Sebutan Untuk Binatang Yang Bertulang Belakang dan Jenisnya

Sebutan binatang yang bertulang belakang adalah Vertebrata. Vertebrata adalah istilah untuk mencakup semua hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata. Filum Chordata adalah kelompok hewan (termasuk vertebrata) dan beberapa binatang yang mirip invertebrata (binatang yang tidak memiliki tulang belakang) yang memiliki ciri-ciri serupa.

Hewan yang termasuk ke dalam vertebrata banyak sekali, semua ikan masuk ke dalam vertebrata atau binatang yang bertulang belakang kecuali remang, belut jeung, lintah laut dan hagfish. Sedangkan untuk jenis hewan lainnya, amfibi, reptil, burung, dan hewan mamalia (menyusui) semuanya termasuk hewan Vertebrata.


Hewan vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai. Selain itu hewan bertulang belakang atau vertebrata memiliki sistem otot yang tersusun dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang umumnya terletak di dalam tulang belakang. Sedangkan untuk sistem respirasinya hewan Vertebrata menggunakan insang atau paru-paru.

Kelompok Vertebrata dan Contohnya

Hewan yang memiliki tulang belakang atau yang lebih dikenal dengan sebutan vertebrata dikelompokkan ke dalam beberapa kelas. Berikut pembagian kelasnya dna juga contoh spesies dari masing-masing kelompok.

1. Aves (Burung)
Kelompok kelas Aves (burung atau unggas) adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki ciri bulu dan sayap. Jenis kelompok burung ini memiliki banyak jenisnya, mulai dari burung yang berukuran kecil seperti kolibri, hingga burung unta yang cukup tinggi dan besar hampir menyamai tinggi orang.

2. Mamalia (Binatang Menyusui)
Kelompok kelas mamalia atau binatang menyusui adalah kelompok hewan vetebrata yang memiliki ciri utama adanya kelenjar susu yang ada pada hewan betina. Susu yang dihasilkan oleh hewan mamalia betina untuk sumber makanan anaknya jika masih kecil. Selain itu ciri hewan mamalia lainnya adalah mempunyai rambut, tubuh berdarah panas (endoterm). Contoh hewan mamalia adalah Singa, sapi, kucing, jerapah dan lain sebagainya.

3. Pisces (Ikan)
Kelompok kelas pisces atau ikan adalah anggota kelompok hewan vertebrata berjenis poikilotermik (berdarah dingin), yang umumnya hidup di air dan juga bernapas dengan insang. Pisces atau ikan merupakan kelompok hewan vertebrata yang memiliki tulang belakanh yang jumlahnya sangat banyak dan lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Semua jenis ikan merupakan hewan vertebrata kecuali jenis ikan remang, belut jeung, lintah laut dan hagfish.

4. Amfibi (Amfibia)
Kelompok kelas amfibi atau amfibi (Amphibia) adalah kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang umumnya hidup di dua alam, yaitu di air dan di daratan. Hewan anfibi merupakan hewan yang memiliki metamorfosis sempurna, contohnya seperti katak yang bermetamorfosis mulai dari telur, kecebong, katak muda, dan katak dewasa.

5. Reptil
Kelompok kelas reptil adalah kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang umumnya berjalan dengan cara merayap atau melata. Hewan reptil adalah jenis hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki ciri khusus sisik yang menutupi seluruh tubuhnya. Contoh hewan reptil diantaranya adalah ular, buaya, kadal, iguana, dan lain sebagainya.

Nah, itulah vertebrata atau sebutan untuk hewan yang bertulang belakang, beserta pembagian kelompoknya berdasarkan kelasnya. Demikian artikel mengenai salah satu pertanyaan TTS dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Sebutan Untuk Binatang Yang Bertulang Belakang dan Jenisnya"

Post a Comment