Naudzubillah Min Dzalik Tulisan Arab dan Artinya

Naudzubillah min dzalik artinya? Sebagai umat Islam atau muslim, kita wajib mempercayai bahwa Allah-lah satu-satunya Dzar yang mampu memberikan segala manfaat dan menghilangkan segala mudharat dari diri kita. Oleh karena itu, hanya kepada Allah-lah tempat kita memohon pertolongan dan meminta perlindungan.

Barang siapa yang bergantung selain kepada Allah Swt., niscaya ia akan dilantarkan, karena hanya Dia-lah satu-satunya tempat meminta pertolongan, keselamatan, perlindungan dan tumpuan harapan. Sebab, segala manfaat dan madharat berada di tangan-Nya.

Salah satu bentuk perbuatan bergantung kepada Allah Swt. adalah dengan menggunakan lisan atau ucapan. Kalimat ucapan yang mengambarkan kita meminta perlindungan kepada Allah adalah Naudzubillah min dzalik. Lalu apa arti dari kalimat tersebut? berikut arti dan penjelasan lengkapnya.

Naudzubillah Min Dzalik Tulisan Arab dan Artinya

Kalimat Naudzubillah min dzalik atau dalam bahasa Arab (نعوذ بالله من ذلك) memiliki arti "Kami berlindung kepada Allah dari perkara itu". Kalimat ini biasanya diucapkan ketika seseorang melihat ataupun mendengar suatu peristiwa, perkara, perbuatan, dan fenomena yang buruk atau tidak baik.

Seseorang mengucapkan kalimat "naudzubillah min dzalik" supaya ia dilindungi selalu oleh Allah Swt. dari segala perbuatan yang buruk dan agar tidak tertimpa oleh perkara buruk.


Nauzubillah min dzalik merupakan salah satu ucapan yang berasal dari bahasa arab (نعوذ بالله من ذلك) yang sering diucapkan oleh orang muslim dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali di Iindonesia. Kalimat tersebut umumnya diucapkan ketika menjumpai suatu peristiwa atau perlakukan buruk. Dengan mengucap "Nauzubillah min dzalik" maka kita mengharap perlindungan Allah Swt. dari perkara buruk tersebut.

Singkatnya, ucapan "Nauzubillah min dzalik" ini bisa disebut do'a untuk menolak bala seperti kelamalangan, bahaya, malapetaka, musibah, kesengsaraan, cobaan dan lain sebagainya.

Baca: Hasbunallah Wanikmal Wakil Tulisan Arab dan Artinya

Tidak cuman ditemui dalam percakapan sehari-hari umat muslim, kalimat ini sering kali kita temui dan dengar dari ustadz dan ustadzah yang sedang melakukan ceramah. Seperti ketika memberi contoh terhadap perlakukan orang yang kurang baik, jadi mengucap kalimat "Naudzubillah min dzalik" yang memiliki arti kami berlindungan kepada Allah Swt. dari segala perkara buruk, atau kami berlindung kepada Allah Swt. daripada terikut-ikut perlakuan buruk utu.

Contoh lainnya ketika menceritakan tentang suatu bencana, musibah, atau malapetaka yang menimpa suatu kaum dan tempat, maka diucapkan "Nauzubillah min dzalik" sebagai doa agar Allah Swt. selalu melindungi kita dari segala terkenanya bencana seperti yang menimpa kaum atau tempat itu.

Share this :

0 Response to "Naudzubillah Min Dzalik Tulisan Arab dan Artinya"

Post a Comment