Yaumul Milad Artinya? Ucapan Ketika Ulang Tahun

Setiap manusia yang lahir di dunia ini pastinya memiliki hari kelahiran yang banyak diperingati dengan hari ulang tahun. Hhari ulang tahun merupakan sebuah hari yang istimewa, karena merupakan hari kelahiran dan menjadi hari dimana bertambahnya umur. Oleh karena itu kita harus memaknai hari kelahiran dengan sebuah sebuah kebaikan.

Umumnya hari ulang tahun adalah sebuah hari yang tanggalnya hanya diketahui oleh kita, keluarga dan Allah Swt. Namun, ada beberapa situasi yang menyebabkan hari ulang tahun kita diketahui oleh orang lain, terutama teman. Karena pada dasarnya teman ingin sekali mengucapkan ulang tahun kepada sahabatnya.

Oleh karena itu, jika ada seseorang yang berulang tahun, teman adalah orang pertama yang mengucapkan selamat. Dalam Islam diperbolehkan mengucapkan selamat ulang tahun, tapi tidak boleh merayakannya dengan berlebihan, seperti dengan kue ulang tahun dan sebaginya.


Seperti halnya remaja pada umumnya, remaja Islam juga sering mengucapkan selamat ulang tahun, tapi sedikit berbeda, yaitu menggunakan "Yaumul Milad" atau juga "Selama Milad". Lalu apa arti dari kalimat tersebut, berikut informasinya.

Arti Yaumul Milad

Yaumul milad adalah kalimat yang berasal dari bahasa Arab (يوم ملاد) yang memiliki arti "selamat hari kelahiran". Kalimat "yaumul milad" terdiri dari dua kata, yaitu 'Yaum' (يوم) dalam bahasa Indonesia artinya 'hari' dan kata 'Milad' (ملاد) dalam bahasa Indonesia artinya kelahiran. Contohnya Milad Muhammadiyah, yaitu hari kelahiran Muhammadiyah.

Oleh karena itu banyak orang mengucapkan "yaumul milad" atau "selamat milad" kepada orang yang sedang berulang tahun, karena memiliki arti "selamat hari kelahiran". Ucapan milad biasanya akan diikuti dengan ucapan 'Barakallahu Fii umrik' yang memiliki arti 'semoga Allah memberi berkah atas umurmu'.

Baca: Doa selamatan ulang tahun dalam agama Islam

Pengertian Yaumul Milad

Yaumul berasal dari kata Yaum (يوم) yang memiliki arti "hari". Dalam bahasa Arab, kata "Yaum" secara bahasa adalah kadar waktu yang ditentukan dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Jamak dari kata "Yaum" sendiri adalah "Ayyam" yang memiliki arti "hari-hari". Kata "Yaum" juga merupakan isim (kata benda), mengikuti pola kata (wazan) fa'lun (فعل).

Dalam imu shafy, kata "Yaum" termasuk dalam kategori "Ajwaf", yaotu semua kata yang terdiri dari tiga hurug, dan pada bagian huruf tengahnya adalah salah satu huruf dari huruf-huruf mad tabi'ie.

Sedangkan kata Milad (ملاد) dalam bahasa Indonesia artinya kelahiran. Kata milad dalam dalam bahasa Arab merupakan isim masdar atau kata dasar yang tergolong dalam kategori mistal.

Dalam ilmu Nahwu, Yumul Milad merupakan bentuk idhofah atau penyandaran, sedangkan dalam istilah bahasa Inggri (grammar) idhofah adalah possessive noun. Milad yang disandarkan pada kata "Yaum" yang menjadi kata keterangan yang menjelaskan kata yang menjadi sandarannya, jika hanya kata yaum saja tidak akan menjadi hal yang dipahami, tetapi dengan tambahan kata Milad, akan memberi keterangan bahwa itu adalah hari kelahiran
.
Jadi, intinya kata atau kalimat "Yaumul Milad" adalah kata yang sering diucapkan oleh orang ketika ada orang yang ulang tahun dalam agam Islam, karena artinya selamat hari kelahiran. Sekian dan semoga bermanfaat.

Referensi:
https://brainly.co.id/tugas/2638604

Share this :

0 Response to "Yaumul Milad Artinya? Ucapan Ketika Ulang Tahun"

Post a Comment