mengalahkan rasa malas yang menghambat diri untuk bertindak.
  2. Dengan bersungguh-sungguh, maka seseorang akan mencari cara mengatasi rintangan dan halangan yang ada di depan.
  3. Dengan bersungguh-sungguh, maka seseorang akan berusaha melengkapi apa yang menjadi kekurangan pada dirinya sendiri untuk meraih tujuan yang besar.
  4. Dengan bersungguh-sungguh, maka seseorang akan belajar jika belum bisa melakukan sesuatu yang diperlukan untuk meraih kesuksesan.
  5. Dengan bersungguh-sungguh, maka seseorang tidak akan mudah berhenti, terus berpikir kreatif, mencoba hingga menemukan jalan yang tepat.

Dengan demikian, jika seseorang bersungguh-sungguh, maka ia tidak akan kalah dengan semua alasan yang menghambat, justru akan terus berusaha mengatasi asalan-alasan tersebut. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan supaya berhasil dalam hal apapun adalah dengan bersungguh-sungguh.

Share this :

0 Response to "Man Jadda Wa Jadda Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment